Tuesday, May 27, 2014

TUMIS BAYAM

Depok, Mei 2014

Gampang diolahnya, murah harganya, mudah didapatnya....jadi ngga ada alasan untuk tidak mau mengkonsumsinya.

Inget BAYAM selalu terbayang “POPEYE “. Hanya dengan sekaleng sayur bayam, semua akan diterjang sampai tuntas. Jangan pernah melawan dan mendekatinya, lawan akan babak belur dibuatnya. Bruto…pun akan minta ampun …pabila sang penantang abadi ini sudah makan sekaleng bayam. Terinspirasi film, membujuk anak-anak untuk menyukai bayam …”biar kuat kayak POPEYE “, berhasil …berhasil…..walau kadang kata mereka suka kelodotan makan sayur bayam.
Hampir bisa dipastikan, semua orang mengenal sayuran berdaun hijau yang disebut dengan nama bayam. Kepopulerannya pun karena bayam merupakan jenis sayuran yang relatif murah, dan mudah didapat. Sayuran hijau yang memiliki nama latin Amaranthus dab ini sebenarnya berasal dari Amerika. Tapi sekarang penyebarannya sudah menjalar ke seluruh dunia. 

Dirumah, bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang harus selalu ada di kulkas. Kenapa ? pertama, karena banyak jenis variasi menu yang bisa kita buat dengan bahan bayam ini seperti : tumis/bening bayam, keripik bayam, nugget bayam, bubur bayam , atau dijadikan salah satu sayuran untuk pecel. Kedua, bayam mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A, C. E, K, kalium, zat besi, potassium, magnesium, mangan, seng dll. Peneliti dari Cina dan Australia menemukan bahwa bayam mengandung folic acid yang mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang menyebabkan penyakit diabetes.



Banyak sekali manfaat yang dikandung oleh sayuran bayam ini diantaranya :

1.   Kesehatan Jantung
Karena mengandung antioksidan yg tinggi, sehingga dapat mencegah berkumpulnya plak kolesterol pada saluran arteri.

2.   Dapat mengontrol tekanan darah

3.  Mencegah osteoporosis. vitamin yang dikandung bayam membantu penyerapan kalsium oleh tulang, sehingga tulang menjadi kuat

4. Flavonoid yang dikandungnya mampu mencegah infeksi dalam tubuh sehingga dapat meminimalkan resiko terkena penyakit kolon, kanker paru2 kanker ovarium dan prostat

5.  Untuk ibu hamil, zat folat dan vitamin A yang dikandungnya akan membantu dalam proses pembentukan paru-paru pada janin dan pembentukan system syaraf dengan baik. Bagi orang dewasa membantu meningkatkan daya ingat, karena bertambahnya usia sehingga kemampuan mengingat akan sedikit berkurang.

6.   Vitamin A yang dikandungnya sangat baik untuk nutrisi organ mata

7.   Serat yang dikandungnya pun tinggi sehingga bayam sangat baik untuk organ pencernaan

8.  Bagi penderita diabetes magnesium yang terkandung dalam bayam sangatlah membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Disamping itu bayam juga berguna untuk menstabilkan gula darah.

9.  Mencegah anemia. Zat besi yang dikandungnya membantu meregenerasi /memperbanyak sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.


Ditulis oleh : Honesty Rasyid

Sumber:






No comments: