Monday, May 12, 2014

WISATA KULINER BANDUNG PART 2

Depok, Mei 2014

Kuliner Bandung memang  tak ada matinya . Ada saja jenis makanan yang menjadi trend setter setiap waktunya. Tinggal pilih apa yang kita mauu semua ada di bandung ….wuihhh dahsyattt. Surga fashion dan makanan, kota dingin ini memang selalu dihati walaupun harus bermacet-macet ria. Sepertinya orang-orang asyik-asyik dan rela  rela saja untuk mengantri di sudut manapun. Wisata Kuliner part 1 bisa baca disini : DISINI

Kebetulan malam minggu ini ada pesta anaknya teman di Bandung. Seperti biasa berburu kuliner adalah moment yang ditunggu,  browsing dulu ….banyak referensi, mulai 10 TOP kuliner Bandung mulai dari makanan berat sampai cemilan ringan yang selalu bikin penasaran . Mari kita sasar satu persatu, sesuai  rute  dan menantang macettttt yang berjibun.

1. SUIS BUTCHER STEAK HOUSE 
    Jl. Riau no: 201
    Telepon : 022 – 7205778
    Buka : 10.00 s/d 23.00
    Harga : mulai Rp. 10.000 - Rp. 60.000

Makan siang mampir di SUIS BUTCHER STEAK HOUSE, lokasinya tidak terlalu sulit dicapai. Berada di pinngir jalan besar, tepatnya di Jalan Riau no: 201 Bandung. Steak house ini  sudah berdiri sejak tahun 1984 dan jam operasinya dari jam 10.00 – 23.00. 


Suasana disini cukup adem dan nyaman.  Kalo dibilang dingin tidak lahhh yauuuuu, karena AC yang ada diruangan dalam itu tidak difungsikan karena sedang rusak.  Ruangan bersih dan cukup nyaman. Kalo mau di ruang terbuka juga bisa , owner menyediakan semacam tenda bagus berwarna putih. Namun parkiran disini boleh dibilang sempit. Jadi siap2 saja kalo anda dicolek sama tukang parkir atau pelayan ketika sedang menikmasti hidangan...biasa..biasa "maaf pak/buk mobilnya menghalangi ....... arrrghhhh.



Sudah kebayang ya, jenis makanan yang disajikan disini mulai dari pasta, burger, dan makanan ringan seperti spaghetti, French fries, chicken drum steak, chicken Gordon bleu dll. Ada grilled steak : tenderloin, sirloin, Lamb chop, T-Bone Steak dan banyak deretan menu yang menggugah selera,  sebut saja nasi goreng seafood,  ayam, sapi , bakso dll.


Kenapa memilih tempat ini ?? karena tak jauh dari FO-FO yang bertebaran di seputaran jalan Riau.  Kalo takut antri dan ngga dapat tempat mending reservasi dulu di no telepon : 022 – 7205778. Selain dijalan  Riau , steak house ini ada di :



Aneka ragam minuman mulai dari juice, soft drink, milkshake, fun coffee dan berbagai jenis minuman ringan lainnya . Yang menarik  ketika melihat daftar menu ada minuman: TOMCAT, Lychee Mojio dan Beautiful day . Namanya memang gaya. Untuk segelas tinggi  “Beautiful day “ terbuat dari  strawberry fresh, Lychee , Manggo dan simpel sirup yang diblender. Lumayanlah untuk melepas dahaga. Menurut lidah saya yang mantap itu CAPUCINNO FREEZE : kombinasi Cappucino powder, fresh milk powder, float with vanilla ice cream and whipped cream.


As usual, saya pasti menanyakan  makanan unggulan di resto ini ke pelayannya : disarankan Tenderlion Steak impor. clingak clinguk di meja  ada stand menu yang disarankan chef steak house : "banana ice cream". Tapi ketika saya pesan, sang palayan menjawab ngga ada …..hahahah penonton kecewa. Untuk harga masih bisa dibilang normal dan tidak mahal . Makanan/minuman  berkisar dari 10.000 s/d 60.000,-

Sehabis makan siang, pusying-pusying di jalan riau sampai sore. Mari kita lanjut mencari cemilan penganjal perut.

2, SABOGA
    Jl. Burangrang no : 39
    Telpon : 022 - 7334019
    Buka : 10.000 s/d 21.000
    Harga : mulai 10.00 

Awalnya pengen cemilan batagor Riri atau Kingsley, karena udah kemaleman, semua abissssss dan tutup. Akhirnya terdamparlah di RESTORAN SABOGA yang letaknya bersebelahan dengan batagor Riri di jalan burangrang no 39 . Toko yang mengaku rajanya bakso, dengan beberapa menu yang pantas dicoba disini : ada aneka bakso: bakso bakwan , bakso campur, bakso kuah, dan aneka bakso tahu campur. Ada Batagor : batagor kuah bakso, batagor kuah kacang, bakwan batagor dan berbagai mie ayam special. Untuk jenis minuman tak jauh beda dengan tempat lain : aneka juice dan minuman ringan.  

Saboga, mengklaim kalau resto mereka adalah Rajanya Tahu bakso.  Menu baru di sini nasi goreng saboga.  Seiring mata yang sudah 5 watt akhirnya 1 porsi batagor berisikan 10 tahu isi + bumbu kacang dan bumbu kuah dibawa dengan selamat ke penginapan. 


Untuk lokasi lainnya di Bandung Saboga outlet ada di : BTC jl. Djunjunan no 143, Bandung Super mall jl. Gatot Subroto no: 289, Istana Plaza Jl. Pasir kaliki 121, Festival citylink jl. Peta no: 241, Sab0ga Borromeus dan saboga Yogya kepatihan di Grand Yogya jl. Kepatihan no: 18 lt 5.

Lanjut beli oleh-oleh...


1. PRIMARASA BAKERY DAN PASTRY
    Jl. Kemuning no: 20 Bandung
    Telp: 022- 7203440
    Harga : mulai 5000 -  100.000

Ahaaaa…disini,  favorit saya Picnic Roll dan Bollen rasa duren. Hampir sama dengan toko oleh-oleh lainnya, banyak pilihan disini  ada  brownis panggang, brownis kukus, aneka puding, wafel, dan aneka cake besar : opera cake dan cheese cake. Bollen nanas, apel, tape, pisang keju, dan bollen coklat.  Berbagai aneka kripik, roti kering, lempok dan bahkan maksuba asal Palembang ini ada di sini.


Kalau mau datang kesini jangan kesorean karena Anda akan kecewa jika yang dicari sudah raib …. Qiqiqi . Pengalaman 2 kali datang kesorean ….belanja dengan rasa sedikit kecewa karena yang dicari sudah abisssss. Kalo tak mau kehabisan bisa di telpon dulu….


Selain di jalan kemuning, ada 4 cabang prima rasa di daerah Bandung : Jl. Buah Batu  no : 169 – telp : 022-7311537 , dan Prima Rasa Ruko Kopo Plaza C no: 6 – 022-6040160 dan 2 tempat lagi ..liat di foto ya ....



Ini favorite saya dan anak-anak - Bollen durian, banana roll dan si picnic yang udah ludessss sama pepmbeli ...kuciwa...kuciwa...

2, AMANDA BROWNIS
    Jl. Ranca bolang no: 29 Bandung
   Telp : 022-92754191-70774113
   Harga  : mulai  Rp. 30.000 – 60.000

Kalau tidak salah, awal tahun 1999 kota Bandung diguncang oleh si keling manis ini. Berasa belum ke Bandung kalo belum mengantongi oleh-oleh ini : AMANDA si brownis kukus.  Waduhhh …waktu boomingnya sampai beli harus pake nomer antrian …kayak ke dokter aja. Namun sekarang sudah banyak outletnya tersebar di Bandung untuk  memudahkan kita untuk memilikinya, coba mampir ke sini :

Ada di jl. Cikawao No. 1-3 Bdg - 022-92754192,
Jl.Terusan Jakarta No.6 Bdg - 022-92754193,
Jl. Pasir Kaliki Ruko Paskal Hyper Square Blok A 43 Bdg, telp : 022-92754194

Jl. Ir. H. Djuanda No. 167 Bandung telp :  022-92754195



Sampai sekarang lidah masih setia dengan Brownis kukus original walaupun banyak varian brownis lain yang tak kalah menggoda lidah. Ada beberapa pilihan rasa seperti :  Cheese Cream, krim keju yang gurih, Blueberry, merupakan perpaduan rasa asam dan manis yang menyegarkan; Tiramisu, perpaduan rempah dan keju; Choco Marble, Srikaya Pandan,  brownies pandan dengan taburan wijen diatasnya, Green Marble, dan banyak lagi.

Ada lagi Banana Bizz, kombinasi Pisang dan biskuit yang berada di lapisan tengah kue. Tidak suka yang kukus, anda bisa cicipi Brownies Kering dan brownis bakar dengan sensasi yang beda. Tidak hanya bermacam brownis yg ditawarkan disini, bagi pengemar pastry ada : beef pastru, cheese roll, chicken pastry, pisang bolen dan banyakkkk lagi …..Satu yang unik lagi cake ketan bakar. Cake berbahan ketan putih yang dibakar dan ditaburi almond dan polesan selai blueberry.


Nyam ..nyam .....

(Bersambung)

Ditulis oleh : Honesty Rasyid

No comments: