Wednesday, October 30, 2013

IKAN SARDEN HOMEMADE


Depok, Oktober 2013



Lauk dari golongan ikan-ikanan sering tak disentuh oleh anak-anak, alasannya karena susah dimakannya, banyak durinya, baunya amis dll dsb. Yang mereka minati hanya ikan tuna dan ikan tenggiri . You know anak-anak ku …. “Nenek moyang mu pelaut”, so kalian kaya dengan jenis ikan segar dan gampang sekali untuk mendapatkannya. Merugilah kalo hanya suka 2 jenis ikan diantara beribu-ribu jenis ikan yang ada dilau Indonesia ini ….. omelan ibu.com

Tapi, kalau disuguhin ikan kalengan yang berlabel sarden ini, tak pernah mereka menolak . Malah makanya nambah dan nambah lagi . Ikan sarden kalengan ini memang mempunyai rasa yang khas dan aroma yang mengundang. Ikan sarden sampai tulang2nya bisa dikonsumsi tanpa khawatir akan durinya, yang telah menyerah pada proses yang membuatnya menjadi empuk. Se enak dan se empuk apapun makanan kalengan tersebut tetap tidak baik bagi kesehatan 



Sesekali makan ikan sarden kalengan sih tidak apa-apa. Tapi kalo yang terbayang di dalam pikiran anak-anak “ ikan itu adalah sarden kalengan” bisa berbahaya ini. Membuat ikan sarden sebenarnya tidaklah sulit asal kita mau dan syndrome malas sedang tidak kumat …..hohoho.

Kebetulan kepasar minggu pagi ini nemu banyak ikan segar yang kata sipenjual salah satu dari jernis ikan ini namanya ikan sarden. Sebenarnya banyak jenis ikan lain yang bisa dijadikan sarden kalengan ini seperti ikan bandeng, salem, tongkol mackerel. Waduh …kesempatan nih… mumpung selama ini baru sempat memelototi resep ikan sarden di blog favorite “di sini dan di sini “. 

Baru baca resep dan belum sempat praktek. Dan kebetulan lagi, minggu kemaren sudah praktek membuat saus tomat homemade, cocok sekali rasanya kedua bahan ini “ ikan sarden segar dan saus tomat home made “ berkolaborasi menjadi ikan sarden home made yang enak . 

Percobaan pertama dengan rasa deg-deg-an kita coba ½ kg ikan sarden segar dulu.

HOMEMADE SARDEN ( tanpa Presto Cooker )

Bahan:

500 gr ikan segar jenis sarden
3 bh jeruk nipis
1 sdt garam
Air secukupnya
750 gr saus tomat home made
1 lembar daun salam
2 sdm margarine
2 sdm mentega
1 bh bawang bombay ukuran sedang dirajang halus


Cara:
Cuci bersih ikan sarden, buang kepala & isi perut ikan.  Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk diamkan selama 5 menit, lalu siram lagi dibawah air mengalir sampai bersih. Lalu ualngi melumuri ikan dengan air jeruk dan garam biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas kembali di bawah air mengalir, tiriskan.

Panaskan Lumuri ikan dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan.



Panaskan mentega lalu tumis bawang bombay sampai wangi lalu tambahkan air, saus tomat dan daun salam ,aduk rata. Masukkan  ikan sarden segar, masak dengan api kecil sampai saus tomat mengental sembari diaduk sesekali. Tunggu 30 menit, lalu angkat, dan ikan sarden homemade siap untuk disantap. Taburi dengan bawang goreng  lengkaplah sudah ….Maknyooooossss


SAUS TOMAT - 2
Utak atik resep Ikobana

Bahan :

1 kg tomat matang
2  bawang merah
1 buah tomat Bombay ukuran sedang
4 siung bawang putih + ¼ sdt garlic powder
1 sdm cuka masak biasa
2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
Oregano dan basil secukupnya ( di ganti 1 lembar daun salam – robek-robek)


1.    Rebus tomat setelah itu buang kulitnya ( teknik Blansir : masukkan buah tomat kedalam air mendidih sebentar lalu tuang dengan air dingin, buang kulit arinya). Sisihkan.


2.      Cincang bawang putih dan bawang merah sampai halus.
3.    Tomat dan bawang di blender sampai halus.
3.   Masak dengan api kecil selama 30 menit.
4.  Masukkan garam, gula, cuka, daun salam aduk rata. Masak sekitar 30 menit , sampai adonan tomat mengental, sembari sesekali diaduk .
5.   Siap digunakan.  


Catatan :
Jika anda penyuka pedas, saat membuat saus tomat bisa menambahkan cabe merah dan ½ sdt merica.

Jika menginginkan hasil daging ikan yang agak kering, anda bisa mengoreng ikan segar sebentar sebelum dimasak dengan saus tomat.

Perlu dicatat ya .. kalo tidak menggunakan presto, tulang ikannya tidak bisa empuk seperti tulang ikan sarden kalengan . Next kita coba dengan menggunakan panci presto ya


Blog inspirasi : 


No comments: