Friday, October 25, 2013

SAUS TOMAT HOMEMADE


Depok, Oktober 2013




Hampir pasti semua orang mengenal buah dengan warna cantik dan berasa asam ini. Buah pengugah selera ini dikenal dengan nama Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum, mengandung  zat lycopene yang berfungsi untuk menghambat terjadinya kanker prostat pada kaum lelaki. Penderita obesitas juga mengkonsumsi buah tomat yang dikombinasi dengan teh hijau sebagai menu dietnya. Kandungan lycopene yang tertinggi terdapat pada daging buah tomat yang berwarna merah.

Buah tomat tergolong buah yang murah harganya dan gampang diolah menjadi berbagai makanan/minuman sebut saja : juice tomat, nasi tomat, saus tomat. Bahkan di daerah Lombok, buah ini dijadikan manisan dan keripik tomat. Banyak sekali makanan yang bisa dibuat dari buah lokal ini


Saus tomat adalah salah satu olahan tomat yang sering kita gunakan dirumah. Sebagai cocolan kentang goreng, ayam goreng, isian sandwich, atau pengoles ayam bakar dan banyak lagi. Trus, kenapa kita tidak mencoba membuatnya sendiri dari tomat yang segar untuk konsumsi keluarga.

Sebenarnya membuat saus tomat tidaklah terlalu sulit. Jangan khawatir dengan tampilan warna yang kurang menarik misalnya. Kita bisa mendapatkan hasil seperti saus tomat botolan yang dijual di supermarket. Ada jurus jitu agar warna tomat tetap menarik dan cerah yakni dengan memblansir tomat segar sebelum dimasak. Teknik blansir adalah proses memasukkan bahan kedalam air mendidih dalam waktu singkat, paling lama 1 menit, dan langsung mengangkatnya, lalu masukkan ke dalam air dingin. Dengan cara ini zat warna merah pada buah tomat tetap kinclong dan mempermudah penguapan bagian kulit ari tomat.



Konon kabarnya resep saus tomat pertama kali dimuat di dalam buku yang berjudul “ Sugar House Book pada tahun 1801 di Amerika. Saus tomat pada resep ini rasanya sangat asin sekali karena mnggunakan garam sebanyak 1 pound (453,57 gram) untuk 100 buah tomat

Penasaran ? …mari kita coba resep dari filma ini : 

SAUS TOMAT
Resep filma

Bahan :
1 kg tomat matang
2  bawang merah
4-5 siung bawang putih
100 ml cuka sari apel
3 sendok teh gula
1 sendok teh garam
Oregano dan basil secukupnya


Cara Membuatnya :


Cara  Membuatnya :

Rebus tomat yang sudah dibuang kulitnya. Potong kecil-kecil. Cincang bawang putih dan 
bawang merah  hingga halus. Masukkan kedalam panci dan blender sampai halus. 
Masak 40-50 menit  dengan api rendah

Masukkan garam, cuka apel, gula, oregano dan basil masak lagi selama 40 menit sambil 
sesekali diaduk sampai kental.

Selamat mencoba 

  (2hipt)


No comments: