Sunday, May 30, 2010

Wisata Kuliner Pulau Bangka

Bangka 27 Mei 2010

Provinsi yang baru disahkan pada tanggal 9 Februari 2010 ini punya pesona yang tak kalah menariknya dengan Bali dan Lombok. Pulau yang terdiri dari rawa-rawa, daratan rendah, bukit-bukit dan puncak bukit terdapat hutan lebat. Pantainya yang landai dan berpasir putih dihiasi hamparan batu granit …wuihhh …menambah pesona…

Selain pesona alamnya yang indah Bangka juga punya sederet kuliner yang sangat menjanjikan. Siang ini kita menikmati makan di Istana Laut - di Kawasan Pantai Pasir Padi ,,,, yuk mari …

Ikan Lempah Kuning:

Olahan masakan yang sangat popular di Bangka dengan bahan utama ikan kakap merah atau ikan tenggiri dengan bumbu yang sederhana dan berkuah kuning bening diduga nih … menggunakan kunyit, tanpa santan. Di beri irisan nenas matang …. Mmmm menambah seger.

Tauge Tumis Ikan Asin

Tauge tumis ikan asin yang bener-bener seger ….. kretes ..kretes …..ikan asinnya mantappssss

Sapo tahu ....


Udang Goreng Tepung ala istana laut .....yang renyah dan khas


Kangkung Tumis Terasi Udang

Wangi aroma terasi udang yang khas ….. menambah selera, …..tak tertahankan …tumis kangkung miss U ….

Ikan Tenggiri Bakar

Tenggiri seger yang disajikan dengan sambal kecap dan sambal belacan. Tenggiri yang di kasih perasan air jeruk nipis dan diolesin campuran bumbu dipanggang diatas bara api ….. nikmatnya ……( bumbunya apa ya ….. kok mantaps gini …apa karena ikannya seger ya ..) Jangan pernah .. meningalkan Bangka ..tanpa mencicipi menu yang satu ini

Oleh-oleh lain yang ngga kalah popular, aneka kerupuk aneka rasa yang dioleh dari cumi, ikan tenggiri, udang, siput gong-gong. Kebetulan kita bisa beli semua ini oleh di Toko Halim - Jl. Jend Sudirman…,lengkap semua ada :

Kalo yang diatas ini bukan si Engko yang jual.... tapi .. si pembeli loyal

Yang satu ini tempat makan yang romantis d pinggir Pantai Parai Tenggiri Sungai liat.


Makanan khas lainnya : Tekwan, Mpek-mpek, otak-otak yang terbuat dari Ikan Tenggiri Asli dan seger …… empyuk…empyukkkkkk. Mpek-Mpek 10 ulu Jl. Sudirman 104/45….. memang okehh . Sebenernya pengen nyoban Mpek2 Ratu di jalan Sudirman juga, yang terkenal itu tapi sayang …. Dua hari ini lagi di booking ada acara besar katanya .

TEKWAN - 10 Ulu

Mpek-Mpek Kapal Selam -10 Ulu

Oleh-oleh makanan ringan

Kue Idung-idung
Kue yang mirip dengan dua lobang idung kita …makanya dikasih nama idung kali ya .Terbuat dari terigu, sagu , gula aren, santan dan telur ….. kebayang kan rasanya…

Sagon Kelapa Special:

Terbuat dari kelapa muda, terigu , vanilla dan gula. Makan sagoon ini ingatt masa kecil …. Suka buat sembur-semburan sembari becanda sama temen-temen.

Manisan Kelubi :

Yang satu ini baru ketemu nih. Manisan dari buah kelubi seger yang diawetkan dengan air gula dan natrium benzoat. Rasanya asem, manis, seger... Ini penampakannya:

Getes Balok, Kemplang, Steak telor Cumi, Kericu, kukumacan :
Jenis kerupuk yang terbuat dari tenggiri, sagu, minyak sayur dan penyedap rasa.

Pia Nanas : kue yang berii selai nanas … asem2 manis …..

Kue Rintak:

Nga jauh dengan kue idung2, kue rintak terbuat dari sagu, santan, gula pasir dan gula aren . Tapi cetaknya seperti kembang. Kue rinak yang terkenal bikinan Anna – Kuday Utara Sungai liat : 0717-94861

Dodol Cempedak:
Kalo ngga beli Dodol cempedak itu namanya belum ke Bangka begtu selorohnya. Dodol dengan tekstur lembut dan rasa cempedak yang dominan …… uenak …uenak …

Waktunya ngga sempet nih…masih ada yang tercecer,

Masih banyak ada : terasi, kulat, madu pahit, kelubi, keranji, rusep, kecap cap gajah, kopi Panda, di kuday selatan no: 224 sungai liat, Keripik pisang rasa keju dan coklat Mirasa , gula kabung merah, Pantiaw, Lakso, Mie Koba, Serabi Durian, Salad Bangka,...maw lagi ...maw lagi ke bangka....



2 comments:

Kenzie said...

Un, luar biasa deh...kumplit plit...thanks for sharing Uni...

susy said...

Ulasan nya bikin aku kepingin pulang kampung papa ku.
Thanks yah.