Thursday, October 30, 2014

de' Leuit Restaurant..... Sensasi Nasi Jambal

Depok, Oktober 2014

de' Leuit Restaurant
Sensasi nasi jambal
jl. Pakuan No: 3 (Ciheuleut) Bogor 16143
telp : 0251-8390011/8390022
Buka jam 10 .00  s/d 21.00 WIB


Yang berbau sunda yang tidak saya suka hanya bahasanya, contohnya de Leuit ( baca : de'leyit), ribet bukan ? Kalo masakannya saya suka sekali asalkan jangan disuguhi daun pintu aja. Tak akan pernah menolak sensasi yang ditawarkan menu tanah parahiyangan ini.


Jika Anda sedang berada di daerah Bogor saat jam makan, silakan mampir di restoran de' Leuit yang berlokasi di jalan Pakuan No: 3 (Ciheuleut) - Bogor. Ancer-ancernya, keluar tol bogor langsung belok kiri gang pertama masuk jalan pakuan. 

Menu yang ditawarkan disini hampir semua juara, sehingga mengundang saya untuk kesana dan kesana lagi


De Leuit sendiri adalah bahasa sunda yang artinya "Lumbung Padi", tempat penyimpanan padi. Trus hubungannya dengan resto ini ?? .. diibaratkan kalo resto ini adalah tempat makan yang berkualitas dan penuh rasa ,,, kira-kira begitu ya 

Tempat makan yang nyaman dan pelayananyapun baik. Saat mampir kesana pengunjung  sedang ramai, maklum sedang jam makan siang . Namun ini belum seberapa jika dibanding hari sabtu/minggu. Disarankan jika  akhir pekan /libur  lebih baik reservasi tempat terlebih dahulu karena sudah dipastikan akan ramai. 

Tempat makan yang nyaman dilengkapi juga tempat bermain anak sehingga anak-anak betah disana. Bukan itu saja tempat sholatnya pun bersih.


Berbagai jenis maknanan/dessert/snack/ yang ditawarkan disini menu nusantara dan menu oriental. Hampir 75% jenis minuman yang ditawarkan sama seperti makanan/minuman di resto khas sunda lainnya. 

                                                                                                             Es Kelapa Glodok

Dilihat dari menu yang ditawarkan ada pengelompokan menu dengan istilah Indonesia Specialties : Sapi/Ayam/sop/soto/Sate dan tak lupa nasinya yg berharga berkisar mulai Rp 9 rb s/d Rp 79 rb,

Disamping ada menu paketan juga yang disebut paket Rikrik ada 4 varian paket yang ditawarkan dengan harga rp. 36-38 ribu diluar lauk tambahan. Berbagai jenis sayuran, pete dan aneka sambel. 


Di menu kelompok Asian Specialties ditawarkan aneka olahan ayam/sapi,cumi, lindung, nasi, mie , bihun, udang , kepiting soka, dan sop/tomyam dll, aneka milskahe, kopi bandrek
.
                                                                       Gurame Saos special de leuit 

Beberapa jenis makanan dan minuman yang khas yang menurut istilah saya yang "juara " disini seperti: Gurame  saos special de leuit, Es Papa ( es kelapa + pala), Es kelapa glodok, dan tumis kangkung daging sapi. Rasa asem-asem manis pedas gurame goreng de leuit membuat saya ketagihan. 

                                                                       Tumis kangkung daging sapi 

Es kelapa glodok yangjuga  maknyuss. Bocoran dari pelayannya,  es ini adalah campuran dari susu vanilla, gula merah yang diblender lalu di tambahkan kerokan kelapa muda dan es krim sebagai toppingnya...slurrp.. segerrrr .....yg satu ini memang mantapsss


Trus ada beberapa menu yang sudah saya stabilo dan masih membuat saya penasaran , ingin mencobanya di lain waktu  : Es buaya , es bir kocok,daun ginseng cah sapi, lindung crispi saus madu. 


Hari ini perut saya sudah minta ampun dengan sederetan menu santapan  ( liat foto diatas ) . lain waktu saya akan mampir kembali ....memenuhi rasa penasaran dengan menu yang sudah saya istabilo tadi


Anda penasaran juga bukan ...yuk mampir kesana .. selamat mencoba ......


Ditulis oleh :

Honesty Rasyid

Tuesday, October 28, 2014

MPEK_MPEK ...lebih dekat .....

Depok, Oktober 2014

Membaca berita kota Palembang , kok yang dipikiran terbayang mpek-mpek dengan kuah cuko yang kental dengan pedesnya yg  sedang …nyam ..nyam ..tak kuasaaaa . Mpek-mpek memang makanan terheboh, dan orang orang sangat paham jika  makanan ini berasal dari daerah Palembang.  Beberapa waktu yang lalu mencicipi mpek-mpek dari Jambi,  rasanya lidah ini lebih jatuh cinta dengan mepek-mpek dari jambi . Tanya kenapa ??

Mpek- mpek terbuat dari campuran ikan tenggiri/ ikan belida dan tepung sagu . Saat memakannya biasa ditemani saus cuka atau dipalembang menyebutnya dengan “cuko” – saus berwarna coklat kehitaman dan berasa manis, pedas, yang berasal dari cabe rawit dan gula merah serta rasa  asam  dari cuka, ditambah dengan ebi dan bawang putih - ketika diaduk dengan takaran yang pas saus cuko ini membuat kita ketagihan . Menurut hemat saya , racikan saus cuko inilah yang sangat menentukan sangat berarti atau tidaknya  sepotong  mpek-mpek di lidah,  bagaimana dengan anda ?? setujukah ??
Trus jenis mpek-mpek  apa saja yang  kamu suka ?
Ada beberapa jenis mpek-mpek yang dijual di pasaran diantaranya
1."Pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek .
2. Pempek lenjer
3. Pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an")
4. Pempek kulit ikan
5. Pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui).
6. Pempek telur kecil, dan pempek keriting.
7. Pempek tahu
8. Pempek Panggang
 Jika kita jalan-jalan ke kota Palembang, sangat mudah untuk menemukan kedai-kedai yang menjual mpek-mpek ini dan semua mengaku paling enak dan okeh punya ….( biasalah ya namanya juga berdagang ). 

Namun menurut lidah saiyah ….saya lagi nih, ada beberapa yang direkomen untuk di cicip …tapi kembali lagi ke selera ya ....
 Mpek –mpek “ CANDY”
Jl. Kapten Rivai no : 260 Palembang  –  no telp 0711 -318246  dan banyak cabang lain ,,,,, ngga hafal saiyahh

Mpek-mpek ini terbilang sangat TOP di Palembang dan merupakan oleh-oleh wajib bagi pelancong yang sempat mampir ke sana. Agar mpek mpek yang dibawa tidak basi, biasanya mpek-mpek berlabel candy ini dengan tepung sagu. Dan ketika mau menggorengnya sagu yang menempel dicuci terlebih dahulu. Jangan khawatir bagi anda yang tak sedang berkunjung kesana tetap masih bisa mencicipinya, tinggal pilih paket pilihan yang ada inginkan. 

Pemesanan ke nomer HP. 081272904056 – 087897490801. Harga pempek kecil sekitar 3.500/pc sedangkan yang besar 35.000/pcs. Untuk mpek-mpek telur biasa sekitar 18.000, saja. Silakan dipesan sendiriiiii .....


 Mpek –Mpek “ VITO”
Jl. DI Panjaitan no 42 B – Telp 0711 – 51144 – Plaju Palembang

Lain candy lain lagi dengan merek VITO. -Mpek mpek ini mengklaim paling lembut dan 
memiliki rasa kuah cuko enak. Jjka ingin mencicipi silakan pesan paket ke nomer hp : 081272904059 – 087897490801. Untuk mpek-mpek VITO Harga pempek kecil sekitar 3.500/pc sedangkan yang besar 40.000/pcs. Untuk mpek-mpek telur biasa sekitar 19.000, rupiah .Untuk harga tak beda jauh dengan  mpek mpek Candy

Untuk kemasan, mpek-mpek ini lebih rapi karena vacum packingnya. Kekhawatiran sang mpek-mpek terkontaminasi bakteri lebih kecil … dan lebih bersih . Ini menurut saiyah lagi yaaa





 Mpek mpek “ELLEN”
Pemesanan ke nomor telp : 071107099222

Terletak dijalan sudirman – kota Palembang. Sempat langsung menikmati mpek-mpek ini ke dapur ELLEN di Palembang , karena kebetulan rute perjalanan mudik melewati daerah ini. Untk rasa tidak jauh berbeda, namun rasa dikuah cukonya disini lebih encer menurut pengamatan saya. Aneka oleh=oleh kerupuk ada disini .




 Mpek mpek SELAMAT - JAMBI

Mendengar kabar burung kalau mpek - mpek dari jambi ini lebih mantap di banding negeri asalnya palembang, Rasa penasaran ....itu selalu tak bisa dibendung . Untung saja ada senior yang bermukim disana, tinggal telpon dan tidak pake lamaaaa..... mpek- mpek paket dari jambi inipun datang .

Bukan dari kota Palembang, tapi dari jambi. Dan saya pun lebih menyukai mpek-mpek ini sampai hari ini …. Belum tau kalo besok ketemu yang lebih enak lagi . Ikannya sangat berasa dan kuah cukonya kental sekali … cocol ..col …mantapppp pedasnya pun pas di lidah



Bagaimana dengan anda ?? ....

Ditulis oleh
Honesty Rasyid






Monday, October 27, 2014

SAWUT aka KACIMUIH

Depok, Oktober 2014

Di Jawa orang menyebutnya SAWUT, makanan yang terbuat dari singkong yang diparut kasar, setelah itu dikukus sampai matang. Setelah matang ditaburi kelapa parut ,,,m mmmhhhh  .....terbayang rasanya, legitt ..legit. 

Untuk rasa manis  orang jawa menambahkan gula merah ke dalam singkong parut ini agar berasa manis. Bertandang ke ranah minang, kita juga akan bertemu dengan saudaranya sawut, yang bernama KACIMUIH. Bahan dan proses pembuatan nyaris sama. Namun kacimuih menggunakan gula pasir. Rasanya teteup manis.


Apapun namanya tak jadi masalah : Sawut ataupun kacimuih, saya sudah kadung jatuh cinta......


Resep Sawut Singkong
www.resepsingkong.com

Bahan:
•    1 kg singkong yang baru - gunakan singkong jenis mentega
•    1 sdt garam - jadi 1/2 sdt karena saya gunakan margarine 
•    ½ sdt vanili
•    2 lembar daun pandan, potong-potong
•    150 g gula merah, sisir halus
*    1 sdm margarine ( sy tambahkan ini agar lebih gurih )

Taburan:
•    100 g kelapa parut panjang, kukus dengan sedikit garam

Cara Membuat:
Kupas singkong, serut kasar-kasar.
Aduk singkong serut dengan garam, margarine  dan vanili hingga rata.
Taruh dalam wadah, beri potongan daun pandan dan taburi dengan irisan gula merah.
Kukus dalam kukusan panas hingga matang.
Angkat dan sajikan dengan kelapa parut.

Tips :
1. Gunakan singkong yang putih. Saya lebih memilih singkong jenis mentega
2. Rendamlah singkong sebentar tambahkan sedikit garam agar lebih pulen
3, Gunakan parutan yang kasar agar hasil parutan singkong lebih besar bulirnya dan ketika kukus tidak hancur.
4. Agar lebih beraroma tambahkan vanila pasta dan mentega 
5. Supaya tidak cepat basi, kelapa parut untuk taburan sebaiknya di kukus terlebih dahulu .

Selamat Mencoba .....


PARE ANYAR - Jangan kaget kalo murah ....

Oktober 2014

Rumah Makan Sunda - Pare Anyar
Jl. Raya Puncak ( KM 3,6 TOL Jagorawi)
KM 15.4 Bogor - Cipayung _ Megamendung
B O G O R 
Telp : 0251-8252177
Buka Senin - Minggu jam 08.00 s/d 22.00

Melihat papan nama restoran yang tinggi menjulang ini plus tampil beda dengan dengan memajang spanduk di luar resto mereka yang bertuliskan : "JANGAN KAGET KALO MURAH" inilah yang membuat mata dan perut jadi penasaran utuk mampir ke sini. Restoran yang berada dipinggir jalan besar ini cukup rame dengan ruang parkir yang cukup luas.


"Lain Padang Lain Belalang", begitu kata pepatah. Walaupun sama-sama rumah makan sunda  tapi yang satu ini yang berani tampil beda. Keyakinan semakin meninggi ketika di daftar menu terbaca : " Teh Tawar Mah Gratis" saya jadi geli membaca ini. 

Beranjak menuju meja prasmanan besar, kita memilih sendiri makanan yang disuka,Nyam ..nyam sungguh menu makanan rumahan dan kalo boleh dibilang menu makanan kampung .Ada aneka sambal, lalap, pepes...aduh jadi tak sabar untuk mencicip. Udara dingin puncak menambah nafsu untuk melahap semuanya. Disisi ruangan sebelah luar ada berbagai jenis hidangan pencuci mulut, cendol, es cincau, kolak, es buah, puding dll.

Setelah mengambil satu piring makan malam dengan lauk yang agak maxi.....seperti tak makan 2 hari .....karena saya nafsu untuk mencicipi semua ....apa dayaaaaa, ambil posisi duduk diruang yang agak kedalam. Kenapa begitu ?? karena ada ive musicnya. Aduh malan malam ditemani suara indah ...mudah-mudahan makannya juga nambah. 


Dengan pelayanan yang cukup cepat dan suasana yang nyaman dan jenis makanan yang cukup beragam saya rekomendasikan resto ini buat keluarga Anda.

Setelah perut kenyang .... baru kepingin liat dengan detail apa saja sih, makanan tadi ( orang kelaparan beginilah adanya ). Saya survey ulang ada : 

Nasi liwet dan nasi putih di meja panjang berbaris dengan pring bersih dan sendok di meja sebelahnya, namun mata agak nyaman melihat beberapa piring yang pinggirannya somplak ..(kok masih di pake sih).....Mudah-mudahan kunjugan berikutnya ngga ketemu sama piring-piring ini lagi. Dimeja sebelahya tersedia aneka lauk dan sayur . Ada empal, cumi balado, baby fish, tumis pare, tumis daun sampe teri, karedok,tumis oncom, dan sebagainya. Di meja lain ada ayam goreng, pais atau pepes seperti  pepes jeroan ayam, pepes lauk emas, pepes jamur, tahu dan tempe goreng serta tempe  bacem.

Di sebelah aneka lauk ada senampan lalapan segar: selada, terung hijau, wortel rebus, dan mentimun. Aneka  sambal  ada sambal tomat dan sambal terasi yang mentah atau yang matang.


Untuk minuman tinggal pilih, aneka jus dan minuman ringan lainnya. Khusus untuk teh tawar " mah ngga bayarr "

Saat weekekend " Pare Anyar " menyediakan menu khusus seperti cilok, kue ali dan nasi bakar. Setiap minggu menu special ini berganti-ganti agar pengunjung tidak bosan. Kebetulan saat kami datang hari sabtu ini , ada menu khusus seperti cendol, es buah, es cincau/campur dan aneka bubur


Yang unik disini, pelayan akan mendatangi pengunjung  untuk melihat dan mencatat lauk  apa saja yang kita ambil,  dan sembari menghitung. Saking terpesonanya saya dengan pengaturan ruangan dan pernak pernik  disini saya tanyalah sama si pelayan siapa pemilik rumah makan sunda ini : "Ibu Linda" jawabnya ...teteup saya tak kenal ....wkwkkwkw....pengen ngobrol dengan sang Ibu ,,,tapi kebetulan beliau tak ada di tempat , Tapi saya juga buru2 karena ada urusan.


Konon kabarnya, restoran yang asri ini bisa kedatangan tamu sampai 1000 orang setiap harinya di hari libur, sehingga sang owner punyak banyak tukang masak handal. Teriakan piring abis  atau nasi habis dari pelayan , sudah saya dengar beberapa kali membuat saya jadi makin percaya kalau resto ini bener2 diminati oleh para pengunjungnya.

Dan nikmat mana lagi yang harus saya sembunyikan...saat makan malam ditemani live musik ? ..ya di Pare Amyar ....Rugi kalo tak datang mengunjungi tempat ini...

Selamat wiskul

Ditulis oleh :
Honesty Rasyid


Wednesday, October 22, 2014

GULAI TELUR DAUN MANGKOK-AN

Depok. Oktober 2014

Gulai telor  ini biasa saja, sentuhan daun mangkok-an ini yang membuat rasanya beda . Wangi daun mangkok-an membuat selera.


Kalo sudah begini, centong nasi banyak kerjaannya nih ...... mari serbuuuuu


Selamat mencoba ......

KEDAI AA - PEJATEN VILLAGE

Depok, Oktober 2014

Kedai pempek AA
Pejaten Village Lantai 3
jl. Warung Buncit Raya Ujung
Jakarta Selatan
021-78842590

Mau makan siang dimana saja bisa bikin kita bingung ...apalagi kalo ngga ada amunisi untuk membeli makan siang itu sendiri .....tambah kacauuuu. Jadi bersyukurlah bagi yang masih bisa memilih untuk makan dimana dan dengan siapa saat ini .....

Jika sedang berada di sekitar warung buncit dan pejaten boleh mencoba Pindang Ikan Patin di Kedai AA - lokasi di Pejaten Village;- jl Warung Buncit Raya Ujung. Kedainya tidak terlalu besar, perkiraan saya hanya bisa diisi oleh 20 orang saja. Namun diluar koridor mall mereka menambah kursi2 dibawah tenda cantik hingga terlihat asri. Ruangan kedai sendiri dipasangin kaca2 besar untuk menyiasati agar ruangan terlihat luas.



Berbagai pilihan menu makanan ada disini mulai dari aneka mpek-mpek, Tekwan, Model, Pindang Ikan Patin, Pindang Iga, Bebek dan Ayam Goreng, aneka nasi goreng, mie rebus dan mie godog lengkap dengan kemplang dan peyeknya.

Hidangan Untuk pencuci mulut ada srikaya pandan dan serikaya durian + aneka gorengan. namun saya 2 kali kecewa denga si serikayo ...karena selalu tak ada ketika saya makan disini entah karena habis atau memang tak dibuat oleh pemilik kedai.

Untuk minuman, standar seperti kedai/ resto lainnya ada aneka juice, soft drink, teh dan air mineral. Yang special sepertinya disini Es Buah keju( maaf belum sempat mencobanya ). Untuk semangkuk es kacang merah cukup Rp. 14.500 saja . Perpaduan yg harmoni anatara kacang merah yang lembut dan gurih ditambahi dengan es serut, susu kental manis coklat dan irisan alpukat.


Harga berkisar mulai Rp. 5000, s/d 40 ribu rupiah ....boleh di bilang masih standarlah, makan siang tanpa kegerahan terbayar dengan harga yang dibayarkan.
Bertandang makan disini yang saya pilih selalu pindang ikan patinnya yang juara . Kuahnya yang segar, tercium bau serai semerbak .Daging ikannya lembut . Biasanya ikan patin ini identik dengan bau tanah ketika kita mencicipi dagingnya , tapi di kedai AA ...tak akan anda temukan.... really yummy. Daun kemangi, irisan nanas, cabe rawit, daun bawang , lengkuas dan serai yang dominan membuat pindang ikan ini terasa lezat . Perasan jeruk sebagai sentuhan akhir sebelum menikmati menambah kesegaran semangkok ikan patin yang akan saya cicipi

Harga semangkok pindang ikan patin yang berisi satu potong ikan segar  ditambah 1 mangkok kecil nasi yang ditaburi bawang goreng, satu potong ketimun dan sedikit sambal, Anda cukup meronggoh kocek Rp. 25.000 saja

Yang tidak menyukai ikan patin , Paket campur mpek-mpek bisa menjadi pilihan. Teridiri dari 10 mpek-mpek kecil . dimakan dengan kuah cuko yang khas. Jika dibandingkan dengan mpek-mpek dari daerah asalnya, kuah cuko mpek-mpek di kedai aa sudah di sesuaikan dengan lidah betawi yang agak manis.
Anda penasaran ...silakan mampir ....

Ditulis oleh :
Honesty Rasyid

VLA CREPE MANDARIN

Depok, Oktober 2014

Tak ada cemilan itu ngga asyikkk , seperti langit tanpa bintang ...surammm .....qiqiqiq. Yang penting mulut goyang .....dan kalo bisa resep baru ..jadi semangattt bikinnya ...




CREPE VLA MANDARIN
resep :Hidangan dari kentang
Bahan
200 gr kentang , kukus dan haluskan
100 gr tepung terigu
300 ml susu cair tawar (sy pake susu UHT rasa strawberry)
2 butir telur, kocok
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm mentega, cairkan

ISI:
250 gr jeruk mandarin kaleng - potong (sy ganti strawberry)
40 gr gula pasir
2 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air
200 ml air dari buah kaleng
1 kuning telur
1 sdm rhum -- boleh dihilangkanĂ‚ 
1 essen lemon ( ganti esen strawberry)


CARA MEMBUATNYA :
1. Buat Crepe: kocok telur, gula pasir dan garam . Masukkan kentang, tepung terigu, susu cair, dan mentega. Aduk hingga adonan tercampur rata.
2. Buat dadar tipis di wajan teflon diameter 12, lakukan sampi adonan habis, sisihkan
3. Buat Vla : larutkan tepung maizena dan gula denngan air uah kaleng. Didihkan hingga mengental. Sesaaat sebelum diangkat masukkan potongan strawberry, kuning telur dan esens aduk rata> Angkat dan dinginkan
4. Ambil selembar crepe/dadar. Taruh 1sdm vla buah disalah satu sudut. Lipat jadi 4
5. Sajikan Dingin

Selamat Mencoba .....

Ditulis oleh :
Honesty Rasyid 

Note http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/15/09/14/nunaap328-resep-mudah-crepe-vla-strawberry

Tuesday, October 21, 2014

ES KACANG HIJAU

Depok,  2014

Bukan karena rajin dan bukan pula karena ingin mendapatkan pujian sehingga menyempatkan diri untuk membuat es kacang hijau ini sendiri.

Pasalnya, anak-anak ini doyan sekali minum es. Endingnya yang ngga nahan, dipastikan 1-2 hari kemudian pastilah kita sowan ke dokter. Ibu-ibu paham bukan dengan es 2000 rb sekeranjang masalah akan timbul. Makanya menyempatkan diri membuat segala sesuatunya sendiri.

Trus kenapa harus es kacang hijau ?
Vigna radiata begitu nama keren kacang hijau dan diakui sebagai sumber bahan nabati yang berprotein tinggi.Dan merupakan sumber mineral penting bagi tubuh (kalium dan fosfor) sehingga bisa memperkuat tulang.Disamping itu kacang hijau juga mengandugn multi protein yang berfungsi bisa mengantisel-sel kita yang telah mati dan membantu pertumbuhan sel.


Sehingga anak-anak dan wanita sehabis bersalin sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ini. Biasanya kacang hijau ini diolah menjadi bubur. Lebih kreatif lagi kacang hijau ini diolah dan dijadikan sebagai bahan isi onde-onde, bakpau, gandas turi atau bakpia. Bukan itu saja, kacang hijau ini bisa juga diolah menjadi tepung yang kita kenal dengan tepung hunkue. Atau bisa dari tepung ini kita membuat mie yang kita dengan dengan nama soun.

Nah sekarang..yukk kita bikin ES KACANG HIJAU sendiri .....

ES KACANG HIJAU
Resep : dapurikobana.com

125 gr kacang hijau
1000 ml air
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan
gula pasir secukupnya
300 ml santan kental

Cara Membuatnya:
1. Cuci bersih kacang hijau lalu rebus sampai empuk
2. Tambahkan gula, garam dan santan kental, masak hingga mendidih sembari diaduk-
    aduk agar santannya tidak pecah
3. jika sudah matang masukkan daun pandan. Aduk rata dan dinginkan
4. Masukkan kedalam cetakan atau plastik. Lalu bekukan
5. Es kacang hijau siap untuk disantap

Penulis : honesty rasyid

Friday, October 17, 2014

BUAH KESEMEK

Depok, Oktober 2014

Buah apa yang genit dan suka bedakan ayo tebak ?

Buah kesemek namanya. Buah yang berdiameter 2-8 cm ini karena sepintas mirip apel maka sering dijuluki sebagai  " apel jawa ". Tekstur daging buah kesemek mirip apel tapi sedikit keras dan kalo digigit kretes-kretes.... aduh apa nih istilahnya. Rasanya manis.
Ada yang menyebutnya dengan istilah buah kaki. Kalau bahasa padangnya disebut Oriental persimmon. Kesemek yang sudah matang akan berwarna orens kekuningan. Tapi selama ini saya belum pernah melihat uah ini sampai berwarna oren, selalu lihat di tukang buah masih berwarna hijau . Tapi walaupun hijau tetep manis. Biasanya saya memakannya langsung. buah ini konon kabarnya bisa diolah menjadi agar-agar, es krim dan lain-lain




Buah kesemek seger mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa danglukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Karena kandungan yang berguna ada di dalam buah kesemek, maka buah ini banyak digunakan senagai bahan makanan diet karena kaya serat . Seru sekali ya ...buah yang dipasaran berharga 5000 ribu rupiah perkg ini rupanya bisa membuat langsing. 


Banyak lagi manfaat dari buah kesemek :- Menurunkan resiko jantung- mencegah pendarahan- kandungan vitamin C nya yang tinggi sangat membantu mengembangkan resistensi tubuh terhadap  infeksi- Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru- mencegah penuaan dini- menguatkan limpa dan banyak lainnya

Nah, udah tau kan .....mari kita berkesemek.....

Ditulis oleh : honesty rasyid
id.wikipedia.orgmanfaat sehat.com

KUAH ASANG

Depok, Oktober 2014

Pertama kali jatuh cinta dengan menu daerah Manado si KUAH ASANG ini waktu makan di Restoran BOBARA. Tidak ada bau amis, kuahnya tidak butek dan semerbak bau aroma dedaunan serta bumbunya membuat kita berselera.


Slurrppp, menyeruput kuah asang yang hangat terasa segar sekali. Aroma daun pandan berbaur dengan kemangi, jahe dan lengkuas membuang bau amis yang biasa kita temui ketika memasak lauk berbahan olahan ikan.
Rasa penasaran dengan si Kuah Asang wajib dipenuhi dengan membuatnya sendiri dirumah. Yuk kita coba

KUAH ASANG
Resep : lezat.com

Bahan :
2 ekor ikan kakap (ukuran sedang, sekitar 250-300 gram/ekor), Saya ganti Ikan belanak
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
100 gr kacang merah ( additional)

Bumbu :
1200 ml air
2 batang serai, memarkan
1 cm jahe, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 lembar daun pandan, sobek-sobek
20 buah cabai rawit merah
3 sdm air jeruk nipis
1 genggam daun kemangi, ambil daunnya
3 buah cabai merah, iris serong
5 buah bawang merah, iris
2 siung bawang putih, iris
3 buah tomat hijau, potong-potong
1/2 sdt garam
1 sdt lada

Cara membuat :
1. Bersihkan kakap merah, potong sesuai selera dan lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit.
2. Rebus air, kemudian tambahkan serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun pandan, garam dan lada, masak hingga mendidih.
3. Masukkan kakap merah, bawang merah, bawang putih, cabai merah, masak hingga ikan lunak.
4. Masukkan air jeruk nipis, daun kemangi dan cabai rawit merah, aduk rata, masak sebentar, angkat. Sajikan hangat/panas.

Ditulis oleh :
Honesty Rasyid

Thursday, October 16, 2014

JUICE DELIMA ARAB

Depok, Oktober 2014

Juice lagi ...juice lagi
Tidak pernah kepikiran membuat juice delima , karena dalam pikiran ini , bijinya keras terus daging buahnya juga tipis ditambah lagi rasanya asem-asem sepat begitu. Tapi membaca khasiat buah yang bernama latin punica garnatum ini saya menjadi tertarik untuk mengkonsumsinya.



Buah ini konon kabarnya berasal dari Iran dan terus berlanjut sampai berkembang ke daerah cina selatan dan asia tenggara.
Ketika membeli buah delima, sipenjual bertanya mau yang lokal atau yang import. Terus saya tanya balik.. bedanya apa ? ceritanya delima import yang dari tanah arab lebih berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan membuat awet muda. Baiklah bang ,,,, saya akan mengkonsumsinya . Trus ada pertanyaan lagi memangnya buah delima banyak variannya ya ?? Dikenal tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. dan yang dijual oleh pedangan inia adalah delima impor dari negara jazirah arab. Delima import ini dikenal sangat banyak khasiatnya dan membuat awet muda dan kulit menjasi halus ....waduhh ...kebeneran nih.


Selain dimakan langsung buah delima juga dijadikan campuran rujak buah, sering kita lihat jika ada acara 7 bulanan para ibu sibuk mencari buah delima. Rasanya tidak lengkap tanpa buah cantik ini. Atau dicampur dalam salad buah, lebih segerlagi jika di buat juice, pasta, sirup dan ;sari buah. ...nyam ..nyam. Ketika membuat juice jangan membuang biji buah delima karena ebaiknya diminum dengan bijinya karena di dalam biji banyak terkandung senyawa polifenol.

Lalu apa saja manfaat dari buah delima ?
1. Digunakan untuk membersihkan kulit. dan mengurangi peradangan pada kulit.
2. Mengobati radang tenggorokan dan;sariawan
3. Buah yang kaya anti oksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat.
4. Mengatasi gangguan perut, jantug, dan kanker
5. Sebagai perawatan gigi, mengobati rematik dan kurang darah serta diabetes
6. Menurunkan berat badan
7. Mengobati batuk yang berlangsung lama

"Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang meminum jus 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan risiko terkena alzheimer hingga 76% dibandingkan orang yang tidak minum jus sama sekali. Trus menunggu apalagi ...mari kita hidangkan juice delima

JUICE DELIMA
Dapur Ikobana
Bahan:
250 gr buah delima
1 sdm vanilla pasta
2 sdm madu
50 ml sirop cocopandan ( kalau suka )
Air es secukupnya

Cara membuatnya :
Campur semua bahan lalu blender sampai halus. Tuang kedama gelas lalu simpan di kulkas beberapa saat . siap dinikmati dalam keadaan dingin

Ditulis oleh :
Honesty Rasyid

PAPASE JUICE

Depok, Oktober 2014

Ada masanya malas mengunyah . Padahal cuma untuk makan buah papaya .... sungguh benar-benar suatu kemalasan yang tak berampun .....


Tapi bagaimana ?? ... sementara teteup butuh buah .....yok kita juice sajaaa...... biar BABnya lancar dan perut berasa ringan ya nak . Kalian juga sudah tau kan kalo pepaya ini adalah pencahar alami yang tak berefek apapun kecuali  efek "ENAK"

Trus apa manfaat si buah berwarna merah kekuningan ini ??

Dari beberapa bacaaan bisa dikutip dan disimpulkan buah cantik ini berkhasiat menurunkan resiko jantung dan diabetes. Tidak hanya daging buahnya yang lembut, biji pepaya pun jika dijus bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah sejumlah infeksi lain  serta bisa juga membersihkan serangga di usus.

Sungguh banyak manfaat lain pepaya, dan bagi PEROKOK yang bandel nih, pepaya ini juga melindungi dari pembentukan emfisema di dalam tubuh.

Nah, trus mau menunda lagi dan masih bilang ngaa suka sama PEPAYA ......

Awasss .... ya .....

Ditulis oleh :
Honesty Rasyid