Thursday, June 26, 2014

CRUNCHY CRAB

Depok, Juni 2014

Ketika rasa malas mendera...tapi tak mau dianggap malas......"crab siap jadi" ini jadi bala bantuan yang sangat ..sangat menjanjikan.


Bahan dan Caranya :

Crab siap pakai . 
Tepung terigu di wadah + oregano bubuk (aduk rata)
Tepung roti di wadah . 
Telor, kocok lepas
Minyak Goreng


Carranya :
Siapkan crab siap pakai. Ambil telor lalu kocok lepas. Celupkan crab kedalam telor lalu gulingkan dalam terigu tipis saja , angkat.  Celupkan kembali dalam adonan telur lalu gulingkan diatas tepung roti sampai terbalit sempurna.

Goreng sampai berwarna kuning keemasan . Siap disajikan dengan sambal botol dan tomat .

dihidangkan panas-panas.....uenakkkk bangetttt .... apalagi kalo lagi laper . wkwkwwkwkkw


Ditulis oleh : Honesty Rasyid


Tuesday, June 24, 2014

BUAH KESEMEK


Depok, Juni 2014

Buah apa yang genit dan suka bedakan ayo tebak ?

Buah kesemek namanya. Buah yang berdiameter 2-8 cm ini karena sepintas mirip apel maka sering dijuluki sebagai  " apel jawa ".  Tekstur daging buah kesemek mirip apel tapi sedikit keras dan kalo digigit kretes-kretes.... aduh apa nih istilahnya. Rasanya manis.

Ada yang menyebutnya dengan istilah buah kaki. Kalau bahasa padangnya disebut Oriental persimmon. Kesemek yang sudah matang  akan berwarna orens kekuningan. Tapi selama ini saya belum pernah melihat uah ini sampai berwarna oren, selalu lihat di tukang buah masih berwarna hijau .  Tapi walaupun hijau tetep manis. Biasanya saya memakannya langsung. buah ini konon kabarnya bisa diolah menjadi agar-agar, es krim dan lain-lain



Buah kesemek seger mengandung  19,6% karbohidrat, terutama fruktosa danglukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Karena kandungan yang berguna ada di dalam buah kesemek, maka buah ini banyak digunakan senagai bahan makanan diet karena kaya serat . Seru sekali ya ...buah yang dipasaran berharga 5000 ribu rupiah perkg ini rupanya bisa membuat langsing. 

Banyak lagi manfaat dari buah kesemek :
- Menurunkan resiko jantung
- mencegah pendarahan
- kandungan vitamin C nya yang tinggi sangat membantu mengembangkan resistensi tubuh terhadap       infeksi
- Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru
- mencegah penuaan dini
- menguatkan limpa dan banyak lainnya


Nah, udah tau kan .....mari kita berkesemek.....


Ditulis oleh : honesty rasyid

id.wikipedia.org
manfaat sehat.com

Monday, June 23, 2014

MACO alias IKAN KERING - IKAN ASIN


Depok, Juni 2014

Di kampung ibunya Puti, namanya Maco. Kalo tempat saya merantau orang menyebutnya Ikan kering atau ada lagi yang menyebutnya ikan asin. Barangkali maksudnya sama ya …Cuma beda sebutannya saja. Tapi kalo di pikir-pikir , IKAN KERING belum tentu asin ada yang tawar juga, Kalo disebut IKAN ASIN, belum tentu juga kering karena ikan basah yang kebanyakan garammnya  saat memasak akan asin juga rasanya . Trus bagaimana dong ?..IKAN ASIN KERING begitu kali yak tepatnya …qiqiqiiq
Namun satu yang pasti adalah makan dengan maco ini membuat selera makan jadi meningkat …tambah sambalado, pucuak ubi abuih, karupuak jangek, aia putiah angek sagaleh ….sabana mantappppp

Trus bagaimana cara membuat ikan kering ?
Pembuatan ikan kering rata-rata dinegara kita masih secara tradisional. Yakni dengan merendamnya dengan air garam lalu dikeringkan . Proses pengeringan ikan bisa dengan cara dijemur di panas matahari atau di salai diatas api dengan perlahan-lahan.  Jenis ikan yang digunakan untuk ikan kering biasanya bervariasi tergantung dengan musim dan tangkapan sang nelayan. Jadi pengaruh cuaca sangatlah besar dalam pembuatan ikan kering mulai dari bagaimana cara mendapatkan bahan bakunya sampai pada proses pengeringannya.
1.       Jika ikannya besar , potong ikan memanjang dari kepala sampai ekor, lalu lebarkan.
2.   Bersihkan ikan. Pastikan sisik, isi perut dan kotoran lain sudah dibuang . lalu cuci  bersih
3.   Ikan disusun rapi lalu ditaburi garam lalu ditaruh diatas para-para. Jemur selama  kurang lebih 8-10 jam diterik matahari
4.       Setelah yakin kering simpanlah pada tempat yang kering 
Kota penghasil ikan kering terbesar di Indonesia itu adalah kota Bagansiapiapi atau dikenal dengan  sebutan  kota nelayan. Menurut surat kabar De Indische Mercuur, 1928, kota ini adalah penghasil ikan terbesar  ke dua didunia, peringkat pertama diduduki oleh kota Bergen – Norwegian. Sejumlah besar ikan tepatnya berton-ton ikan segar, ikan kering, terasi diekspor dari kota ini ke berbagai tempat. 
Untuk daerah jawa, ikan kering dari daerah pantura undramayu sangat terkenal juga. Di daerah ini pengerjaan ikan kering juga masih dengan cara traditional dan tentu saja mengandalkan sinar matahari.Jenis ikan kering yang disenangi konsumen adalah jambal roti, peda, petek ukuran besar, teri, cumi-cumi, rebon, tongkol tawar kering, kering lajer, dan banyak lagi 

Belum lagi kalo kita berkunjung ke Indonesia bagian timur pastilah banyak jenis ikan yang akan kita temui dan tak kalah lezatnya. Kalau saya tidak salah …. Artinya benar yak ….di daerah Sulawesi Tenggara, beragam ikan kering bisa kita temui dari ukuran kecil  sampai besar : ikan hiu, sunu, ikan merah, ikan putih, cumi kering dan terasi udang. Betapa kayanya negriku ini ….
Sudah tak sabar …terbayang ikan asin dicabe….laperrrrrr.


Ditulis oleh : Honesty Rasyid
Sumber :
ms.wikipedia.org

id.wikipedia.org

Sunday, June 22, 2014

GURAME PAPRIKA

Depok, Juni 2014


Gurame ini termasuk ikan yang menyenangkan untuk disantap. Sedikit durinya dan berdaging tebal.

Dirumah, paling sering diolah jadi gurame goreng garing, makan pake kecap, sambel terasi , tempe tahun goreng + lalapan....sedeeeppp....nya . Tinggal nyari saung dan pemandangan indah.....
Kali ini, pengennya yang beda. Gurame di fillet aja....goreng + saus tomat.



Hasilnya, .....emang ngga sia-sia......uenakkkkkkkkk


Resepnya ?? bentar ya ...gampang kok .

Friday, June 20, 2014

KUNYIT ASEM

Depok, Juni 2014

Sederet minuman mulai dari teh hitam, green tea, smothie, soft drink,  energy drink, juice, isotonic drink dan berbagai jenis minuman tradisional seperti bir pletok, wedang jahe, bajigur dan banyak yang lainnya, teteup saja tidak bisa mengalahkan minuman yang satu ini saat sang perut sedang ber-ulah... yakni” Kunyit Asem “.

Ramuan kunyit, asam dan gula merah ini sangat ampuh bagi saya sebagai penawar dan pencegah rasa sakit maag tatkala mendera. Kita tak banyak tahu kalau kunyit yang biasa kita pakai sebagai bahan bumbu masak didapur ini mempunyai banyak manfaat diantaranya memberikan perlindungan terhadap serangan jantung dan stroke, anti oksidan, mengurangi pembentukan pembekuan darah, pengobatan hepatitis, menurunkan kolesterol darah dan banyak lainnya .

Mengutip bahasan dari seorang dokter umum yang menekuni pengobatan herbal (fito farmaka) dr. Ujang Hermawan – dokter yang praktik  RS Haji Pondok Gede ini, “ Kendati merupakan pengobatan herbal, ada orang-orang yang disarankan tidak meminum ramuan  herbal tersebut. Mereka adalah yang menderita alergi atau hipersensitif dengan ramuan itu. Misalnya, setelah minum muncul reaksi gatal di kulit atau reaksi lainnya 


Jadi tetap saja minum sesuai petunjuk dan kebutuhan tubuh kita . Jika ragu, tanyakanlah kepada  ahlinya. Dan yang perlu diingat kenalilah ritme tubuh anda dengan baik. Kalo saya, jika bermasalah dengan lambung minuman kunyit (tanpa asem ) ini sangat membantu. Diminumnya 1 x sehari,  30 menit sebelum  sarapan  pagi.
Nah tanpa berpanjang-panjang….cara membuatnya ?? mari kita simak:
Bahan :

150 gr asam jawa
150 gr kunyit
75 gr gula merah
Garam secukupnya
800 ml air

Cara membuatnya :

1.       Cucii bersih kunyit lalu kupas kulitnya. Parut jahe atau tumbuk . sehingga memudahkan sari kunyit keluar saat kita merebusnya
2.      Siapkan air untuk merebus parutan kunyit tadi. Rebuslah kunyit sampai mendidih. Setelah itu masukkan asam jawa, garam dan gula jawa. Aduk rata.
3.      Rebus kembali sampai mendidih.
4.      Angkat dan saring air rebusan kunyit tadi.
5.      Siap dinikmati dama kedaan hangat atau dingin


Catatan :

Jika anda tak mau repot bisa dibuat minuman kunyit asam ini dalam jumlah banyak dan disimpan dalam botol yang terturtup rapi di kulkas

 Kunyit asam ini bisa tahan dan masih segar selama 4 hari

Ketika merebus air kunyit, gunakan panci yang tidak mudah luruh. (untuk menjaga kemungkinan minuman yang kita buat terkontaminasi )

Komposisi asam jawa dan kunyit bisa dirubah sesuai selera 

Thursday, June 19, 2014

GULAI MANIH

Depok, Juni 2014

Kenapa disebut disebut "Gulai Manih". Jika di indonesiakan namanya "GULAI MANIS ", artinya tidak pedas.

Biasanya masakan  dari daerah minang terkenal dengan pedas dan sarat bumbu. Namun kali ini beda, rasa gulai manih ini sesuai dengan namanya : manis, gurih, menyegarkan dan bumbunya juga sederhana saja.

Sayur ini berbahan dasar daun labu, santan dan telor. Sebenernya jenis sayurannya bisa dimodifikasi dengan buncis, labu siam, jantung pisang dan jenis sayur lainnya. Sayur ini sangat sederhana cara pembuatannya dan bahan2nya pun mudah didapat serta harganya pun terjangkau


Untuk RASA ? aduhai ......enak -enak ....anak-anak sukaaaaaa karena tidak pedas dan gurih. Cara membuatnya ?? simak ya ...



GULAI MANIH
dapur ikobana 

Bahan:
2 ikat daun labu -  bersihkan ambil daun yang muda
8 butir telur ayam
750 ml santan encer
1 sdm minyak goreng
1 bh cabe iris serong - sebagai hiasan
garam secukupnya

Bumbu :
1 bh bawang bombay iris 
5 siung bawang merah iris halus
3 siung bawang putih iris halus
1 ruas jari jahe - keprek
1 ruas lengkuas - keprek
2 lembar daun salam
1 btg sereh - geprek 


Cara Membuatnya : 

1. Panaskan pengorengan, tumis bumbu sampai tercium bau harum. Lalu masukkan santan tunggu sampai mendidih.

2. Masukkan daun labu, tunggu sampai mendidih kembali dan daun labu empuk. Matikan api kompor.

3. Di tempat terpisah panaskan air sampai mendidih, lalu pecahkan telur dan masak sampai matang. Lakukan sampai telur habis

4. Susun telur di piring saji, lalu siram dengan kuah gulai manis

4. Telur dimasak terpisah agar tidak hancur

5. Selamat menikmati


Ditulis oleh : Honesty Rasyid



Wednesday, June 18, 2014

KAASTANGEL


Depok, Juni 2014

Aroma keju sudah menjalar kemana-mana, mulai dari dapur sampai ke seluruh penjuru rumah ……wanggiiiiii dan nagihhhh semerbak wanginya.

Setiap lebaran seperti biasa aneka kue kering selalu tersaji di atas meja. Ada kaastangel kesenangan Haykal, nastar favorite ayah, lidah kucing kesukaan ibu, dan putri salju pesanan babam Imam. Kue kering jenis lain seperti kue kacang, chocolate  kukis atau corn flakes, boleh ada boleh ngga…

Kukis jaman voor de oorlog  alias Tempo Doeloe yang sekejap mata ludesnya itu adalah kaastengel. Jika dibanding waktu pembuatan dan saat mengkonsumsinya, membuat sy bahagia dan sekaligus capek tak berujung …qiqiqiqiq. Kenapa ? satu loyang keluar dari oven saat pemanggangan, hanya menunggu beberapa menit suhu ruang ….dan sudah dapat dipastikan loyang akan bersih…..qiqiqiq

Seperti kue kering lainnya kastengel adalah sejenis kue kering yang berbahan dasar dari tepung terigu dan mentega . Bahan tambahan lainnya adalah keju tua, susu bubuk dan tepung maizena. Bentuknya persegi dengan panjang sekitar 5 centimeter. Di negara asalnya kukis ini ukurannya 30 cm. Namun tak tertutup kemungkinan untuk membuat variasi bentuk lain. Biasanya saya menggunakan keju edam dan keju parmesan. 



Nama kaastengel itu sendiri  berasal dari bahasa belanda. Terdiri dari kata kaas yang berarti keju dan stengels berarti batangan. Jadi kalau digabung berarti : batangan keju. Kukis yang populer ditengarai di bawa oleh noni-noni belanda pada jaman dulu. Barangkali mereka membuatnya untuk acara keagamaan dan pesta lainnya.

Lebaran kali ini bunda kepengen juga kan membuatnya sendiri ? mari kita coba resep dari Diana Soetjipto ini :

KAASTANGEL
Resep Diana Soetjipto

Bahan:
400 gr terigu
300 gr (150gr margarin + 150gr butter)
200 gr keju parut (100gr kraft + 100gr edam) 
2 kuning telor
2 kuning telor untuk olesan

Cara membuatnya:
1. Aduk rata dengan sendok kayu/spatula kuning telor dengan margarin + butter.
2. Masukan keju. aduk rata kembali
3. Masukan tepung. campur hingga rata
4. Cetak, beri olesan kuning telor dan panggang

Tips.
1. Tidak perlu terlalu lama mengaduk adonan supaya tidak meleber
2. Jemur atau angin2kan keju yang sudah diparut selama 1-2 hari agar hasilnya crunchy


Ditulis oleh : Honesty Rasyid

Sumber :
wikipeidia.com
diana soetjipto


Monday, June 16, 2014

KULINER JAKARTA : KUE KHAMIR

Depok, 2014

Mengenal dan mencicipi kue pipih bulat yang ku sebut sebagai kue arab ini, udah lama dan berkali -kali memakannya . Kue yang terbuat dari adonan terigu mentega dan telur  ini sebenarnya bernama kue Khamir. Kue khas pemalang yang memang dibawa oleh perantau Arab ke daerah ini .

Namun kue khamir yang dibawa oleh abah Alwi Shihab sore ini bener2 mantap. Thanks ya Abah. Menurut abah, kue kamir ini adalah yang terenak. Saya hari ini harus percaya karena belum pernah mencoba yang lebih enak dari kue khamir dolica yang dibeli abah di daerah condet ini. 

Sebenernya kue kamir ituada dua jenis. Yang pertama tadi terbuat dari tepung terigu, dan satu jenis lainnya terbuat dari tepung beras. Kue kamir berbahan tepung beras ini jarang kita temui karena tidak tahan lama sehingga dibuatnya berdasarkan pesanan saja.


Untuk variasi rasa kadang penjual memasukkan pisang atau tape ke dalam adonan kue kamir ini. Ke kamir enak ini bisa dibikin sendiri dirumah kalo lagi tak malas. Namun jika anda tak ingin repot bisa pesan di alamat dibawah ini 

Konon kabarnya yang pertama kali membuat kue kamir ini adalah perantau arab yang tinggal di perkampungan arab di desa Mulyoharjo. sedangkan nama kue ini sendiri diguga berasal dari bahasa arab yakni kata KHAMIR yang berarti ragi :Jadi dalam proses pembuatan kue ini perlu proses pengembangan adonan dengan cara didiamkan satu malam agar terjadi proses fermentasi dengna baik dan sempurna : 


Penasaran dan ingn membuatnya sendiri , mari kita coba resep ini :

Kue Kamir
Resep diadaptasikan dari web Natural Cooking Club - Khamir 

Untuk  + 20 buah kue kamir diameter 5 - 7 cm

Bahan:
- 350 gram tepung terigu protein tinggi atau serba guna (saya pakai Segitiga Biru), resep asli 500 gram
- 180 gram gula pasir (resep asli 250 gram)
- 250 gram tape singkong
- 100 gram pisang ambon(1 buah pisang), resep asli tidak memakai pisang
- 100 gram margarin, cairkan 
- 1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
- 1/2 sendok makan soda kue, cairkan dengan 2 sendok makan air
- 1/2 sendok teh garam
- 300 - 400 ml susu cair  (resep asli menggunakan air biasa)
- Margarine atau minyak goreng untuk mengoles pan/penggorengan datar 

Cara membuat: 
1 hari sebelumnya, Siapkan mangkuk besar, masukkan tape yang telah dibersihkan dari serat dan sumbunya. Tambahkan pisang dan gula pasir. Remas-remas menggunakan kelima jari tangan anda hingga menjadi adonan yang smooth dan halus. 
Masukkan tepung terigu ke dalamnya, aduk perlahan dengan ujung-ujung jari hingga tercampur merata.  

Masukkan garam, baking soda yang telah dicairkan, margarine cair yang telah dingin, dan telur kocok ke dalam adonan tepung. Tambahkan 1/2 porsi susu cair, kemudian aduk adonan dengan jari-jari terbentang lurus (bukan menekuk), hingga tercampur rata. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan memiliki kekentalan yang pas, jangan terlalu encer agar tidak luber kemana-mana saat di panggang di teflon dan jangan terlalu pekat agar kue tidak keras dan bantet. 

Pukul-pukul adonan dengan telapak dan jari-jari tangan, kira-kira 10 - 15 menit, hingga terkadang tampak gelembung udara besar terperangkap di dalamnya dan mengempis. Anda bisa mengenalinya dari bunyi yang keluar dari adonan yang kental dan pekat. 

Tutup mangkuk dengan kain bersih atau plastic wrap atau penutup apapun. Masukkan adonan ke dalam kulkas dan biarkan semalaman.
Panaskan teflon atau cetakan kue kamir/cara bikang, jika ada. Olesi dengan margarine pada permukaannya. Tuangkan satu sendok sayur adonan kue ke atas penggorengan panas. Saya menggunakan ice cream scoop untuk menuangkan adonan. 
Gunakan api kecil saja saat memanggang adonan. Panggang kue seperti membuat pancake. Ketika bagian dasar terlihat mengeras dan tampak gelembung-gelembung udara muncul di sekeliling kue (bersarang), balikkan kue dengan spatula dan masak sisi sebelahnya. Jangan menekan kue dengan spatula, biarkan kue matang dengan sendirinya agar memiliki bentuk yang fluffy dan tebal. 

Adonan kental dan pekat sehingga ketika dipanggang tidak akan meluber kemana-mana. Anda bisa memanggang sekaligus banyak kue dalam satu kali kesempatan, tergantung dari besar kecilnya penggorengan datar yang anda miliki. 
Jika sisi sebelahnya telah matang, angkat dan lakukan hal yang sama hingga adonan habis. 


Ditulis oleh ; Honety Rasyid

Sumber :
wikipedia.org
.justtryandtaste.com

Thursday, June 12, 2014

ES LILIN "LEMBUT " tak keras , Caranya ??


Depok, 2014


Ketika melihat es lilin ini, banyak yang berkomentar “ ..haaaa…jadi inget masa kecil” ada lagi yang bilang “ dulu sering bikin es ini “. Nah , ketahuan deh tuh si mami angkatan berapa ….wkwkwkkw. 

Walaupun dipacking sederhana, namun es unik ini ngangenin pada jaman dulu. Entah ngga ada jenis es lain atau benar-benar enak ya ? Yang pasti…meminumnya disaat cuaca panas adalah sesuatu binggitssss. Ada yang rasa sirup lemon, mangga, coklat, kacang hijau, ketan hitam, es buah, es teh dan banyak varian lainnya.

Jaman sekarang es seperti jarang sekali terlihat. Yang banyak hadir justru es krim dengan packing yang sudah rapi dan es yang creamy. Kalau es lilin memang cendrung lebih keras dibanding es krim yang dijual si supermarket. Salah satu penyebabnya adalah karena pemakaian  lebih dominan dibanding susu.

Terus bagaimana carannya membuat es lilin agar teksturnya tidak terlalu keras ?, contekan dari wisata.kompasiana.com berikut bisa menjadi jawaban bagi kita :


1. Penggunaan air yang terlalu banyak menyebabkan es mambo tidak lembut

2.Penggunaan susu [full cream atau skim] sebagai bahan dasar dapat membuat es mambo menjadi lebih creamy alias lembut

3.Bahan tambahan juga memainkan peranan penting dalam menentukan kelembutan es mambo. Bahan tambahan yang harus anda gunakan adalah stabilizer [pemantap nabati] seperti ; gelatin, CMC, guar gum, karagenan dsbnya. Kemudian ada juga emulsifier [pengemulsi nabati] seperti ; lesitin, GMS (gliseril mono stearat) dan kuning telur. Bahan-bahan ini semua bisa anda dapatkan di toko kimia atau toko bahan kue

4,Total pengguaan stabilizer dan emulsifier disarankan tidak lebih dari 2 % dari total berat adonan

5.Proses pembekuan juga amat berpengaruh terhadap kelembutan. Pembekuan yang terlalu lama karena suhu yang kurang rendah akan menyebabkan terjadinya pengkristalan

6. Es yang beku cair kemudian beku lagi akan menurunkan kelembutan. Dan jika terlalu banyak pengulangan beku cairnya maka es tidak akan lembut lagi. Hal ini biasanya disebabkan pemasukan bahan cair [aneka minuman atau es batu cair] kedalam freezer yang sudah ada es mambo bekunya.

CATATAN : Namun jika bunda tak ingin menggunakan bahan tambahan berupa emulsifier ataupun stabilizer dalam pembuatan es lilin, cara konvensional pun adalah pilihan yang terbaik. Tambahkan tepung maizena, tepung terigu atau tepung kanji yang sudah dilarutka dengan sedikit air ke dalam adonan es lilin, hasilnya es lilin bikinan ibu akan lembut.

Perbandingan penggunaan tepung adalah 3 sendok makan tepung untuk 1 liter adonan es lilin

Tak percaya ?? silakan dicoba …..

Penulis : Honesty Rasyid

 

AYAM LADO HIJAU

Depok, 2014

Olahan ayam yang satu ini memeng ngga ada matinya ....seberapun dibuat....pasti ludes.

Tanya kenapa ?? yang pasti jawabanya :

1. ENAK

2. TIDAK BEGITU PEDAS disesuaikan dengan lidah Babam

3. Bumbunya nyeresepppp seppp.....

4. dan dimakannya pas LAPER 


gampang bukan membuat makanan yang pasti ludes di meja makan dan kita bahagia....


Sok atuh dicobain ..... ibuk -ibukkkkkk

Tuesday, June 10, 2014

ES LILIN - ES MAMBO atau ES GANEFO ?

Depok, Juni 20014

Ada yang menyebutnya es lilin , es mambo, es ganefo, atau mungkin ada sebutan lain . Ada rasa coklat, syrop mangga, kacang hijau, ketan hitam, es teh, mocca, es buah, rasa strawberry dan banyak varian lain. Entah apa dasarnya yang ada dibenak saya bahwa es lilin itu pake tangkai sedangkan es mambo pake plastic yang di ikat dengan karet atau disimpulkan salah satu ujungnya ……padahal tak selamanya begitu bukan ??


Yang pasti, masa-masa kecil dulu itu bisa menikmati es ini adalah suatu kebahagian tersendiri. Sampai mencuri-curi waktu agar bisa menikmatinya. Paling hanya disekolah atau saat istirahat mengaji di musholla. Jika sedang berada di rumah jangan harap bisa dapat uang jajan untuk jajan es ini . Kenapa ? Karena selalu setelah makan es yang dijual abang-abang ini, alamat besok paginya demam ataupun sakit tenggorokan disertai batuk. Ibu saya sudah hafal kelakuan bocahnya ini. Sebenarnya ingin makan es krim tapi jaman saya dulu es krim masih jarang sekali ditemui kecuali di toko-toko besar, itupun hanya ada woody ice cream.  Beda sekarang, dimana-mana ada gerai ice cream tinggal pilih mau kualitas apa.


Sejarah rupanya berulang. Anak-anak saya juga begitu. Jika mengkonsumsi es mambo , entah itu disekolah, atau dilapangan selagi main bersama temannya, sudah dapat dipastikan setelah itu pasti panas dan radang tenggorokan . Es mambo/lilin seharga 1000 – 2000 rupiah ini bisa mengantarkan saya dan menggeruk kocek sampai ratusan ribu untuk berobat ke dokter.

Larangan maupun punishment pun sudah diberlakukan tapi dasar anak-anak ,,,,,teteup saja berdalih lupa…”.abisnya kehausan  bu, abis main bola “. Berlama- lama dengan kondisi seperti ini tak kunjung mendapatkan penyelesaian, jalan satu2nya adalah saya harus membuatnya sendiri dengan bahan pilihan, proses pembuatan yang higienis dan tanpa bahan pengawet pastinya.

Es lin sehat dari dapur ibu pun tak kalah enaknya dibanding yang dijual abang-abang itu. Malah kalo kata anak-anak saya lebih terasa dan tidak bikin tenggorokan perih …..nah lho ….saya curiga dengan gula yang dipakai oleh para penjual itu ….Ayo tunggu apalagi mari bikin es sendiri.

Terus bagaimana caranya ? mari kita coba resep dari caragini.blogspot.com dibawah ini:
Bahan :
- Susu bubuk 100 gr
- 6 lembar daun pandan
- 3 liter air mineral
- 1 liter santan kelapa
- 1 ons gula pasir
- Perisa strawberry, mangga, anggur, dan cokelat. (atau sesuai selera)
- Plastik berbentuk lonjong dan tusuk sate yang dipotong-potong lebih pendek.

 Cara membuat es lilin :
1. Campur air dan gula, rebus hingga mendidih. Lalu tambahkan daun pandan
2. Masukkan santan kelapa, aduk hingga merata dengan api kecil.
3. Angkat adonan es, pisahkan menjadi beberapa bagian untuk diberi perisa.
4. Tambahkan perisa buah buahan dan cokelat.
5. Masukkan ke dalam plastik, dan tancapkan kayu ke atasnya.
6. Masukkan ke dalam freezer hingga membeku.

Ada resep lain yang juga tak kalah menarik dari strawberriesii.blogspot.com :

Bahan Es Lilin Coklat
  • Tepung Maizena 4 sdm
  • Bubuk Coklat 2 sdm
  • Susu Kental manis 12 sdm
  • Gula Pasir 2 sdm
  • air 1 liter
Cara membuat Es Lilin Coklat Enak :

1. Campurkan bubuk coklat beserta tepung maizena. Masukkan campuran itu kedalam panci rebus lalu aduk secara merata. Masukkan 1 liter air secara perlahan sambil diaduk.
2. Tambahkan susu kental manis dan gula pasir kedalam adukan tadi.
3. Didihkan adonan dalam panci sampai benar - benar mendidih. Jangan lupa untuk selalu diaduk. Setelah selesai, dinginkan adonan tersebut sebentar.
4. Siapkan wadah es lilinya lalu tuangkan kemasing - masing sampai adonan menjadi habis.
5. Simpan es lilin yang telah dibungkus kedalam frezeer sampai membeku.
6. Es lilin coklat siap untuk dikonsumsi atau dijual.

Trus bagaimana hasilnya ? seru dan enak bukan ? Perlu diingat perbandingan penggunaan  susu yang lebih banyak dibanding air akan menghasilkan es lilin yang lebih creamy. Penambahan sedikit tepung maizena, hunk kwe, ataupun tepung terigu  membuat tekstur es menjadi lembut.

Selamat Berkreasi bundaa....:)

Ditulis oleh : Honesty Rasyid 

Sunday, June 8, 2014

SOSIS


Depok, 2014

Dengan permohonan yang amat sangat.....krucil minta digorengin SOSIS.....

Rayuannya : sekali aja bukkk... 

saya meleleh ....akhirnya 

Tapi sambel tomat cocolnya buatan ibu ......itu harus ...liat DISINI YA SAUS TOMAT HOME MADE_NYA