Monday, December 30, 2013

AYAM GORENG KREMES MBOK BEREK

Depok, Desember 2013


Request dari uda Haykal ......ayam goreng yang ada kremesnya seperti dirumah temen ......tantangan nih .....



Bahan
1 ekor ayam belah dua tapi tidak putus
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
2 lembar daun salam
2 cm jahe
1500 ml air untuk merebus
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu 
10 siung bawang putih
2 sdm ketumbar sangrai
2 butir kemiri  sangrai
1 sdt garam
Semua bumbu di atas di haluskan

Bahan kremes
25 g tepung beras
25 g tepung sagu
1 sdt baking powder

Caranya mengolah ayam goreng kremes

Nah sekarang tiba saatnya menggorengnya, pasti mudah dech dan ayam goreng kremes segera anda nikmati sebentar lagi.

a)      Cuci bersih ayam, lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam diamkan selama 15 menit terus cuci bersih kembali dan tiriskan.

b)      Rebus ayam bersama jahe, daun salam dan bumbu yang di haluskan, gunakan api sedang masak hingga ayam lunak terus angkat, tiriskan ayamnya dan sisihkan kuahnya.

c)        Buat kremes
Campur kuah ayam sebanyak 900 ml dengan tepung sagu, tepung beras dan baking powder aduk rata, sisihkan.

d)      Panaskan minyak, goreng ayam hingga berwarna kecoklatan dan matang terus angkat,  tuang larutan tepung  sesendok demi sesendok goreng hingga kuning kecoklatan dan terlihat bersarang, angkat dan taburkan di atas ayam goreng.


SAMBAL GORENG HATI KENTANG


Depok, Desember 2013

Suka malas masak hati karena amisss .....tapi resep kali ini...emang mantepppp


LAPEK PISANG - enek Nawa

Depok, Desember 2013


Cemilan tradisional buatan nenek almarhum. Kangen sama cemilan bikinan nenek ini, coba- coba kita bikin yak ..... mudah-mudahan bisa se enak yang nenek bikin.



(2hipt)

Thursday, December 26, 2013

BABYBORN PUDING

Depok, Desember 2013


Puding coklat teddybear ini khusus dibuat menyambut kehadiran bayi mungil " IMTA " , 

semoga menjadi anak yang sholeh dan membahagiakan kedua orang tua ya sayang .....



(2hipt)

ECOMILK PUDING

Depok. Desember 2013

kolam ikan ikan koi mini ini dibuat dari bahan yang sangatt-sangat ekonomis, tapi bentuknya lucu dan menyenangkan.




Setelah disiram dengan agar2 bening .....seperti ikan dikolam beneran yak ....


(2hipt)

SAMBAL TERASI

Depok, Desember 2013

Request uda Haykal, kalo setiap hari harus ada sambal terasi yang puedessss...... wewww.....beressss nak ...kalo cuma sambel.

Nah temennya sambel ini yang sering bikin ibu puyeng .....tadi pagi minta ayam goreng kremes kayak di Mbok Berek ituh ...... sabar ya nak .....ibu bersilancar dulu.....




Bahan
Cabe merah
cabe rawit
bawang merah
bawang putih
tomat
terasi (bakar sebentar)
garam

Cara membuatnya:

Semua bahan digoreng sebentar, lalu diulek. 
Sipa untuk dihidangkan

Rasanya ....jangan ditanya  + ikan asin, kerupuk, lalapan ...... mantapppp (2hipt)

Sunday, December 22, 2013

PUDING IKAN KOI - OREN -WHITE

Depok, Desember 2013

Hampir bosan bikin puding ini, tapi karena bunda yenti dan ayah pupung mau datang ,,,,,jadi semangatttt lagi .....abang Adammmmm .......pasti senangggg


buat bu guru juga jangan lupa .....ayo ikan kita berenang ke BSD dan serpong .......


siap-siap meluncur .... resepnya bisa liat DISINI YA BUNDA ....selamat berkreasi...

Wednesday, December 18, 2013

AYAM BUMBU RUJAK

Depok, Desember 2013

Masih bermain bersama ayam, sampai bingung sendiri memikirkan mau diolah jadi apa. Barangkali resep ini enak ya nak …..kita coba dulu. Biasanya saya selalu mencoba resep yang udah paten saja. Tinggal comot dari beberapa komunitas milist memasak yang saya ikuti  karena yakin….resepnya sudah didiskusikan berulang kali dan dicobakan oleh orang2 yang berbeda dengan kasus yang berbeda

Kali ini PD ajalah …abisnya binun….trus pake lupa pulak ini resep copy dari mana …..sebelumnya terima kasih kepada si empunya resep telah menginspirasi saya. Kalau dilihat dari komposisi bahan dan bumbunya sepertinya enak.
Mari kita eksekusi…..


AYAM BUMBU RUJAK

Bahan :
1 ekor  ayam potong 12 bagian
1 sdt    garam
1 sdm  air jeruk nipis
1 cm    lengkuas, memarkan
2 lbr     daun salam
3 lbr     daun jeruk
2 bh     tomat, potong kecil
2 sdm  kecap manis
Bumbu halus:
10 bh   cabai merah
8 bh     bawang merah
4 bh     bawang putih
2 cm    jahe
3 btr     kemiri utuh, sangrai
1 bh     kaldu blok
1 sdt    garam

Cara membuat :
  1. Bersihkan ayam, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Goreng hingga matang, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan lengkuas, salam, daun jeruk, tomat dan kecap manis, aduk rata.
  3. Masukkan ayam goreng, aduk rata, beri sedikit air. Masak terus hingga bumbu meresap. Angkat. Sajikan.
  4. Bila hendak dipanggang, susun ayam pada alat pemanggang, bubuhi bumbunya. Panggang dalam bara hingga wangi. Angkat.

 Selamat makan ....(2hipt)

Dan ternyata ....ayam bumbu rujaknya enak, manis-manis , asem , wangi

Tuesday, December 17, 2013

TUMIS DAUN SINGKONG TERI

Depok, desember 2013

daun sigkong tumis ini, saya sukaaaaa bangetttt .....pedes..pedes asin, gurihhhhh


PUDING KOI ORANGE

Depok, Desember 2013

Puding ini khusus di bikin untuk ayah Indra dan ibuk Aini yang lagi liburan ke Jakarta. Selama ini cuma nyicipin di foto ajah ...wkwkwkkww ...kali ini bener-bener bisa mencicipi segarnya puding koi orange. Perpaduan cheese cream dan segernya jeruk ini ......mantap tenannn.......

Cara bikinnya ? gampang kok ....ini dia caranya :


PUDING KOI ORANGE
utak -atik resep ikobana,blospot.com

Bahan :
1000 ml susu UHT plain
200 gr gula pasir
250 gr cheese cream
1 1/2 bks agar2 bubuk
1 sdm custard bubuk
¼ sdt garam
¼ sdt pasta orange
1 bungkus nutrisari rasa jeruk
2 tetes pewarna ungu
Kuas kecil

Pelengkap
1 kaleng cocktail

Cara  Membuatnya
1.       Larutkan custard bubuk , agar2   dgn beberapa sendok susu cair aduk rata, sisihkan ( 1)
2.       Ambil  4  sendok sayur susu cair campur dengan cream chesee aduk sampai tercampur 
          rata dan sisihkan (2)
3.       Rebus susu dan gula sampai adonan hangat sembari terus diaduk. Lalu tuang adonan 1 
          masak  sampai mendidih. Lalu masukkan adonan 2 dan tambahkan garam, aduk rata.
4.       Kecilkan api kompor sampai level paling terendah, untuk menjaga agar adonan puding 
          tidak membeku.
5.       Ambil  50 ml adonan yang berwarna putih tuang sedikit untuk bagiang punggung ikan             dan sisi badan lainnya dengan menggunakan kuas kecil. biarkan membeku. Ambil 50 ml         adonan lalu tambahkan warna unggu lalu kuaskan untuk bagian  mata ikan koi dan bagian     sirip serta tempat2 yang kita ingin sembari membayangkan ikan koi nih ...qiqiqi. Biarkan       dingin.
6.       Tambahkan nutrisari, pasta orange dan garam ke sisa adonan, rebus kembali sisa adonan. 
7.       Setelah bagian mata dan sirip membeku, perlahan-lahan tambahkan adonan berwarna 
           orange sampai cetakan penuh. Dinginkan.
8.       Agar puding terasa lebih segar masukkan kedalam kulkas lebih kurang 30 menit.
9.       Puding siap dihidangkan dengan dengan cocktail *(2hipt)

Monday, December 16, 2013

TUMIS KANGKUNG TERASI

Depok, Desember 2013

Sayur yang satu ini paling enak untuk teman makan gurame goreng garing . Membuatnya gampang, harga bahan-bahanya pun murah meriah . Yang penting ngga malessss....pasti bisa membuat resep sederhana ini

Dimakan saat masih hangat dan nasi yang ngebul-ngebul .......alamakkkk .....cidapnya.



Bahan: 
1 ikat besar kangkung, bersihkan dan siangi 
2 bawang merah  potong kecil-kecil
1 bawang putih  potong kecil-kecil
1 bawang bombay ukuran kecil
2 sdm mentega
1/4 sdm terasi bakar 
1 biji cabe merah besar, potong kasar
1 buah tomat kecil , rajang halus
1 sdt gula
1/2 sdt garam

Cara Membuat Tumis Kangkung Terasi
Siapkan pengorengan, panaskan mentega lalu tumis bawang putih , bawang merah, sampai tercium bau harum. Lalu tambahkan cabe, tomat, terasi, gula, dan garam.Aduk rata

Masukkan kangkung aduk sampai sedikit layu lalu masukkan bawang bombay. Beri sedikit air hangat. Angkat dan siap disajikan selagi hangat(2hipt)


GURAME GORENG SAMBAL KECAP


Depok, Desember 2013 

Salah satu jenis ikan yang disuka anak-anak adalah  gurame , karena tulangnya tidak banyak dan dagingnya tebal.  Goreng ikan yang kriuk  dan bumbu yang meresap kedalam daging ikan + tanpa bau tanah  membuat anak-anak ketagihan makan ikan . Sebelumnya anak-anak tidak terlalu suka dengan ikan .... berbagai cara pun dilakoni hingga merka bisa termehek-mehek sama ikan ....

Bunda pengen mencobanya  juga ??


Bahan :
  • 1 ekor gurame utuh atau boleh dipotong-potong
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sdm margarine
  • minyak untuk menggoreng
  • Jeruk nipis
Bahan sambal Kecap :
    5 buah cabe rawit, iris
    2 butir bawang merah, cincang kasar
    garam dan gula sedikit
    kecap manis
    air jeruk lemon secukupnya
    1 buah Tomat, potong kotak-kotak 

Cara Membuat sambal Kecap : 
Siapkan mangkuk, campur seluruh bahan jadi satu, kecuali air jeruk lemon. Aduk rata. Tambahkan perasan air jeruk limau, aduk kembali. Siap dihidangkan


Cara Membuat Gurame Goreng :
  • Cuci bersih ikan , buang insangnya . Insang pada ikan termasuk penyumbang terbesar  bau amis .
  • Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis. Kemudian cuci kembali dibawah air mengalir sampai bersih . Lakukan hal yang sama sebanyak 2 kali.
  • Setelah itu lumuri  ikan kecap asin, garam, merica, dan mentega. Diamkan 20 menit. Setelah itu goreng sampai matang. 
  • Sipa dihidangkan dengan sambal kecap.

Thursday, December 12, 2013

PUDING ROTI.

Depok, Desember 2013

Puding panas ini kesukaan Abuknya Puti. Sensasi gurih dari mentega dan keju saiyaaaa suka. Sarapan setangkup puding ini, dilengkapi dengan MILO hangattt .....alamakkkk....cidapnya.

Puti kecil.....ngintil mulu nih ....." mau abuk ....mau...kuding ....mau kuding ....." Kita samaaaaa ya nak ,,,,,,mari duduk bersila..suap-suapan kuding dipagi hari. Bahagia itu sederhana ....dan indah.



PUDING ROTI

Bahan :
6 lembar roti tawar
750 ml susu cair
250 gr gula pasir
2 sdm mentega
2 sdm custard powder
2 sdm kismis ( rendam dengan air panas beberapa saat agar mekar )
1 sdt pasta vanilli
 200 gr keju parut
1 sachet susu bubuk
Garam secukupnya
1/2 sdt milk powder

Cara Membuat :
1. Didihkan mentega , sisihkan
2. Tata roti dalam loyang /piring tahan panas
3. Campur susu cair dan gula aduk sampai larut. Ambil beberapa sendok untuk melarutkan
tepung custard dan cucu bubuk. Lalu masukkan larutan tepung custard dan susu, vanili, kayu manis dan mentega leleh kedalam campuran susu aduk rata.
4. Ambil 500 ml campuran susu lalu tuang pelan-pelan sampai roti terendam. Lalu taburi
kismis.
5. Panggang secara Au Bain Marie selama 20 menit. Keluarkan dari oven lalu tuang sisa
susu yang 250 ml tadi. Panggang kurang lebih 20 menit lagi
6. Siap untuk dihidangkan.

(2hipt)


TUMIS RAINBOW

Depok, Desember 2013

Variasi menu buat si kecil ini gampang-gampang susah? Belum bisa makan yang pedes.  Pagi ini tumis rainbow aja ya ...selamat makan uni PUTI, yang lahap ya nak .....


Bahan :
200 gr udang
6 bh bakso ayam homemade (resep liat disini ) potong tipis
4 jagung muda potong sesuai selera
2 tomat hijau yang kecil
daun bawang
garam
400 ml kaldu ayam (resep liat disini )
1/2 bagian bawang bombay iris halus
1 bawang putih rajang halus
1 sdm margarine

Cara membuatnya
Panaskan margarine, tumis bawang bombay, bawang putih sampai wangi.

Tambahkan jangung aduk sebentar sampai agak layu. Masukkan udang dan bakso lalu tambahkan kaldu ayam.

Masak sampai mendidih lalu masukkan garam, gula, tomat dan daun seledri. Tunggu sebentar, Matikan api kompor

Tumis rainbow siap dihidangkan. (2 hipt)

PERKEDEL TAHU

Depok, Desember 2013

Tahu dan tempe selalu bergantian tersedia diatas meja makan. Sepertinya  belum sampai titik bosan untuk kedua “T” yang berbahan dasar kacang kedelai ini. Mulai dari digoreng, digulai, di pepes di rendang, kumplit sudah.

Hari ini pengen bikin perkedel dari tahu. Biasanya,  yang  sering  dibuat perkedel adalah kentang, tapi kali ini kita coba yang beda . Tahu juga enak lho dibikin perkedel,  rasanya lembut ,gurih dan maknyusss  pastinya  …. Cobain deh ….


Perkedel Tahu
Resep Sajian Sedap

Bahan-bahan
200 gram tahu putih, dihaluskan
100 gram daging giling
2 tangkai daun seledri, diiris halus
1 butir telur
1 sendok makan bawang merah goreng
minyak untuk menggoreng 
sedikit pala bubuk ( kalo suka )

Bumbu Halus :
2 butir bawang merah
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Pengolahan :
1.       Aduk rata tahu putih, daging giling, daun seledri, bumbu halus, dan telur.
2.      Tambahkan bawang merah goreng. Aduk rata. Ambil sedikit campuran tahu. Bentuk bulat pipih.
3.      Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.



Hasilnya memang  terbukti enak......(2hitp)

Wednesday, December 11, 2013

NASI - CHICKEN YAKINIKU

Depok, Desember 2013

Baru hari ke 3, sarapan ala restoranan, Abuk udah mulai binunnn ,,,, besok mau masak apa ? Nikmati ini dulu aja ya nak, besok dipikirin ntar mana tau di jalan dapet ide ,,,,



CHICKEN YAKINIKU – ala Hoka-Hoka Bento
Kolaborasi resep hoka-hoka bento dan blog cantik ini

Bahan :
- 250 gram dada ayam, potong dadu
- 1 butir bawang bombay, belah dua iris tipis
- 2 butir bawang putih cincang halus
- 2 ruas jahe parut ambil airnya ( dicincang halus juga bisa)
- 1-2 sdm sake ( saya skip) ganti dengan saus tiram
- 1 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk ( boleh di skip)
- 1 sendok makan soy sauce (saya menggunakan Kikoman, bisa digantikan dengan kecap asin)
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 bh paprika hijau iris kasar ( saya ganti daun bawang – stock paprika abisss)
- 200 ml air
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 2 sdt maizena, cairkan dengan sedikit air
- garam secukupnya karena udah ada kecap asin atau boleh di hilangkan

Cara membuat:

Lumuri  daging  ayam  dengan  semua bahan, kecuali  paprika, gula, kaldu bubuk &  maizena, diamkan selama 15-20 menit.

Siapkan pengorengan, panaskan minyak lalu tumis daging ayam sampai berubah warna, tambahkan 200 ml air, gula dan kaldu bubuk .Masak dengan api kecil sampai air agak menyusut. Lalu masukkan paprika.

Setelah paprika agak layu, ambil maizena kentalkan dengan beberapa sendok air, tambahkan ke tumisan ayam tadi. Tunggu sebentar, chicken yakiniku siap untuk dihidangkan.

*)Bahan acar wortel & lobak:

- 2 bh wortel, potong bentuk korek api 
- 5 lbr daun kol, buang tulang daun. Belah, iris spt wortel ( ngga pake kol , ganti timun aja)
- 2 sdm garam
- 1 sdm cuka
- 1-2 sdm gula pasir
- saus mayonnaise menurut selera
 
Cara Membuatnya

1.       Bagi garam menjadi 2 bagian, setiap bagian ditaburkan pd 1 macam  sayuran, remas2, biarkan 30 menit, cuci, tiriskan
2.      Campurkan wortel dan kol dalam mangkuk, beri gula & cuka,  aduk rata
3.      Beri saus mayonnaise sesaat sebelum dihidangkan.

Selamat makan anak-anakku.......(2hipt)





NASI UDANG- BAYAM KARI

Depok, Desember 2013

Request hari kedua,  sarapan pagi ala restoran . Menunya biasa saja, udang goreng, krupuk udang plus bayam kuah kari. Kalo model ini yang akan membuat selera makanmu  bertambah nak ......mari ibuk lakoni .....sembari terkantuk.com dan berfikir besok apalagiiiii menunya .......

Selamat makan anak-anakku



(2hipt)

Tuesday, December 10, 2013

TARUANG- IKAN GABUS balado hijau

Depok, desember 2013

Pernah ngga bunda makan ini .......rasanya....guri, pedes , enak gituuu


Mmmm masakan jadul yang satu ini , teteup disuka.

GODOK PISANG

Depok, desember 2013

Masih bermain dengan cemilan jadul . Godok ini cemilan jaman kecil sering dibikin  ibu dan nenek . Membuatnya sangat gampang.....hayuk dicoba ...


Godok Pisang, terbuat dari pisang matang yang dihancurkan lalu ditambakan terigu dan gula pasir . Setelah itu digoreng.

Teman ngeteh sore cucok sekali . (2hipt)

ASAM PADEH IKAN KEMBUNG

Depok, desember 2013


Olahan ikan ala resto padang ini sangat mengena di lidah, dan tanpa AMIS pastinya. Karena ayah paling ngga suka kalo masih tercium bau amis ikannya .

Mau tau resep dan cara mengolah ikannya ...yuk kita simak bersama yak



SAMBALADO HIJAU aka Sambal Ijo


Depok, desember 2013

Si hijau penggugah selera ini perlu sangadddddd, keika nafsu makan lari entah kemana. 

Mana sambal - mana sambal , butuhhhh ......


SAMBALADO HIJAU

Bahan ;
200 gr cabe hijau
8 siung bawang merah
2 siung bawang putih
6 tomat hijau
minyak goreng secukupnya
garam

Cara membuatnya :
Kukus cabe hijau, bawang putih, bawang merah dan tomat sampai matang. Angkat,
Giling kasar semua bahan .
Panaskan minyak goreng sampai hangat lalu siramkan ke cabe hijau yang sudah di tumbuk kasar tadi. Tambahkan garam . Aduk rata
Siap disajikan

selamat makan .... (2hipt)


N A S I SOSIS



Depok. desember 2013

Menu gerak cepat ini cocok banget buat yang telat bangun pagi ...tapi harus teteup nyiapin sarapan , Ngga harus mati gaya . Judulnya  , cepat, praktis dan mudah dalam proses pembuatan, dan yang teteup harus ENAK .....mari bertempur.....didapur




NASI  SOSIS

Nasi putih 1 - 2 tangkup
Tomat, timun, telor sebagai pelengkap

Bahan :
6 buah sosis
½ bagian bawang Bombay
1 bawang merah
1 bawang putih
4 sdm saus tomat homemade
½ sdt bayleaf
1 sdm margarine  
Air matang 100 ml
½ sdt gula
Garam
Daun bawang secukupnya

Cara Membuatnya :
Potong  sosis sesuai keinginan. Sisihkan.
Panaskan margarine, masukkan bawang merah, bawang putih tumis sampai wangi, tambahkan air dan saus tomat aduk rata.
Masukkan sosis, tunggu sekitar 5 menit, tambahkan bayleaf, bawang bombay, gula, garam dan daun bawang,  Masak hingga matang.
Siap disajikan (2hipt)

Selamat menikmati anak-anak.


Monday, December 9, 2013

DENDENG LAMBOK ala Abuk Puti


Depok. Desember 2013

Dendeng termasuk lauk favorite dirumah, ....dimasak Dendeng Lambok + disuapin pula sama Abuk ....waduh .... bisa nambah berkali kali ...yang nyuapain udah capek .... yang makan masih nganga ,,,,,wkwkwkkw


DENDENG LAMBOK ala Abuk Puti

Bahan :
500 gr daging has dalam potong tipis
1000 ml air kelapa
 250 ml Kaldu daging (ambil dari air rebusan daging )
Minyak goreng

Bumbu Halus
8 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdt ketumbar halus
1 cm jahe
1 sdt jeruk nipis
Garam

Bumbu Kasar
250 gr cabe merah giling kasar
1 buah bawang Bombay iris halus
1 sdt jeruk nipis

Cara Membuatnya
1.       Rebus daging dengan air kelapa + bumbu halus sampai empuk
2.      Setelah itu daging di tiriskan . Kalau mau pipih tipis, bisa dipukul-pukul sedikit.
3.      Panaskan minyak goreng daging  sebentar, tidak sampai garing, cukup sampai berubah warna sedikit saja. Lalu Angkat.
4.      Panaskan minyak , lalu goreng bawang bombay sampai harum, masukkan cabe giling kasar. Tunggu sampai bau langunya hilang, lalu tambahkan kaldu daging. dan air jeruk nipis . Masak sampai matang.
5.      Tata daging dendeng di piring saji lalu disiram dengan cabe merah .

6.      Siap untuk disantap. (2hipt)