Thursday, June 12, 2014

ES LILIN "LEMBUT " tak keras , Caranya ??


Depok, 2014


Ketika melihat es lilin ini, banyak yang berkomentar “ ..haaaa…jadi inget masa kecil” ada lagi yang bilang “ dulu sering bikin es ini “. Nah , ketahuan deh tuh si mami angkatan berapa ….wkwkwkkw. 

Walaupun dipacking sederhana, namun es unik ini ngangenin pada jaman dulu. Entah ngga ada jenis es lain atau benar-benar enak ya ? Yang pasti…meminumnya disaat cuaca panas adalah sesuatu binggitssss. Ada yang rasa sirup lemon, mangga, coklat, kacang hijau, ketan hitam, es buah, es teh dan banyak varian lainnya.

Jaman sekarang es seperti jarang sekali terlihat. Yang banyak hadir justru es krim dengan packing yang sudah rapi dan es yang creamy. Kalau es lilin memang cendrung lebih keras dibanding es krim yang dijual si supermarket. Salah satu penyebabnya adalah karena pemakaian  lebih dominan dibanding susu.

Terus bagaimana carannya membuat es lilin agar teksturnya tidak terlalu keras ?, contekan dari wisata.kompasiana.com berikut bisa menjadi jawaban bagi kita :


1. Penggunaan air yang terlalu banyak menyebabkan es mambo tidak lembut

2.Penggunaan susu [full cream atau skim] sebagai bahan dasar dapat membuat es mambo menjadi lebih creamy alias lembut

3.Bahan tambahan juga memainkan peranan penting dalam menentukan kelembutan es mambo. Bahan tambahan yang harus anda gunakan adalah stabilizer [pemantap nabati] seperti ; gelatin, CMC, guar gum, karagenan dsbnya. Kemudian ada juga emulsifier [pengemulsi nabati] seperti ; lesitin, GMS (gliseril mono stearat) dan kuning telur. Bahan-bahan ini semua bisa anda dapatkan di toko kimia atau toko bahan kue

4,Total pengguaan stabilizer dan emulsifier disarankan tidak lebih dari 2 % dari total berat adonan

5.Proses pembekuan juga amat berpengaruh terhadap kelembutan. Pembekuan yang terlalu lama karena suhu yang kurang rendah akan menyebabkan terjadinya pengkristalan

6. Es yang beku cair kemudian beku lagi akan menurunkan kelembutan. Dan jika terlalu banyak pengulangan beku cairnya maka es tidak akan lembut lagi. Hal ini biasanya disebabkan pemasukan bahan cair [aneka minuman atau es batu cair] kedalam freezer yang sudah ada es mambo bekunya.

CATATAN : Namun jika bunda tak ingin menggunakan bahan tambahan berupa emulsifier ataupun stabilizer dalam pembuatan es lilin, cara konvensional pun adalah pilihan yang terbaik. Tambahkan tepung maizena, tepung terigu atau tepung kanji yang sudah dilarutka dengan sedikit air ke dalam adonan es lilin, hasilnya es lilin bikinan ibu akan lembut.

Perbandingan penggunaan tepung adalah 3 sendok makan tepung untuk 1 liter adonan es lilin

Tak percaya ?? silakan dicoba …..

Penulis : Honesty Rasyid

 

1 comment:

Anisa Karindra said...

terima kasih sarannya. akan saya coba :)