Tuesday, February 10, 2009

PINDANG PATIN

Ikobana,

Pernah mencicipi pindang ikan patin wong Plembang ?... Yups, maknyusss.. tidak salah lagi, kuahnya yang asem dan seger membuat selera makan menaik tajam. Duri daging ikannya sedikit sehingga anak-anak mudah untuk mengkonsumsinya sendiri. Walau doyan sama masakan negeri jembatan ampera ini, tapi ndak pernah ingin mencoba memasaknya sendiri. Denger-denger cerita dari temen yang pernah masak, katanya kalo ngga pintar2 milih ikannya yang ada rasa tanah, bauk dsb. Jadi….ngga berani nih.

Ikan patin atau pangasius sp, adalah jenis ikan air tawar yang banyak diminati oleh penikmat ikan. Petani ikan senang membudidayakan ikan ini karena harga pasarnya yang tinggi dan biaya perawatannya tidak sulit dan rumit. Rahasia perawatnnya hanya terletak pada kualitas air dan cuaca. Ikan patin senang hidup di air mengalir dengan cuaca sedang dan sedikit curah hujannya.

Kali ini tidak berpanjang-panjang, secara kemaren ada yang protes…..” jangan panjang2 artikelnya uniiii “ . Mari kita berguru membuat pindang ikan patin aja dari suhunya. Kali ini menggunakan kesempatan call Mbak Yofie, minta bantuannya merayu mami mertua biar resep pindang ikan patin maknyuss....meluncur dengan mulus .


Ini dia hasil bocorannya, resep maminya mas Indra: (moga2 nga keliru ya...secara by phone....sembari mengandalkan chips yang udah tuwekkkk...tolong diedit ya teh.....)

Bahan:
1 kg ikan patin, potong & cuci bersih, lumuri air jeruk nipis dan garam
2 btg serai, memarkan
2 lbr daun salam
2 ruas jahe, memarkan
3 buah tomat hijau potong jadi 4
2 ruas lengkuas memarkan
5 bawang putih, 5 bawang putih dan ½ bagian bawang bombay (rajang)
1 sendok cabai merah gilling
25 gr daun kemangi ( kemaren ngga pake....ngga ada soale)
1/4 bagian nanas muda utuh (potong kecil )
2 lbr daun jeruk
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara Membuat:
Tumis bawang merah, bawang putih, bombay, semua daun, jahe, lengkuas dan cabai giling sampai harum. Lalu tuang air secukupnya, biarkan sampai mendidih. Masukkan ikan patin rebus kembali sampai mendidih. Kecilkan api lalu masukkan nanas, tomat, garam dan sedikit gula. Masak hingga matang.

Ikan patin ini memang enaknya dipindang, digulai atau disop, kalau digoreng syusyah garingnya begitu katanya.... ( lom pernah nyoba ngoreng nih masalahnya). Trus pindangnya gimana ??? ....Enak...maknyussss...segerrr. Hari ini lagi beruntung....dapat ikan patin yang segar dan ngga pake bau. Imam suka banget....secara lagi sakit tapi makanya minta nambah,..... alhamdulillah (ketularan ama umi gembul kali nih....!!! ) - (2hit)

3 comments:

BIKIN GITAR said...

menuju dapur....!!! coba coba

chrysanthemum said...

MAKASIH UNTUK RESEPNYA..! WAJIB DICOBA INI!

** Dapur Ikobana ** said...

BIKIN GITAR : hayo dicoba

CRYSAN: sama2 silakan ..