Wednesday, November 27, 2013

SALA LAUAK

Depok, November 2013



Si bola kuning imut ini adalah salah satu pesona yang ditawarkan kuliner minang kepada para pemburu makanan.  “Sala Lauak”, penganan  khas dari daerah pariaman. Terbuat dari campuran tepung beras, cabe, daun bawang, ikan asin atau udang dan irisan daun kunyit yang memberikan aroma harum mengundang selera. 

Banyak yang mencoba membuat sala lauak ini, namun keistimewaan sala lauak yang dibuat oleh orang asli pariaman ini tetap tiada duanya, karena dominasi rasa ikannya yang maknyuss dan saat gigitan pertama pun …krukkkk…., wuihhh gurih ikannya terasa poollllll.


Ingat pertama kali melihat makanan ini tahun 1988  di dalam mobil umum perjalanan Padang Bukittinggi. Saat sampai di daerah Sicincin-Pariaman biasanya mobil yang ditumpangi akan berhenti sebentar . Para penjaja makanan berebutan naik ke mobil menawarkan berbagai macam makanan, pisang rebus, kacang rebus, tebu, telor asin dan sala lauak. 

Biasanya moment ini  bagi penumpang yang lagi kelaparan ( memang rata-rata penumpangnya mahasiswa  apalagi dihari jumat dan sabtu sore. )  Lumayanlah makanan ini bisa membunuh rasa jenuh diperjalanan selama +/- 2 jam atau menganjal perut yang sedang keroncongan .....wkwkwkwkwkwk. kasihannnnnn




Penasaran sama si bola kuning ini, ....ini resepnya sajian sedap,.

Bahan-bahan:

125 gram tepung beras
15 gram rebon, direndam air panas, tiriskan (bisa diganti ikan teri yang ditumbuk kasar dan tidak terlalu asin
1 lembar daun kunyit, diiris halus
1/2 sendok teh garam
180 ml air mendidih

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah
1 cm kunyit
1 cm lengkuas


Cara Pengolahan :
1.       Campurkan tepung beras dan bumbu halus. Sangrai 15 menit hingga kekuningan. Angkat.
2.      Tambahkan rebon, daun kunyit, garam, dan air mendidih. Aduk rata sampai dapat dibentuk.
3.      Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat. Goreng hingga kuning kecokelatan dan matang.

Untuk 15 buah



No comments: