Wednesday, April 30, 2014

SAYAP AYAM MANIS GURIH

Depok, April 2014

Nyaris hampir pasti ...ini sepertinya hari terakhir memasak chicken wings karena mendapat kiriman artikel dari seorang teman tentang  wing dan paha ayam . Sangat mudah sipahami dan masuk akal. Atau sementara mending berhenti dulu sampai dapat ayam yang tanpa suntikan ..... 

Padahal krucil dirumah sangat menggemari camilan ayam yang satu ini. Sabar ya sayang iu akan cari solusi buat kalian . Ini yang terakshir silakan disantap dengan penuh makna .... hay ..hay ....


Fried Chicken Wings

Bahan:
- 500 gram chicken wings

Bumbu:
- 5 butir bawang putih dihaluskan
- 1 1/2 sendok makan tepung maizena
- 2 1/2  sendok makan madu
- 2 sendok makan kecap manis
- 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok teh merica hitam butiran tumbuk kasar
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kunyit bubuk (2 ruas kunyit segar)
- 2 sendok teh ketumbar bubuk
- 1 ruas jahe, diparut
- 1/2 sendok teh garam
- 200 ml air

Note: jika tidak ada bumbu dalam bentuk bubuk anda bisa menggunakan bumbu segar yang dihaluskan jadi satu.  
Siapkan sayap ayam, potong di sela sendi sayap menjadi dua bagian. Buang bagian ujung sayap. Beri 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis, remas-remas hingga sayap menjadi kesat dan bersih. Cuci bersih dan tiriskan hingga air benar-benar habis.

Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu, aduk hingga rata. Cicipi bumbu, jika kurang asin tambahkan garam. Masukkan potongan sayap ayam ke dalam bumbu. Aduk hingga semua bumbu melumuri permukaan sayap ayam. Tutup mangkuk dengan plastic wrap dan simpan di kulkas minimal 2 jam paling bagus selama semalam.

Siapkan wajan, masukkan sayap ayam berbumbu ke dalamnya. Tambahkan air, masak dengan api sedang  sambil diaduk-aduk hingga air habis. 

Siapkan wajan, masukkan minyak agak banyak. Goreng sayap ayam hingga matangkecoklatan. Angkat dan tiriskan kelebihan minyak dengan meletakkanya di atas tissue dapur. Sayap ayam siap disantap dengan saus sambal botolan. Yummy!
Ditulis oleh : Honesty

sumber :
www.justtryandtaste.com/2013/01/fried-chicken-wings-camilan-yang-tak.html

GULAI PUTIH JANTUNG PISANG

Depok, April 2014

Kita sering makan pisang sebagai hidangan pencuci mulut atau membuatnya jadi cake, lepet ataupun kolak. Jarang sekali terpikir, kalau jantung pisang yang bakal calon buah pisang itupun enak, jika kita pintar mengolahnya sehingga menjadi makanan yang nikmat, sebut saja lalap jantung pisang, gulai putih jantung pisang , tumis pedes dan sebagai salah satu jenis sayuran di dalam pecel....mmm maknyuss

Penasaran ? ...bentuknya seperti foto dibawah ini : 

                                                                                                                                                          foto : manfaattumbuhanbuah.blogspot.com

Nampaknya orang-orang  kurang berminat mengkonsumsi  jantung pisang ini. Barangkali karena harganya yang murah jadi ngga elite begitu kali yak ...hehehe . Orang jawa menyebutnya dengan "tuntut gedhang", padahal  banyak lho manfaatnya diantaranya:

1. Jantung pisang banyak mengandung mengandung fosfor, kalsium, vitamin C, mineral dan vitamin B1
2. Karena sedikit mangendung lemak, jantung pisang sangat bagus untuk yang sedang berdiet dan aman bagi penderita diabetes
3. Pencernaan menjai lebih stabil karena bisa membantu usus untuk bergerak lebih stabil
4. Membantu tuuh untuk mengeluarkan kolesterol dari tubuhyang akan dibuang melalui buang air besar
5. Bisa mengurangi dampak sakit jantung dan stroke

GULAI PUTIH JANTUNG PISANG
resep dapur ikobana

Bahan :
1 buah jantung pisang ukuran sedang
500 ml santan kental
400 ml air matang ( secukupnya)
1/2 buah bawang bombai rajang halus
2 siung bawang merah iris halus
1 siung bawang putih iris halus
1 lbr daun salam
1 btg serei - digeprek
2 lembar lbr daun jeruk
3 buah cabe rawit merah
2 cm jahe potong kasar
1 cm lengkuas - geprek
minyak secukupnya
garam secukupya

Cara Membuatnya: 
- Panaskan air sampai mendidih. Belah  jantung pisang  jd 4 bagian  kemudian siram dengan air mendidih untuk menghilangkan getahnya.
-Panaskan pengorengan tuang minyak lalu tumis semua bumbu sampai harum, lalu tambahkan air dan santan.
- Tunggu sampai sedikit hangat santannya lalu masukkan jantung pisang, masak sampai mendidih dan jantung pisang empuk . lalu tambahkan cabe rawit dan garam. 
- Kecilkan api kompor, tunggu sekitar 5 menit, setelah itu  gulai sudah bisa dihidangkan
disantap dengan nasi hangat ...nyam -nyam sedapnya.
selamat mencoba

ditulis oleh : honesty

sumber :
manfaattumbuhanbuah.blogspot.com
mywapblog.com

Tuesday, April 29, 2014

CUMI KERITING

Depok, april 2014


Requestnya cumi keriting ...... tapi kok ngga kriwil-kriwil yak .....salahnya dimana nih .
cek - cek 
- expired tepung
- kepanasan minya saat mengoreng
- komposisi bahan
- suhu air


Pusyinggg ...ach ...keburu laper inih mikirin si cumi kok ngga keriting .....apa tadi resepnya yang kepake rebonding kali yak ...kwkwkwkkwkw


Selamat makan anak -anak ...lahap juga .....

Selamat menikmati ....

ditulis oleh : honesty

BUAH SEGAR

Depok, April 2014

Menu makan malam buah segar .....ceritanya mau diet. Tapi saya tidak begitu yakin apa perut tipikal melayu ini sanggup bertahan sampai pagi dengan potongan2 buah ini. Kita lihat saja nanti .....

Mantapkan fikiran ...kenyang ...kenyang .... minum air putih sebanyak -banyaknya.

Selamat mencoba jugaaaaa .

Ditulis oleh : honesty


Monday, April 28, 2014

KANGKUNG SEAFOOD

Depok, April 2014

                                                                                                                                              http://id.wikipedia.org/wiki/Kangkung

Hah ...sayur murah meriah ini .....dimakan hangat-hangat, sambel + ikan asin...nyam ..nyam .. nikmatnya. Tak terkalahkan ...walaupun murah namun penggugah selera

Saya tak akan bertanya apa Anda kenal atau tidak dengan sayuran ini..... saya yakin semua pasti sudah pernah mencicipinya. Dulu waktu masih SMA .... orang2 sering bilang ...jangan makan kangkung kalau lagi musim ujian .... ntar suka mengantuk .....apa iyaaaa ???

Mari kita simak beberapa manfaat dari daun kangkung seperti yang dilansir di manfaatdaunobat.blogspot.com diantaranya :


Berikut ini adalah beberapa manfaat khasiat kangkung untuk kesehatan tubuh manusia untuk dijadikan herbal atau obat tradisional serta cara meramunya.
  • Mengobati mimisan: Ambil seikat daun kangkung, cuci kemudian ditumbuk sampai halus, tambahkan sedikit gula, lalu seduh dengan satu air panas, setelah dingin saring dan minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.
  • Mengobati sakit kepala: Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas, kemudian minumlah hasil air rebusan tersebut.
  • Mengurangi nyeri haid: Siapkan kira-kira setengah kg daun kangkung, kemudian ditumbuk sampai halus tambahkan air setengah gelas, kemudian saring dan tambahkan satu sendok makan madu. Minum satu kali sehari.
  • Mengobati ambeien: Siapkan segenggam akar kangkung, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.
  • Mengatasi insomnia: Bagi anda yang susah tidur malam,  segeralah makan daun kangkung yang ditumis tanpa batang, cara ini sangat mujarab bagi penyakit tersebut.
  • Mengobati sakit gigi: Siapkan segenggam akar kangkung tambah cuka sebanyak setengah sendok teh, kemudian rebus dengan air sebanyak 1 gelas .Minum air rebusan tersebut 1 kali sehari.
  • Melancarkan buang air kecil: Ambil segenggam akar kangkung, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut satu kali sehari.
  • Menghilangkan ketombe: Ambil seikat daun kangkung, lalu rendam dengan air secukupnya selama satu malam, gunakan air tesebut untuk keramas ketika lagi mandi, sebaiknya dilakukan setiap hari.
  • Mengatasi sembelit dan mual pada ibu hamil: Ibu hamil dianjurkan untuk sering mengonsumsi tumisan sayur kangkung, karena banyak mengandung vitamin untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan.
  • Mengobati kulit yang gatal karena eksim: Ambil daun kangkung yang segar, lalu direbus dengan air secukupnya selama 5 menit, setelah hangat pakai air rebusan  tersebut untuk mencuci bagian yang terkena eksim, lakukan setiap hari hingga sembuh.
  • Mengatasi gusi bengkak: Ambil 200 gr akar kangkung yang dicuci bersih, tambahkan 200cc cuka, rebus dengan dengan air sebanyak 200cc. Air rebusan tersebut dapat digunakan untuk berkumur, lakukan setiap hari higga sembuh.
  • Menghilangkan kapalan: Bagian kulit yang menebal dapat dihilangkan dengan mengoleskan getah kangkung dan lakukan setiap hari.


Rupanya banyak sekali manfaat sayur kangkung ini , dan tak ada salahnya jika sayur ini selalu masuk dalam catatan belanjaan mingguan. Ngomongin kangkung jadi laper .... yuk periksa -periksa isi kulkas .... Ahaaaaa ini dia

KANGKUNG SEAFOOD
Resep Dapur Ikobana

Bahan:
1 ikat besar kangkung - potong dan bersihkan
200 gr cumi potong-potong melingkar
1/2 buah bawang bombay potong potong
2 buah bawang merah iris halus
1 buah bawang putih iris halus
1/2 sdt kecap inggris
1/2 sdt saus tiram
1/2 sdt gula pasir
cabe rawit merah secukupnya
garam secukupnya
Minyak secukupnya

Cara Membuatnya :
1. Panaskan minyak. lalu tumis bawang bombay. bawang merah dan putih sampai wangi. Kemudian masukkan cumi potong. aduk rata . 

2. Masak cumi sampai 1/2 matang. lalu masukkan kangkung. tunggu sampai agak layu. Masukkan kecap inggris, saus tiram, gula dan garam. Lalu tuang sedikit air

3. Tunggu sebentar. lalu angkat. Siap dimakan disaat hangat. 

Kalau saya lebih suka kangkungnya tidak terlalu matang . Sensasi krenyes...krenyes..kangkung setengah matang itu rasanya beda ......segarrr . Bagaimana dengan bunda ??

Ditulis oleh : honesty 

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Kangkung
http://manfaatdaunobat.blogspot.com/2013/06/manfaat-dan-khasiat-kangkung-untuk.html







PUDING GULA MERAH

Depok, April 2014


Membuat puding ini ingat nostalgia jaman kecil dulu . Ini puding andalan. Pertama karena bahan2nya murah dan mudah didapat terus cara membuatnya pun gampang . Almarhumah ibu suka sekali membuat puding ini dan ngga menunggu hitungan waktu .....cepet ludesnya ...pertama karena enak ...kedua ..emany yang makannya banyakkkk orang .....hahahaha. Happy rasanya mengingat masa-masa itu .

Trus, si ayah juga request...puding santan yang katanya si mama suka bikin ketika mereka masih di bukittinggi . Setalah ngobrol-ngobrol, taunya puding yang kami maksud sama ..... haiyahhhhhhh ....mari kita terjun ke dapur ..segeraaaaaaaaa


Puding Gula Merah
resep dapur ikobana

Bahan :

1 bungkus agar-agar ( 7 gr ) 
500 ml santan kental
400 ml air matang
200 gr gula merah  ( sisir)
2 sdm gula pasir
1 lembar daun pandan
1 cm kayu manis
garam secukupnya

Cara Membuatnya :
-campur semua bahan hingga tercampur rata. kecuali agar2 sisihkan
-ambil 3 sdm adonan untuk melarutkan agar2 lalu masukkan kembali kedamam adonan
- masak sampai mendidih . Angkat lalu buang kulit manis batangan tadi
- masukkan adonan ke dalam cetakan  - dinginkan
- Setelah dingin,  masukkan dalam cetakan. Tunggu beberapa saat sebelum di masukkan  ke dalam lemari es . 
- Puding dingin akan lebih terasa segarrrrrrr .....

Rasanya,,,,bener2 seger dan mantap ...ngga percaya ?? .... silakan dicoba

Selamat mencoba ...para ibu.....

Ditulis oleh : Honesty

UDANG SAUS PADANG PETAI

Depok, 28 April 2014

Bermain dengan udang ini memang tak ada matinya. Cari-cari ide....nemunya seperti ini dikombinasi dengan PETAI yang sarat akan gizi. Secara tuan rumah doyan Pete......kita kombinasikan tak ada salahnya bukan .....


UDANG SAUS PADANG
dapurresep.com ( modifikasi  oleh dapur ikobana)
BAHAN :
- ½ Kg udang segar (cuci bersih)
- 3 siung bawang meras (diiris)
- 3 Sdm Kecap manis
- 2 siung bawang putih
- 2 Sdm mentega
- 1 Sdm saus tiram
- ½ siung bawang bombay ( iris tipis)
- ½ Sdt merica
- 2 papan petai kupas  ( tambahkan  )
- 1 buah tomat merah potong kecil ( saya tambahkan )
- 2 sdm saus tomat homemade (tambahkan)
- 1 lbr daun salam + 1 serai ( tambahkan) 
- Minyak goreng secukupnya
- Bumbu penyedap rasa ( skip, ganti gula pasir)
- Garam secukupnta
Cara Pembuatannya
- Bersihkan udang dengan air bersih, potonglah ujung kepalanya dan sisihkan
- Bawang putih dan bawang merah disatukan. Setelah itu digiling halus gunakan blender
- Ambillah wajan. Setelah itu masukkan minyak goreng. Masukkan juga mentega dan bumbu yang tadi telah dihaluskan serta tumis bombay dan daun-daunan,
- Nyalakan api setengah membesar, masukkan udang
- Taburkan kecap, garam secukupnya, gula, petai, tomat  dan saus tiram. Aduklah hingga rata dan gorenglah hingga udang kelihatan berubah warna/matang lalu tambahkan saus tomat instant.
- Angkat dan makananpun sudah siap anda hidangkan.

ALPUKAT MENTEGA + MADU

Depok, 28 April 2014

Ilustrasi alpukat. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Valentyn Volkov

Semua pasti tau dan pernah makan buah yang berasal dari negara meksiko ini , kecuali bagi yang tidak suka atau tak mau gemuk. Konon kabarnya jika anda ingin menambah berat badan, makan buah ini secara teratur setiap hari, sehingga berat badan akan bertambah dengan cepat .... waouuuu cocok bangetttt nih dengan program tambah berat badan.

Buah ini berdaging tebal, rasanya lezat atau lebih tepat dibilang pulen. Biasanya saya mengkonsumsinya dengan menambahkan gula atau susu. Atau membuatnya sebagai juice...hmmm mantappp. Tapi kali ini beda, dengan menambahkan madu + 1 sendok air jeruk lemon, wouww sensasinya jadi beda. Manis-manis jambu kalo kata orang betawi, perasan air jeruk lemonnya membuat avocado ini terasa segarrr.



Banyak manfaat serta kandungan nutrisi yang dapat kita ambil dari sebuah buah alpukat  selain vitamin E (enak ) ...heheh...diantaranya:

a. Menurunkan kolesterol
Menurunkan LDL alias kolesterol jahat dan membantu menaikkan jumlah kolesterol HDL (kolesterol yang baik )

b. Tekanan Darah
Zat potasium dalam alpukat membantu menurunkan sekaligus mengontrol tekanan darah

c. Mengontrol Gula Darah
Lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) yang dikadung oleh alpukat membantu mengatasi resistensi insulin dan mengontrol tingkat gula dalam darah.

d. Melindungi dari kanker
Dengan pemberian  makan ekstrak alpukat pada hewan penelitian bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut.  Penelitian pada manusia masih dalam pemikiran.


e. Mencegah peradangan
Alpukat bermanfaat untuk mencegah resiko  penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

f. Meningkatkan berat badan
Mengkonsumsi alpukat  secara teratur bisa meningkatkan berat badan karena mengandung kalori  dan nutrisi yang membantu untuk program pengemukkan. Wah ,,,,, ini program saya bangetttt inih.  Mantappppp.......

g. Menyehatkan kulit dan rambut

Vitamin E yang dikandung buah alpukat melindungi  kulit  dari radiasi berbahaya sinar matahari. Selain itu alpukat juga membuat rambut indah dan sehat.

h. Gizi untuk ibu hamil
Asam folat yang dikandung alpukat sangat bagus untuk ibu hamil, dengan mengkonsumsi alpukat jabang bayi akan terhindar dari kerusakan sum-su tulang belakang dan cacat otak
Manfaat Alpukat lain bisa dibaca di DI SINI...... 

Disamping daging buahnya, rupanya biji sibuah seksi ini  bisa digunakan sebagai pewarna pakaian yang tidak mudah luntur. Sedangkan kulit pohonnya diolah untuk dijadikan pewarna coklat untuk produk dari bahan kulit. Batang pohon alpukat  biasanya digunakan untuk kayu bakar. Tidak itu saja, daun alpukatpun berfungsi untuk kencing batu, darag tinggi,, sakit kepala, nyeri syaraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dankencing manis.
Sumber :
wikipedia.org
http://www.merdeka.com/sehat/7-manfaat-kesehatan-buah-alpukat.html

Sunday, April 27, 2014

BUBUR KACANG IJO

Depok, April 2014

bubur kacang ...bubur kacang ..... 

Ditemani 1 gelas teh manis ..

Selamat menikmati 

TIPS MEMILIH IKAN SEGAR

Depok, April 2014

Cara menghilangka bau amis pada ikan udah tau ,,,,,liat 



                                                                                      foto : http://img.antaranews.com


Untuk mendapatkan olahan ikan yang menggugah selera, tidak hanya bau amis ikan saja yang harus diperhatikan, yang tak kalah penting adalah pemilihan bahan baku yang segar ditunjang lagi dengan  keahlian dalam mengolah bahan dasar tersebut agar tercipta hidangan yang lezat  dan bergizi.
Penasaran juga  bagaimana cara memilih  ikan yang segar dan  layak konsumsi, simak tips berikut :
1.       Tekan bagian dagingnya  jika membal, ini artinya ikan  masih bagus. Jika  daging tidak kembali pada bentuk semula, berarti daging ikan  sudah mulai membengkak karena sudah lama berada di udara bebas.
2.      Ikan yang segar matanya bening (tidak kabur). Mata menonjol dan cembung. Perhatikan  jika ikan mempunyai sisik, pilihlah yang sisiknya lekat  dan masih mengkilap.
3.      Cermati warna insang ikan. Ikan segar  warna insangnya  terlihat merah segar ,cerah dan terang.  Aromanya pun segar  cenderung agak sedikit anyir. Perhatikan juga bagian belakang insang, bisa jadi bagian depan insang yang berwarna merah itu karena tipuan pewarna, sementara insang bagian dalam sudah berwarna coklat kehitaman.
4.      Ikan yang segar  akan beraroma sedikit anyir. Apabila terhirup bau amis cendrung busuk sudah dipastikan ikan tersebut sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi
5.      Saat dipotong, ikan yang sudah tidak segar  lagi biasanya berlendir, dagingnya rapuh, berbau  dan dagingnya mudah robek
6.      Kita tidak bisa lepas dari lendir jika berbicara  ikan segar.  Lendir ikan segar akan kelihatan cemerlang, transparan dan homogen. Apabila sudah berwarna putih susu atau kekuningan artinya ikan sudah tidak segar lagi
7.      Teliti juga dengan bentuk sisik ikan. Jika sisik masih melekat kuat, berlendir dan mengkilat, itu artinya ikan masih segar. Dan sisiknya pun tidak banyak yang hilang /lepas
8.      Sirip ikan segar akan tampak kuat dan tidak mudah patah
9.      Ikan dengan kondisi isi perut yang sudah terburai berarti sudah rusak dan tidak segar lagi.
10.  Warna kulit ikan terang dan cerah.


Saturday, April 26, 2014

CARA MENGHILANGKAN BAU AMIS PADA IKAN

Depok, April 2014

" Nenek moyang ku seorang pelaut..
   gemar mengarung luas samudra
   menerjang ombak tiada takut
   menempuh badai sudah biasa "

Begitu sepenggalan lagu yang sering terdengar duluuuuu ...diacara bina vokalia bersama alm bapak Pranadjaya.  Kenapa itu lagu ada ...pastilah karena hampir 3/4 wilayahnya terdiri dari lautan , dan sudah dapat dipastikan kalau negaraku ini kaya akan hasil laut, salah satunya d adalah ikan laut dan para kerabatnya.

Dan hampir  bisa  dipastikan pula bahwa  sebagian besar orang  menyukai menu olahan dari ikan. Alasan utama karena ikan mengandung protein yang sangat tinggi, mudah dicerna  dan  sangat bagus dikonsumsi pada masa pertumbuhan. Makanya ikan disebut sebagai makanan kecerdasan. Selenium—sejenis mineral -- yang teterkandung  didalam tubuh ikan bekerjasama dengan dengan vitamin E akan berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Disamping itu  juga berfungsi untuk mempertahankan elastisitas jaringan. Jika kita kekurangan zat ini dalam tubuh, kemungkinan besar  premature aging akan menimpa, keadaan dimana seseorang kelihatan lebih tua dari umurnya. Jadi jika anda ingin awet muda konsumsi lah ikan secara teratur.

                                       foto: www.okefood.com

Tapi bagi sebagian orang menolak mengkonsumsi ikan dengan berbagai alasan seperti bau amis dan banyaknya tulang-tulang halus dalam daging ikan sehingga orang malas untuk menikmatinya. Bagaimana  caranya agar orang tidak dengan mudah menolak makanan yang kaya gizi ini ?  Susah susah gampang sepertinya, namun untuk mengantisipasi bau amis pada ikan, mari kita coba gunakan  jurus jitu berikut :

                                                                                     foto : kokikutv.fimela.com


1.       Gunakan Garam dan Air Jeruk
Perlakuan standar pertama adalah, cuci ikan di air mengalir. Bilaslah ikan dengan bersih sampai ke sela-sela terdalam karena ada kotoran hitam yang terdapat  dibawah kepala ikan tersebut yang menjadi  sumber bau amis.

Setelah ikan bersih, lumuri dengan garam dan tambahkan  air jeruk nipis/jeruk lemon, olesi sampai rata.  Untuk 1 kg ikan laut dibutuhkan 3-4 sdm air jeruk lemon . Sementara untuk ikan airtawar dibutuhkan 2 sdm air jeruk. Setelah itu ikan dicuci kembali . Lakukan hal yang sama sebanyak 3 kali. Terakhir, setelah dilumuri  garam dan jeruk nipis diamkan selama 20 menit , lalu dicuci bersih lagi sebelum diolah.

Penggunaan garam bertujuan agar minyak ikan yang berbau amis yang masih menempel dapat keluar melalui bantuan garam.  Apabila Anda penderita darah tinggi atau sedang menjalani diet rendah garam, pemakaian garam dapat dihilangkan. Penggunaan air jeruk lemon disamping menghilangkan bau amis juga berfungsi menurunkan   kadar asin  yang dikandung ikan disamping itu juga agar ikan masih dalam kondisi segar saat memasaknya

2.      Sabun anti bakteri
Lakukan pencucian standar seperti pada poin pertama. Setelah itu ikan di cuci menggunakan sabun anti bakteri . Kelebihannya menggunakan sabun anti bakteri,  ikan tidak cepat membusuk  dan terlindung dari bakteri .

3.      Cuka
Setelah ikan dicuci bersih, rendamlah  dengan air cuka selama 30 menit sebelum diolah. Cairan cuka menjaga agar ikan tidak bebrbau amis pada masa tunggu sebelum dimasak

4.      Asam Jawa
Setalah ikan dicuci bersih, rendam ikan dengan air asam jawa pekat selama lebih kurang 1 jam. Setelah itu dibilas kembali dan ikan siap digunakan

5.      Tepung terigu
Terigu selama ini hanya kita kenal sebagai bahan utama pembuatan cake dan kue kecil . Rupanya terigu bisa menghilangkan bau amis juga . Cuci bersih ikan lalu baluri dengan tepung terigu, diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci bersih. Ulangi cara ini sampai 3 kali.  Cara begini  tidak terlalu populer karena dinilai agak boros dan mahal.

6.      Daun serai dan asam jawa
Remas daun serai dan asam jawa  lalu  balurkan pada ikan  yang sudah dicuci bersih, diamkan selama 20 menit setelah itu cuci bersih kembali sebelum di olah.

7.      Jahe dan bawang putih
Untuk menghilangkan bau amis, ikan yang sudah dibersihkan direbus sebentar dengan potongan jahe. Atau dengan cara kedua, bawang putih dan jahe dirajang halus. Lalu lumuri  ikan dengan ranjangan ini sampai ke sisi ikan yang terdalam. Tunggu sekitar 15 menit setelah itu ikan dibersihkan kembali

8.     Gula pasir
Cara yang paling simpel adalah dengan menaburkan ikan dengan gula pasir. Diamkan sebentar dan setalah itu cuci bersih. Ikan siap untuk diolah sesuai dengan selera.

9.      Mentimun
Untuk jenis belut, cumi dan gurita penggunaan mentimun bisa lebih maksimal untuk menghilangkan bau amis . Bersihkan belut, cumi ataupun gurita sampai bersih setelah itu beri  parutan buah mentimun sembari di remas-remas. Diamkan sekitar  20 menit. Setelah itu dicuci lagi sampai bersih dan siap untuk diolah sesuai keinginan.

10.   Susu segar
Barangkali  cara ini jarang dilakukan, namun penggunaan susu segar bisa membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Rendamlah  ikan selama 15-20 menit dengan susu segar sehingaa bau amis berkurang . Setelah itu cuci bersih . Seperti halnya tepung terigu, cara ini juga dinilai mahal, sehingga tak begitu dikenal.

11.   Tisu Dapur

Selain cara diatas, untuk lebih menyakinkan  apakah ikan yang dicuci benar-benar tak berbau amis, gunakan tisu dapur untuk menyerap/mengeringkan air yang berbau yang  menempel pada ikan.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk membersihkan dan mengangkat bau amis pada ikan, cara termudah dan termurah lah yang asyikk untuk dipilih. Karena tidak berbiaya besar alias mahal.

Nah sekarang sudah tau caranya bukan ...silakan diuji ilmu yang sudah didapat ...happy hunting ikan segar . Bagaimana pengalamannya ?? silakan berbagi disini ya...ditunggu ,,, moment2 mendebarkan bersama ikan .


Sumber : 
h     -  http://www.okefood.com 
h     -  http://www.menshealth.co.id









                                                                                    

MOZZA PILLOW-2



Depok, April 2014

Lagi ketagihan keju mozzarella. Jangan berfikir MAHAL dulu ya .......keju Mozzaretrie from depok ini ngga kalah rasanya dibanding keju yang berasal dari belahan dunia sana .....

Kedua kalinya membuat mozza pillow ini.....rasanya nagih. Keju mozza didalamnya meleleh..dan alot kenyal ,,,,, semakin panas semakin HOT dan menggigit. 

Cara membuatnya dan bahanpun nyaris hampir sama dengan mozza pillow yang pertama lihat SINI, sedikit penambahan beberapa bahan pada mozza pillow 2 sehingga rasanya lebih rich .....

                                                                                             foto dok pribadi


BAHAN:
8 lembar roti tawar 
Keju Mozzaretrie
2 butir telur
sedikit air
tepung roti
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
minyak secukupnya



                                                                                                         foto dok pribadi

CARA MEMBUATNYA :
Ambil 1 lembar roti tawar potong jadi 2 bagian
- ambi 1 bagian , Isi dengan 1 potongan keju Moza, lipat dua.
- kocok lepas telur lalu tambahkan oregano bubuk. aduk rata
- celupkan roti ke dalam telur lalu gulingkan diatas tepung panir. lakukan 2 x hingga rata
- lakukan sampai roti habis
- diamkan di kulkas selama 2 jam  setelah itu baru digoreng dengan api kecil sampai berwarna kunig keemasan