Tuesday, June 10, 2014

ES LILIN - ES MAMBO atau ES GANEFO ?

Depok, Juni 20014

Ada yang menyebutnya es lilin , es mambo, es ganefo, atau mungkin ada sebutan lain . Ada rasa coklat, syrop mangga, kacang hijau, ketan hitam, es teh, mocca, es buah, rasa strawberry dan banyak varian lain. Entah apa dasarnya yang ada dibenak saya bahwa es lilin itu pake tangkai sedangkan es mambo pake plastic yang di ikat dengan karet atau disimpulkan salah satu ujungnya ……padahal tak selamanya begitu bukan ??


Yang pasti, masa-masa kecil dulu itu bisa menikmati es ini adalah suatu kebahagian tersendiri. Sampai mencuri-curi waktu agar bisa menikmatinya. Paling hanya disekolah atau saat istirahat mengaji di musholla. Jika sedang berada di rumah jangan harap bisa dapat uang jajan untuk jajan es ini . Kenapa ? Karena selalu setelah makan es yang dijual abang-abang ini, alamat besok paginya demam ataupun sakit tenggorokan disertai batuk. Ibu saya sudah hafal kelakuan bocahnya ini. Sebenarnya ingin makan es krim tapi jaman saya dulu es krim masih jarang sekali ditemui kecuali di toko-toko besar, itupun hanya ada woody ice cream.  Beda sekarang, dimana-mana ada gerai ice cream tinggal pilih mau kualitas apa.


Sejarah rupanya berulang. Anak-anak saya juga begitu. Jika mengkonsumsi es mambo , entah itu disekolah, atau dilapangan selagi main bersama temannya, sudah dapat dipastikan setelah itu pasti panas dan radang tenggorokan . Es mambo/lilin seharga 1000 – 2000 rupiah ini bisa mengantarkan saya dan menggeruk kocek sampai ratusan ribu untuk berobat ke dokter.

Larangan maupun punishment pun sudah diberlakukan tapi dasar anak-anak ,,,,,teteup saja berdalih lupa…”.abisnya kehausan  bu, abis main bola “. Berlama- lama dengan kondisi seperti ini tak kunjung mendapatkan penyelesaian, jalan satu2nya adalah saya harus membuatnya sendiri dengan bahan pilihan, proses pembuatan yang higienis dan tanpa bahan pengawet pastinya.

Es lin sehat dari dapur ibu pun tak kalah enaknya dibanding yang dijual abang-abang itu. Malah kalo kata anak-anak saya lebih terasa dan tidak bikin tenggorokan perih …..nah lho ….saya curiga dengan gula yang dipakai oleh para penjual itu ….Ayo tunggu apalagi mari bikin es sendiri.

Terus bagaimana caranya ? mari kita coba resep dari caragini.blogspot.com dibawah ini:
Bahan :
- Susu bubuk 100 gr
- 6 lembar daun pandan
- 3 liter air mineral
- 1 liter santan kelapa
- 1 ons gula pasir
- Perisa strawberry, mangga, anggur, dan cokelat. (atau sesuai selera)
- Plastik berbentuk lonjong dan tusuk sate yang dipotong-potong lebih pendek.

 Cara membuat es lilin :
1. Campur air dan gula, rebus hingga mendidih. Lalu tambahkan daun pandan
2. Masukkan santan kelapa, aduk hingga merata dengan api kecil.
3. Angkat adonan es, pisahkan menjadi beberapa bagian untuk diberi perisa.
4. Tambahkan perisa buah buahan dan cokelat.
5. Masukkan ke dalam plastik, dan tancapkan kayu ke atasnya.
6. Masukkan ke dalam freezer hingga membeku.

Ada resep lain yang juga tak kalah menarik dari strawberriesii.blogspot.com :

Bahan Es Lilin Coklat
  • Tepung Maizena 4 sdm
  • Bubuk Coklat 2 sdm
  • Susu Kental manis 12 sdm
  • Gula Pasir 2 sdm
  • air 1 liter
Cara membuat Es Lilin Coklat Enak :

1. Campurkan bubuk coklat beserta tepung maizena. Masukkan campuran itu kedalam panci rebus lalu aduk secara merata. Masukkan 1 liter air secara perlahan sambil diaduk.
2. Tambahkan susu kental manis dan gula pasir kedalam adukan tadi.
3. Didihkan adonan dalam panci sampai benar - benar mendidih. Jangan lupa untuk selalu diaduk. Setelah selesai, dinginkan adonan tersebut sebentar.
4. Siapkan wadah es lilinya lalu tuangkan kemasing - masing sampai adonan menjadi habis.
5. Simpan es lilin yang telah dibungkus kedalam frezeer sampai membeku.
6. Es lilin coklat siap untuk dikonsumsi atau dijual.

Trus bagaimana hasilnya ? seru dan enak bukan ? Perlu diingat perbandingan penggunaan  susu yang lebih banyak dibanding air akan menghasilkan es lilin yang lebih creamy. Penambahan sedikit tepung maizena, hunk kwe, ataupun tepung terigu  membuat tekstur es menjadi lembut.

Selamat Berkreasi bundaa....:)

Ditulis oleh : Honesty Rasyid 

No comments: