Monday, December 17, 2012

Gulai Daun Singkong Versi ranah Melayu

Depok, 2012


Mmm.... gulai daung singkong kesukaan Imam dan Ibu ..... 




(2hitp)

Chicken Katsu


Depok ,2012

Yummiiiiii


ARSIK IKAN MAS - SUMUT


Depok, 2012

Masakan ini asli SUMUT, kalo kata orang SUMBAR namanya pangek ikan .....tapi ada beberapa bumbu yang baru disini, masih coba2 nih .....



(2hitp)

Cumi Pangek Masin

Depok , 2012

Pemgemar cumi ... yuk dicoba yang satu ini .... really tempting......



(2hitp)

Sunday, December 16, 2012

GULAI KEPALA IKAN KAKAP



Depok, Desember 2012

Gulai Kepala Ikan Kakap ini, hanya ibu yang suka ... yang lain nonton makan doang .... coba deh ....gurihhhh. Katanya .... makan apaan sih buk .... tulang2 doang ...... qiqiiq . Nah disini sensasinya ...buyuanggg.....



Bahan
Kepala Kakap                                   500 gr 
Minyak goreng                                 2 sdm
Santan encer                                    750 ml
Santan kental                                   250 ml
Daun Salam                                      2 lembar
Daun Jeruk                                       4 lembar
DaunKunyit – ikat simpul              1 lembar
Serai                                                   2 bh
Asam Kandis                                    4 buah
Jeruk Nipis                                        2 bh
Garam                                                secukupnya
Daun ruku-ruku/kemangi               secukupnya
Cabe rawit merah utuh                    5 bh

Bumbu Halus
Cabai Merah                                     100 gr
Lengkuas                                          4 cm
Jahe                                                   4 cm
Kunyit                                                2 cm
Bawang Putih                                  4 siung
Bawang Merah                               10 siung
Kemiri                                               5 butir


Cara Membuatnya

-         Bersihkan kepala ikan kakap sampai bersih. Insangnya dibuang. Cuci pake garam dan air jeruk nipis sampai 3 kali.
-         Setelah bersih dan tidak berlendir lumuri kepala ikan kakap dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 1 jam
-         Cuci bersih semua bahan bumbu halus lalu digiling sampai halus.
-         Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bumbu halus sampai tercium bau wangi lalu  masukkan daun salam, daun jeruk, serei, daun kunyit, asam kandis, aduk rata.
-         Masukkan santan encer tunggu sampai mendidih, lalu masukkan kepala ikan kakap . Tunggu sebentar lalu masukkan santan kental, kecilkan api, sembari sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
-         Kecilkan api kompor, masukkan daun ruku2 dan caberawit merah masak sampai santan kelihatan berminyak
-         Siap dihidangkan

(2HIPT)

Thursday, December 13, 2012

PANCAKE INSTAN + HOT CHOCOLATE HAZELNUT

Depok, Desember 2012


Sarapan pagi ini, edisi malas.com, pake bahan yang instant saja karena mau dibantuin chef cilik Puti. Pancake Haan siap pakai 180 gr, tinggal tuang air 150 ml, tambahkan 1 butir telur dan 2 sdm minyak goreng. Tunggu 10 menit ....siap di panggang deh ,,,, mariiii.  Minumnya Hot Chocolate Hazelnut .... cidapnya, 1 sachet choco ditambah 250 ml air .... adukk...jadi deh ...

Ini dia hasilnya ...bikin pancake sembari gendong cehef cilik ......taraaaaaa....:


selamat menikmati ayahh cinnn (2hipt)

Wednesday, December 12, 2012

BENING TAOGE


Depok , Desember 2012



Bahan dan cara membuatnya sangatlah gampilllll........bening taoge ini favoritenya ayah TW.

Bahan :
Taoge
wortel
Tahu potong dadu - goreng sebentar
Tomat hijau dan merah  belah 4
Bawang putih, bawang merah + bawang bombay iris halus
Minyak goreng
Garam

Cara membuat :
-Panaskan minyak , masukkan irisan bawang merah, bawang putih + bawang bombay goreng sampai wangi

-Tambahkan air matang. Setelah mendidih, masukkan wortel, taoge, tunggu sebentar. masukkan tahu dan tomat 

-tunggu sebentar lalu angkat. ( 2HITP)

Tuesday, December 11, 2012

IKAN PATIN BAKAR - SAMBAL MANGGA

Depok, Desember 2012

Masih penasaran dengan olahan yang berbahan dasar ikan patin ,,,, mari kita coba resep.com ini 

 Bahan dasar:

2 ekor ikan patin, cuci bersih, belah dua
Bahan untuk melumuri ikan (dihaluskan): 
15 bh kemiri
8 butir bawang merah
6 siung bawang putih
Kunyit yang sudah halus (beli dipasar)
1 sendok makan ketumbar
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Minyak goreng secukupnya
(Campur semua termasuk juga minyak goreng, aduk rata)
Bahan untuk mengoles:
Kecap dan minyak atau mentega, campur
Cara membuat:
1. Buat sayatan-sayatan di badan ikan, lumuri dengan bumbu halus, diamkan minimal 1 jam atau makin lama makin bagus.
2. Setelah cukup meresap, bakar ikan di atas api, oles-oles dengan sisa bahan untuk melumuri.
3. Ketika ikan sudah hampir matang, baru alesi dengan bahan pengoles.
4. Bakar sesuai dengn selera, matang atau agak matang.



Karena penghuni tak begitu suka dengan yang asem-asem ....mangganya kita ganri dengan mangga mateng ...sensasi asem manis ..... maknyussss...


BAHAN :
Cabai merah = 3 buah

Mangga muda = 1 piring kecil. (ganti mangga matang)
Petis udang = secukupnya.
Terasi bakar = 1 potong.
Garam = secukupnya sesuai selera

CARA MEMBUAT SAMBAL MANGGA MUDA :
-Mangga muda diiris tipis memanjang.
-Bersama garam sedikit mangga muda diremas sampai berair dan lemes lalu tiriskan.
-Cabai lombok merah, terasi dan garam diulek.
-Masukkan petis udang dan ulek lagi.
-Masukkan mangga muda tadi ke dalamnya.
-Aduk sampai rata dengan sambalnya.



Selamat mencoba ....(2hitp)

Wednesday, December 5, 2012

CAKE PISANG

Desember 2012 


                                                                  BANANA CAKE




Bahan : 


50 grm tepung terigu protein sedang
150 grm gula palem
150 grm butter , lelehkan
1 sdm emulsifier
5 sdm susu bubuk
5 btr telur
1/4 sdt baking powder
3 bh pisang ambon

Filling : keju lembaran/kimis/almond slice/chocochip




Cara membuat :

1. Campur bahan kering, sisihkan

2. Kocok gula palem dan telur hingga berbusa, tambahkan emulsifier, kocok hingga mengembang dan putih

3. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan, kocok lagi

4. Tambahkan bahan kering (terigu, BP, susu bubuk/kayu manis), kocok dengan speed rendah hingga rata.

5. Masukkan butter cair, aduk balik menggunakan spatula

6. Siapkan 2 loyang loaf (ukuran 25x5x5cm ato 25x6x5cm) oles margarin tipis, beri alas dari kertas roti, poles tipis lagi dg margarin. Tuang 1 sendok sayur adonan, beri keju slice/kismis/chocochip/almond slice (sesuai selera)diatsnya, tuang lagi 1 sendok sayur adonan, beri isian sama dengan yg pertama, tuang lagi 1 sendok sayur adonan. Taburi dengan kismis/almond slice/chocochip/keju parut. Lakukan hal yg sama pada loyang 1 nya.

7. Oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 20-25 mnt

8. Angkat, dan keluarkan dari loyang, siap disajikan
resep dapet dari mana , saya lupa....yg penting enakkkkk

Monday, November 5, 2012

KAKI NAGA


Depok, November 2012

Sebenarnya sudah lama ingin mencoba membuatnya , tapi ya kok malassss berkepanjangan teyusssss. Namun obrolan dengan Babam sore ini membuat adrenalin terpacu :
Babam      : bu, bisa bikin kaki naga ngga ?
Ibu            : Insya Allah bisa. Anak2 sudah lama tidak makan makanan jenis2 yang beginian karena alergi. Emangnya Imam liat dimana , kok tiba2 pengen kaki naga
Babam      : waktu itu di ...(.^&&&*(&**)...., harganya Rp, 1000. dari daging bu. Temenku makan kok kayaknya enak bangetttt
Ibu            : gubraks....ngga kebayang itu pake daging apa .....kok bisa harganya segitu. Setelah penjelasan panjang tentang ( biaya bahan, produksi, ) akhirnya Imam kelihatannya bisa paham ... dan harus pikir2 kalo jajan.

Akhirnya pertarungan kaki naga dimulai. Camilan Kaki Naga ini enak dan gurih . Disajikan dengan kentang goreng dan saus sambal cocol. Untuk bekal ke sekolah, atau bekal ibu ke kantor ,,,,, siapa yang berani nolakkkk ....



Pemakaian daging bisa diganti dengan ayam, udang atau daging tenggiri ,,,,, selamat mencoba....anak-anak pasti senanggggg .....

BAHAN : 
Daging giling 500 gr
Tepung Terigu 100 gr
Bawang putih gilling halus 1 sdt
Garam 1 sdt the (secukupnya)
Merica halus 1 sdt
Gula 1 sdt
Bawang bombay 1 bh dirajang halus
Wortel 1 buah di serut halus
Telor 1 bh

Putih Telor secukupnya untuk membalur
Tusuk sate yg agak besar dipotong kira-kira 5 cm
Tepung Roti secukupnya


Cara Membuatnya :

1. Bersihkan daging, potong-potong kecil dan haluskan dengan food processor atau blender sampai halus

2. Masukkan bahan2 lainnya seperti (bawang bombay, garam,gula, wortel, merica halus , telor, tambahkan sedikit air dingin, lalu digiling sebentar.

3, Selanjutnya tambahkan tepung terigu, aduk hingga adonan tercampur rata.

4. Ambil adonan sedikit, lalu bentuk lonjong dengan tangan setelah itu tusukkan lidi di salah satu bagiannya, setelah itu balut dengan tepung roti.

5.Panaskan air lalu kukus selama 20 menit

6. Setelah dikukus digoreng sebentar sampai berwarna kekuningan., siap disajikan.

7. Jika ingi menyimpannya, setelah dikukus, masukkan kedalam wadah tertutup lalu simpan di freezer.

8. Selamat mencoba

(2HIPT)

Tuesday, October 16, 2012

SAMBAL BEBERUK ( 1 )


Depok , Oktober 2012

Pedessss tapi asyikkkk, pengen lagi dan lagiiiiii ....




Bahan :
5 biji cabe rawit
1 buah tomat agak besar
1 buah jeruk limo
gula, garam, terasi secukupnya

Caranya : 
Haluskan cabe rawit bersama dengan gula, garam dan terasi. Tambahkan tomat rebus, ulek lagi, tapi jangan terlalu halus tomatnya. belah mendatar menjadi 2 jeruk limo , pakai 1 bagian saja, buang isinya, peras airnya kedalam sambal, tambahkan juga kulit jeruknya. aduk rata. 



Selamat menikmati dengan nasi hangattt, plecing kangkung, tempe penyet  dan ikan asin ......laperrrrrrr

PLECING KANGKUNG + SAMBAL BEBERUK

Depok, Oktober 2012

Pengen mencoba yang seger-seger dari daerah timur ? ... yuk kita colek yang satu ini khas dari lombok .... rasanya bikin nagihhhh ...seger, pedes, asem .... segerrrr + uenakkkkkk. Ini resep plecing kangkun komplit ... tapi lupa dapet resep dari siapa ini ....thanks ya bu ...yang punya resep .... semakin menambah menu di keluarga kami.



Bahan :
1 ikat kangkung, siangi, cuci bersih (kangkung dibiarkan tetap panjang, kira kira 15cm, sisanya dipotong)
Sambal mentah
Sambal kelapa
100 gr kacang tanah goreng
50 gr taoge kacang hijau yang masih pendek batangnya

Bahan sambal mentah:
5 biji cabe rawit
1 buah tomat agak besar
1 buah jeruk limo
gula, garam, terasi secukupnya

Bahan sambal kelapa:
1/2 btr kelapa yang agak muda
1 biji cabe merah yang sedang besarnya
2 biji cabe rawit
1 btr bawang putih
gula, garam, terasi secukupnya



Cara memasak:
- Kangkung:
Rebus air didalam panci hingga mendidih, masukkan kangkung bersama dengan tomat untuk sambal mentah. Tambahkan 1/2 sdt garam, aduk aduk sebentar, angkat jika dirasa kangkung sudah mulai lunak (jangan terlalu lama). Tiriskan kangkung, siram dengan air matang dingin. Sisihkan. Sisihkan pula tomat yang sudah direbus.

- Sambal mentah: Haluskan cabe rawit bersama dengan gula, garam dan terasi. Tambahkan tomat rebus, ulek lagi, tapi jangan terlalu halus tomatnya. belah mendatar menjadi 2 jeruk limo , pakai 1 bagian saja, buang isinya, peras airnya kedalam sambal, tambahkan juga kulit jeruknya. aduk rata. Sisihkan.

- Sambal kelapa: Cuci bersih kelapa, bakar diatas kompor hingga agak kecoklatan. Parut memanjang. Goreng cabe merah, cabe rawit dan bawang putih sebentar (jangan terlalu kering) Haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang putih bersama dengan gula, garam dan terasi. Tambahkan kelapa parut, aduk rata.

- Siapkan piring, belah belah memanjang menjadi 2 setiap batang kangkung, taruh dipiring. Tambahkan sambal mentah diatasnya, tambahkan pula sambal kelapa. Taburi dengan kacang goreng dan taoge, siap dihidangkan. (sebelum disantap, pelecing ini digaur dulu menjadi satu, baru dimakan)

note : resep ini adalah resep pelecing komplit yang biasa dpakai penjual pelecing. Tapi jika tidak suka memakai sambal kelapa, kacang tanah dan taoge, boleh tidak pakai. (2HITP)

Monday, October 15, 2012

DENDENG BALADO



DENDENG  BALADO 
Resep warisan Nenek Miskah 


Depok, Oktober 2012


Bahan : A
250 gr daging dendeng
Air kelapa
2 siung bawang putih – dilgiling halus
garam

Bahan B
½ bagian Bawang bombay ukuran sedang diiris tipis
4 bawang merah iris halus
100 gr cabe merah giling kasar
air jeruk lemon

Minyak untuk mengoreng

Cara Membuatnya :
  1. Rebus bahan A sampai empuk
  2. Panaskan minyak, setelah itu goreng daging dendeng sebentar, lalu angkat (tidak sampai garing ya ). Daging dipukul-pukul pake ulekan cobek agar pipih. Sisihkan
  3. Panaskan minyak masukkan bawang bombay dan bawang merah, goreng sampai tercium bau wangi, lalu masukka cabe merah yang digiling kasar.
  4. Setelah hilang bau sangit cabe kecilkan api kompor lalu masukkan air jeruk lemon dan sedikit garam. Aduk rata .
  5. Campurkan daging dendeng dengan cabe, aduk rata .
  6. Ambil 1 piring nasi anget lalu makan deh .... he ..he.. (2HIPT)


    Selamat mencoba .... happy cooking

Sunday, October 14, 2012

DENDENG BARACIK


Depok Oktober 2012, 

Ada dua jenis dendeng yang sering kita kenal yaitu dendeng kering dan dendeng basah. Ada dendeng balado, dendeng batokok, dendeng lambok . Nah yang dendeng yang satu ini, baru bagi saya, .... yuk kita coba :


Resep dari info special:

  • 500 gram daging sapi, potong tipis
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 3 buah cabai hijau, iris halus
  • 5 butir bawang merah, iris halus
  • Minyak untuk menggoreng
  • 6 butir jeruk limau, ambil airnya
  • 40 ml minyak zaitun ( saya ganti minyak kelapa )
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 1 sdt garam
  • Taburi bawang goreng , karena anak2 suka wangi bawang goreng dan rasanya ..bener2 mak nyussss
Cara Membuat :
  • Lumuri daging dengan merica dan garam, goreng sampai kering sisihkan airnya
  • Campurkan air limau dengan minyak zaitun, aduk rata. Sisihkan.
  • Iris halus cabai hijau dan bawang merah.
  • Tempatkan daging yang telah digoreng di atas piring.
  • Taburkan irisan cabai hijau dan bawang merah di atas daging, taburkan irisan cabai hijau dan bawang merah di atas daging.
  • Siram dengan saus campuran jeruk limau dan minyak zaitun.





Wednesday, September 26, 2012

PUDING BUSA PANDAN


Depok , September 2012


PUDING BUSA PANDAN

Bahan :
1 bungkus agar-agar bubuk
600 cc susu UHT
200 cc air putih
125 gr gula
100 ml putih telur kocok kaku
4 lembar daun pandan ambil airnya ( blender/diremas2 dgn 50 ml air
vanilla pasta
garam secukupnya

Cara Membuatnya:
  1. Kocok putih telur sampai kaku. Masak agar agar, susu, gula, air pandan, vanilla dan garam hingga mendidih.
  2. Aduk-aduk sebentar agar panasnya berkurang, tuang adonan agar-agar,ke kocokan putih telur, sambil terus di kocok dengan kecepatan rendah, sampai adonan habis.
  3. Basahi loyang, kemudian tuang adonan ke loyang . Loyang di ciprati air agar mudah melepas agar-agar dari loyang
  4. simpan di kulkas agar dingin dan siap untuk disajikan
(2HITP)

Sunday, September 23, 2012

KOLANG KALING RAINBOW


Depok, Juli 2012




bahan : 

500 gram buah kolang kaling

sedikit garam

sedikit air kapur

syrop cocopandan marjan, secukupnya

cara :

1. Cuci bersih buah kolang kaling dengan sedikit garam dan air kapur sirih untuk 

menghilangkan lendirnya, bilas sampai bersih, lalu kukus sebentar.

2. Buka tutup pangukus dan biarkan dingin.

3. Siapkan wadah/toples, masukkan kolang kaling yang sudah dingin, siram dengan syrop 

hingga terendam, simpan dikulkas semalaman.

4. Kolang kaling siap dihidangkan dalam wadah kecil :) (resep dhani)

GULAI PUTEL DAUN MANGKOK-AN


Depok, September 2012

GULAI PUTEL DAUN MANGKOK-AN



Bahan :

500-750 ml putih telur – kukus 

2 lembar daun salam

6 lembar daun jeruk - robek-robek

1 batang serei - memarkan

1 ruas ibu jari lengkuas memarkan

2 cabai merah untuk hiasan

10 lembar daun mangkok-an (daun tapak liman)

300 ml Santan kental

1 bh asam kandis

200 ml air matang


Bumbu halus :

10 butir bawang merah

3 siung bawangputih

2 ruas kunyit

2 ruas jahe

cabe merah 5 – 10 bh (giling kasar/halus) 

garam secukupnya



Cara membuatnya :

1.Kukus putih telur dan potong2 sesuai selera

2.Air + bumbu halus beserta daun daunan, lengkuas, masak sampai air mendidih

3.Masukkan santan masak tunggu hingga mendidih lalu masukkan potongan putih telur, asam
 kandis

4.Kecilkan api, tunggu sebentar.Masak hingga kuah agak berminyak . Lalu angkat

5.Siap dihidangkan  (2HITP)

Tuesday, September 18, 2012

RAINBOW PUDING


Depok, September 2012




Resep puding copy dari uni dewi anwar

Bahan : 1600 ml susu ultra plain2 bungkus agar-agar bening
200-250 gr gula pasir
Pasta makanan

Cara membuatnya :
1. Masak semua bahan kecuali pasta hingga matang.

2. Ambil 250ml ksh pasta stoberi, lalu tuang ke dalam loyang yang sudah dibasahi air matang, tunggu hingga berkulit.

3. Ambil 250ml kasih pasta orange (sisa adonan lainya tetap diatas kompor dg api kecil), tuang dan tunggu hingga berkulit. terus lanjutkan hingga adonan habis

4. Dinginkan dan siap dihidangkan untuk buka puasa atau hantaran. (H2PIT)





Wednesday, September 5, 2012

SANDWICH......bekal sekolah babam



Depok,

Bekal si kecil makin asyikk dan tambah enakkkk pastinya...



SANDWICH


BAHAN :

1 bungkus SARI ROTI Gandum (10 lembar roti)
2 bh sosis potong bulat
1 lembar daging burger potong korek api
½ buah paprika hijau potong korek api
½ buah paprika kuning potong dadu
Mayonaise 150 gr
½ buah bawang bombay tumis sebentar
½ sdt oregano bubuk
Keju mozarella potong tipis lebar
Mentega secukupnya
Tomat dan daun selada secukupnya

Cara Membuatnya :
  1. Campurkan mayonaise dengan bawang bombay yang sudah ditumis dan oregano bubuk lalu aduk rata. Sisihkan
  2. Potong 1 lembar roti jadi dua bagian segitiga . Sisihkan .
  3. Ambil satu bagian roti pertama olesi campuran mayonaise lalu taruh tomat potong dan pinggirnya dikasih daun slada.
  4. Ambil potongan kedua olesi dengan mentega, tata sosis, potongan daging, paprika hijau, paprika kuning, dan keju mozarella.
  5. Panggang sebentar sampai keju meleleh.
  6. Tumpuk dengan bagian roti pertama tadi. Siap dihidangkan.
(2HITP)




SELADA PADANG



Depok,

Kepengen yang seger-seger ...selada padang ini boleh jadi pilihan .  



SELADA PADANG
ala keroyokan ( resep dari blog  siapa ya ... lupa)

bahan :
selada keriting (aku nyebut nya..selada Nidji, untuk semua bahan yang keriting, cabe nidji, kerupuk nidji..bla bla bla )
wortel serut korek api (ibu2 jgn cape motongin satu persatu yaa...di pasar ada alat serutnya/warna orange)
timun lokal (bagus nya timun jepang jadi lebih cantik...) maunya tak remet2 dulu pake cuka..tapi tadi ga sempet...
tomat yg di ilangin bijinya 
putih telur rebus

Sauce Padang  (semuanya aku blend di Food Processor)....ala emak2 males !
merah telur rebus
kentang kukus
merica 
garam
gula
jeruk nipis (aku tambahin Cuka, karena tadi wis entek jeruknya..)
margarine cair
air 

Selama pembuatan sauce nya, aku kok mikir ini harumnya kok podo karo sauce Huzarensla ya...???? hasil akhir menyatakan 
ini emang adeknya Huzarensla deh !!! cuma beda di cara masaknya doang...dan beberapa tambahan bumbu...

(2HITP)

Wednesday, June 27, 2012

Trik Membuat Cake dan Cookies

Malas ah bikin cake dan cookies sendiri, nggak ada yang bener tuh resep-resep yang beredar di majalah, selalu aja gagal, sebel," gerutu seorang teman . Uups, jangan patah semangat dulu. Apakah Anda sudah yakin dan memahami semua instruksi dengan benar? Apa sudah menggunakan bahan-bahan serta alat yang tepat ?


Jika semua jawabannya 'sudah', tapi masih juga gagal, jangan khawatir. Di dalam buku '60 resep Cake dan Cookies Antigagal' semua kekesalan dan kekecewaan Anda akan terjawab. Karena dalam seri buku 'Antigagal' ini dijelaskan dengan panjang lebar apa penyebab kegagalan yang sering Anda jumpai ketika membuat cake dan kukis.

Lebih jauh Ibu Fatmah Bahalwan dan Tim NCC yang menulis buku itu, menjelaskan bahwa ada empat elemen yang sangat menentukan keberhasilan Anda ketika membuat kue, yakni : bahan yang bagus, alat yang baik, resep yang teruji, serta keterampilan yang memadai. Keunggulan buku ini memaparkan secara rinci teknik membuat kue yang biasanya dalam resep tidak dijelaskan. Dengan menguasai teknik membuat kue yang benar, Anda tak akan gentar menaklukkan resep apapun.


Enam puluh resep yang ada dalam buku ini sudah tidak diragukan lagi keandalannya, karena telah teruji oleh ratusan bahkan ribuan orang yang tergabung dalam Natural Cooking Club. Resep-resep yang sudah teruji ini sengaja dibukukan agar lebih mudah dibawa kemana-mana dan yang pasti antigagal.





Anda masih ragu, mari kita coba salah satu resep yang pernah membuat salah seorang anggota Natural Cooking Club patah hati dan ingin membuang semua cetakan bolu kukusnya karena sang bolu kukus yang dibuat selalu mingkem alias tidak 'ngakak' merekah. Ini resepnya :

Bolu Kukus 10 menit
Bahan :

450 gr gula pasir

500 gr tepung terigu protein sedang (misal segitiga)

1 sdt baking powder double acting

4 butir telur

300 ml air/susu cair/antan

1 sdm cake emulsifier, misal SP, Ovalet, TBM

1 sdt essens pisang
Cara pertama:
  1. Kocok semua bahan selama 10 menit. Pisahkan sedikit adonan beri 1 sdt cokelat bubuk atau pewarna. Tuang ke dalam cetakan bolu kukus yang telah dilapisi kertas tanpa dioleh margarin, lalu kukus 10 menit hingga matang.
  2. Angkat, keluarkan dari cetakan dan sajikan
Cara kedua:
Campur tepung terigu dan baking powder double acting ayak dan sisihkan
  1. Kocok gula, telur dan cake emulsifier hingga kental. Masukkan tepung dan santan bergantian sambil diaduk rata. Beri essens, aduk rata.
  2. Pisahkan sedikit adonan, beri pewarna. Tuang ke dalam cetakan, kukus selama 10 menit hingga matang dan merekah

Selamat Mencoba ...
honesty Rasyid





Sate Simpang Tigo Magek Nan Manyih

Walau harus antri hampir satu jam lamanya, rasa penat akan segera terobati setelah menikmati sepiring sate--menu utama dan satu-satunya--Simpang Tigo-Magek ini. 


Kenapa sih, rela-relanya mengantri selama itu hanya untuk sepiring sate? protes seorang teman. Wah, belum tahu dia kelebihan sate yang diracik oleh Pak Syamsir, 54 tahun, atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Icin ini.



Bagi penggemar sate sepertinya wajib tahu sedikit 'satemologi' di tanah Padang. Sebenarnya ada beberapa jenis sate dari kawasan ini, pertama jenis sate yang berkuah kuning yakni Sate Padang dan Sate Padang Panjang. 



Lalu, bila anda pernah menemukan menu dengan kuah berwarna kemerahan, maka itu adalah Sate Pariaman. Orang selain Padang biasanya hanya tahu satu nama, Sate Padang saja, meski kalau ditilik seksama warna kuah sebenarya berbeda.




Nah, untuk sate berkuah kuning, di tanah asalnya ada beberapa nama penjual yang terkenal yakni Sate Mak Aciak, Sate Mak Syukur, Sate Mak Datuak, Sate Danguang-Daguang dan Sate Mak Anjang. Sementara sate versi daerah Pariaman, nama direkomendasikan adalah Sate Ajo Laweh.

Lalu apa kelebihan Sate Simpang Tigo-Magek ini? Sate olahan tangan Pak Icin sedikit berbeda dengan sate-sate terkenal lain. Kuah sate Simpang tigo ini kental cenderung berwarn kecoklatan dan daging terasa manyih--sebutan orang Padang untuk manis. Rahasianya terletak pada daging yang digunakan yaitu daging sapi pilihan tanpa lemak yang dibalur dengan racikan bumbu khas nan aduhai.

Bahkan untuk oleh-oleh hingga dibawa ke luar daerah, sate ini tidak rewel, alias kuah tak menjadi encer. Tapi ada satu syarat, kuah dan sate harus dibungkus terpisah.

Saban hari Pak Icin membuka warung pukul 12.30 WIB. Kurang lebih 1000 tusuk sate ludes pada hari-hari biasa. Sedangkan pada hari libur lebaran, sekitar 5000 tusuk sate bisa langsung lenyap dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Sate besutan Pak Icin juga ramah di kantong. Hanya Rp12 ribu per piring anda sudah bisa menikmati 10 tusuk untuk anda sendiri, kecuali kalau anda merelakan satu, dua tusuk untuk orang lain tentu saja.

Biasanya orang-orang menyantap sate ini ditemani Kerupuk Jangek (kulit) atau Kerupuk Pulai, kerupuk khas daerah Magek yang diolah dari singkong bersama bumbu dan daun bawang lalu dijemur. Nah bagi Anda yang ingin mencicipi Sate Simpang Tigo-Magek, mampir saja ke Nagari Magek, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam. Letaknya kira-kira 9 KM dari pusat kota Bukittinggi.

Pak Icin juga bermurah hati membagi nomor telepon selulernya. jadi yang berminat dan ingin pesan sate berasa manyih nan aduhai tinggal telepon ke nomor 085263118864.

Selamat mencicipi ....