Tuesday, August 12, 2014

TAHU PETIS

Depok, Agustus 2014

Sederhana saja tahu + petis, tapi itu membuat berselera. Tahu goreng hangat colek petis udang oleh-oleh dari Tuban ...... nyamm-nyam .... + teh hangat ....cuaca mendung pulak ......

Kebayang ngga sihhhh .....???

Mengenal si hitam manis ini baru beberapa tahun belakangan ini dan jatuh cinta juga. Apa karena berteman dengan orang jawa timur sehingga jadi suka petis yang dicicip didalam rujak cingur dan tahu petis ? Bisa jadiiii ….


Petis layaknya saus tomat atau saus sambal,  punya aroma yang khas. Saus kental hitam yang biasa untuk cocolan gorengan ini sebelum diolah agak kental cendrung padat. Namun ketika mau mengkonsumsinya penambahan gula merah, cabe rawit, kecap manis dan rajangan bawang putih membuat si hitam manis ini menjadi favorite sebagai cocolan. Sebut saja kupang lontong dari sidoarjo, semanggi, lontong balap, rujak cingur, telur petis  dari Surabaya, tahu campur, tahu tek  dari lamongan, semua menggunakan penyedap bernama petis ini.

Tidak tau pasti darimana asal usul si hitam manis ini. Ada yang bercerita kalau si petis yang terbuat dari udang kecil/rebon ini berasal dari Cirebon. Karena terbuat dari udang maka disebut petis udang. Tapi ada juga petis yang terbuat dari ikan dan daging sapi. Tentu saja rasa dan aromanya berbeda namun rasanya teteup mantapp.


Terus apa beda terasi dengan petis ?

Terasi adalah upeti yang diberikan kepada raja berupa gelondongan udang rebon yang direbus. Asal kata terasi dari terasih yang berarti dikasihi. Sedangkan petis, adalah sisa air rebusan udang yang diolah. Di daerah sidoarjo bahan petis dari kerang yang berukuran kecil yang disebut kupang.

Jika ditanya enakan mana antara terasi dan petis, saya jawab….dua-duanya enakkkkk...

 TAHU PETIS
 resep masakan -kita.com

Bahan :
4 Buah tahu - goreng sampai matang
1 sdm petis udang
1 sdm gula merah
3 siung bawang putih cincang halus
garam secukupnya
merica secukupnya
tepung tapioka + air bikin seperti adonan
1 sdm kecap manis
Air matang secukupnya 
Minyak secukupnya

Caranya :
Panaskan pengorengan tambahkan minyak lalu tumis bawang putih sampai wangi.Tambahkan petis udang, gula merah , kecap dan merica aduk rata. Tambahkan adonan tapiokan tadi. Aduk kembai hingga rata. masak hingga matang.

duduk manis ,,,, siapkan piring kecil...ambil tahu panas ...cocol petis ....nikmatttttt


Ditulis oleh : Honesty Rasyid 




No comments: