Monday, February 9, 2009

NANGKA GORENG

Muter..muter keliling Bandung nyari Nangka Goreng ngga nemu. Biasanya sih jualan didekat jl Ciliwung, tapi sekarang ngga tau pindah kemana. Nanya di sekitar sana juga ngga ada yang tau pindah kemana. Padahal dah keimpi2 makan nangka goreng dengan daging buahnya yang lembyuttt dan bau harumnya yang mengundang selera, dimakan sembari ngupi2..menemani si gerimis yang sedang menguyur kota mbandung ini , duh.....mantaffffnya Nangka goreng....oh...nangka goreng.. !!!. Arghhh !!!... lupakanlah walaupun masih penasaran.

Nangka terlahir dengan nama latin Artocarpus Heterophyllus, namun di Inggris disebut dengan Jackfruit. Diameter pohon nangka bisa mencapai 1 meter dengan tinggi sampai 20 meter, pohon ini berdiri dengan kokohnya. Seolah tak mau disakiti, seluruh bagian tubuh pohon ini mengeluarkan getah putih apabia dilukai.... ( air matanya kali tuh.... he...he.. ). Lain dengan kulitnya yang bergetah sehingga orang malas untuk mendekat, tapi daging buahnya yang berwarna kuning keemasanyang berisi cairan (nektar) ini sangatlah mengoda selera dan merangsang indra penciuman kita untuk segera mencari sumbernya.

Banyak jenis nangka yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, namun secara global dapat dibagi kedalam dua kelompok besar :

1. Nangka Bubur :daging buahnya tipis, berserat, lunak, rasanya asam manis dan bau harumnya sangat tajam. Di Thailand nangka ini dikenal dengan sebutan khanun lamoud.
2. Nangka Salak :daging buahnya tebal, keras, rasanya manis cendrung pahit dan tak begitu harum. Di Srilangka jenis ini dikenal dengan nama varaka.

Kalo ditanya manfaatnya ato khasiatnya apa, yang pasti mengandung vitamin E ---> “Enak sekali”, apalagi kalo dioleh jadi gulai nangka, dimasak jadi sayur lodeh, oseng-oseng gori, gudeg ...dan banyak lainnya...nga hafalllll....;)
Kalo ditanya segimana enaknya ? Wah ku jawab lagi “enak sekaleee.”...tapi ngupasnya itu lho...ribet. Tapi disinilah rahasianya, makan nangka yang langsung dikupas sendiri itu, lebih seru dan nikmat....karena aroma wanginya masih segerrrrr....m..m...jadi tambah pengennnn.
Tapi jangan kuatir, ngga mau ribet tapi masih pengen makan nangka seger dimana ???

Yuk kita meluncur ke Taman Buah Mekar Sari. Disini kita bisa menemukan nangka tanpa kulit ini yang dikenal dengan nama naked jackfruit. Varian ini masih dalam proses penelitian Pertama kali ditemukan di Bekasi Utara oleh seorang warga bernama Ihsan. Setelah itu pihak Taman Buah Mekar Sari menelitinya.
Trus makan nangkanya kapan ??? udah nga sabar nih !!!Bagaimana rasanya ??? ... Nah pertanyaan yang satu ini belum bisa dijawab sekarang , karena pihak TBMS masih dalam proses meneliti dan menguji kualitas dan mutunya.

Sembari menunggu...proses uji mutu...dan mengobati rasa penasaran sama Nangka Goreng Bandung yang tak terpuaskan...yuk kita coba bikin sendiri. ( berbagai sumber....2hit)

Ini dia, hasilnya…. Not too bad lah…..Ayo dicicip, mari…

Bahan :
10 buah Nangka Matang

Bahan Celupan :
5 sdm tepung terigu
2 sdm tepung custard
vanili pasta
garam sekucupnya
1/2 sdt gula
Air secukupnya

2 sdm Mentega
Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuatnya:
- Nangka dibuang bijinya
- Aduk semua bahan celupan sampai tercampur rata.
- Celupkan daging buah nangka kedalam bahan pencelup sampai rata.
- Goreng sampai kekuningan.

1 comment:

Specialist Poundsterling said...

Hmmmmm.... Nyam,,, kliatannya Enak sekali. Bikin Penasaran jg, tlf orang rumah dl ah suruh cari nangka kepasar. Tar pulang kantor berkesperimen hehehehe....Tp kl nangkanya dipotong dadu kecil2 br dicampur dengan adonan br digoreng, kliatannya lebih menarik tampilannya .... Nyam..Nyam...