Tuesday, February 23, 2010

BUKU : Ornamen Dekorasi Cake

Ikobana,

ORNAMEN DEKORASI CAKE : PLASTIC ICING
Cucu Chayana & Yeni Ismayani
Gramedia Pustaka Utama 2003


Bukunya sudah lama, tapi ketika membacanya sarat dengan tuntunan dasar bagaimana cara membuat ornament untuk dekorasi cake yang terdiri dari 2 & 3 dimensi serta aplikasinya. Juga dijelaskan alat-alat dasar yang diperlukan untuk membentuk ornament-ornamen tersebut.


Diajarkan bagaimana cara membuat berbagai bentuk fauna, flora dari plastic icing. Apaan tuh plastic icing ? Plastic Icing dibuat dari bahan gula halus atau icing sugar. Apabila kita ingin membuat plastic icing berwarna-warni, kita dapat member pewarna sesuai keinginan dan kebutuhan. Apabila tidak ingin repot plastic icing bisa id beli di toko bahan kue. Tapi apabila ingin mencoba membuatnya sendiri,

bahan yang dibutuhkan :
5 sdt gelatin
3 sdm air
125 glukosa
1 sdm glycerin
1 kg gula halus

Cara Membuatnya:

-Campur air & gelatin dlm panic kecil adukrata. Masukkan glukosa, aduk hingga lembut. Pindahkan dan aduk dgn glycerin. Biarkan hingga dingin ( 1menit)

-Ayak gula halus, ke dalam mangkuk yang besar , kemudian pindahkan secangkir untuk adonan. Lubangi bagian tengah gula halus yang ada dalam mangkuk dan tuangi campuran gelatin

-Aduk semua bahan denga menggunakan sendok kayu, kemudian uleni dengan tangan yang kering sehingga mendapatkan adonan dengan tekstur yang diinginkan, jika perlu ditambahkan gula halus.

-Keluarkan adonan dalam wadah, taburi dengan gula halus kemudian uleni kembali diatas marmer atau meja kerja hingga mendapatkan adonan yang benar-benar halus dan elastic. Bungkus adonan dengan plastic dan simpan dalam wadah kedap udara kemudian masukkan kedalam lemari pendingin (bukan refrigerator) selama 3 hari.


(2hit)

No comments: