Tuesday, October 16, 2012

PLECING KANGKUNG + SAMBAL BEBERUK

Depok, Oktober 2012

Pengen mencoba yang seger-seger dari daerah timur ? ... yuk kita colek yang satu ini khas dari lombok .... rasanya bikin nagihhhh ...seger, pedes, asem .... segerrrr + uenakkkkkk. Ini resep plecing kangkun komplit ... tapi lupa dapet resep dari siapa ini ....thanks ya bu ...yang punya resep .... semakin menambah menu di keluarga kami.



Bahan :
1 ikat kangkung, siangi, cuci bersih (kangkung dibiarkan tetap panjang, kira kira 15cm, sisanya dipotong)
Sambal mentah
Sambal kelapa
100 gr kacang tanah goreng
50 gr taoge kacang hijau yang masih pendek batangnya

Bahan sambal mentah:
5 biji cabe rawit
1 buah tomat agak besar
1 buah jeruk limo
gula, garam, terasi secukupnya

Bahan sambal kelapa:
1/2 btr kelapa yang agak muda
1 biji cabe merah yang sedang besarnya
2 biji cabe rawit
1 btr bawang putih
gula, garam, terasi secukupnya



Cara memasak:
- Kangkung:
Rebus air didalam panci hingga mendidih, masukkan kangkung bersama dengan tomat untuk sambal mentah. Tambahkan 1/2 sdt garam, aduk aduk sebentar, angkat jika dirasa kangkung sudah mulai lunak (jangan terlalu lama). Tiriskan kangkung, siram dengan air matang dingin. Sisihkan. Sisihkan pula tomat yang sudah direbus.

- Sambal mentah: Haluskan cabe rawit bersama dengan gula, garam dan terasi. Tambahkan tomat rebus, ulek lagi, tapi jangan terlalu halus tomatnya. belah mendatar menjadi 2 jeruk limo , pakai 1 bagian saja, buang isinya, peras airnya kedalam sambal, tambahkan juga kulit jeruknya. aduk rata. Sisihkan.

- Sambal kelapa: Cuci bersih kelapa, bakar diatas kompor hingga agak kecoklatan. Parut memanjang. Goreng cabe merah, cabe rawit dan bawang putih sebentar (jangan terlalu kering) Haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang putih bersama dengan gula, garam dan terasi. Tambahkan kelapa parut, aduk rata.

- Siapkan piring, belah belah memanjang menjadi 2 setiap batang kangkung, taruh dipiring. Tambahkan sambal mentah diatasnya, tambahkan pula sambal kelapa. Taburi dengan kacang goreng dan taoge, siap dihidangkan. (sebelum disantap, pelecing ini digaur dulu menjadi satu, baru dimakan)

note : resep ini adalah resep pelecing komplit yang biasa dpakai penjual pelecing. Tapi jika tidak suka memakai sambal kelapa, kacang tanah dan taoge, boleh tidak pakai. (2HITP)

No comments: