Thursday, February 12, 2015

FRUITCAKE KUKUS ( Steamed Fruitcake)

Depok, Februari 2015

Selalu senang dan merasa terpacu kalo berkunjung ke blog mbak Endang yang sangat informatif dan bersahabat ini .......mudah-mudahn ilmu yang ditularkan berkah. Selalu merasa kurang waktunya  kalo udah masuk ke blog mbak yang satu ini .

Baiklah ....sengaja mencari cake yang dikukus karena lagi males memanggang , Pilihan jatuh ke Fruitcake kukus. Mari segera meluncur ke dapur...


Fruitcake Kukus
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati oleh Chendawati. 

Untuk 1 buah loyang loaf (1/2 resep dari resep asli)

Bahan:
- 75 gram mentega
- 75 gram margarine
- 5 gram cake emulsifier (Tbm, sp, Ovalet), saya pakai ovalet
- 70 gram gula palem (resep asli 110 gram gula palem)
- 50 gram gula pasir (resep asli tidak menggunakannya)
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vanila bubuk
- 2 butir telur
- 150 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh bumbu spekuk atau: 1/4 sendok teh kayu manis bubuk+1/4 sendok teh           pala bubuk+1/4 sendok teh cengkeh bubuk
- 90 ml susu cair
- 250 gram sultana/manisan buah kering (campuran ceri merah dan hijau)  1/4 sendok teh      cengkeh bubuk
- 1 sendok makan tepung terigu untuk taburan buah kering


Cara membuat:

Siapkan loyang loaf atau tulban, olesi dengan mentega dan taburi tepung sehingga permukaannya tertutup tepung. Sisihkan.

Masukkan sultana/manisan buah kering dimangkuk, tambahkan 1 sendok makan tepung terigu. Aduk rata hingga permukaan buah kering tertutup tepung. Sisihkan.

Ayak bahan kering: tepung terigu, baking powder dan bumbu spekuk, sisihkan.

Masukkan mentega, margarine, gula palem, gula pasir, ovalet, garam dan vanila bubuk ke dalam mangkuk mixer, kocok dengan kecepatan sedang hingga mengembang dan putih. Tambahkan telur satu persatu, biarkan telur pertama tercampur rata baru masukkan telur berikutnya. Matikan mixer.

Masukkan tepung dan susu cair secara bergantian sedikit demi sedikit, aduk menggunakan spatula perlahan hingga tercampur rata. Tambahkan sultana, aduk rata. Masukkan ke dalam loyang.


Siapkan dandang kukusan, masukkan air hingga hampir menyentuh saringan kukusan, panaskan. Masukkan loyang berisi adonan ke dalamnya, tutup permukaan dandang dengan kain bersih baru ditutup menggunakan penutup dandang. Kukus selama 45 - 1 jam hingga cake matang. Jangan buka tutup dandang selama pengukusan. 


Keluarkan cake dari kukusan, biarkan dingin selama 5 menit. Keluarkan dari loyang dan biarkan cake dingin sempurna sebelum dipotong.

Taraaaaa.....aroma dapur mendadak bau rempah . Dan hasilnya ,,,,bagian tengah cake saya agak bantat karena kejatuhan air kukusan... hiks ... tapi rasanya...yum ...yum......

Ditulis oleh ( baca : copy paste ) dari blognya mbak Endang : just try and taste
Honesty Rasyid

No comments: