Tuesday, February 18, 2014

ASAM PADEH IKAN

Depok, Januari 2014

Asam padeh ikan lauk  favorite saya.  Ikan yang sering saya gunakan untuk membuat asam padeh ini adalah  jenis ikan tongkol abu-abu begitu kata penjualnya. Berdaging tebal, tidak menimbulkan  efek gatal ( baca : cukup aman - karena saya suka alergi dan gatal  setelah mengkonsumsi makanan laut ). 

Rasa pedas dan asam membuat saya berselera dan tanpa aba2 lagi tangan sudah reflek menambahkan setangkup nasi putih lagi ke piring makan..... tambuah ciek.


Bahan :
  •     500 gr Ikan Tongkol Abu-Abu
  •     4 Jeruk Nipis ( 3 bh jeruk digunakan untuk mencuci ikan)
  •     Minyak utk menumis
  •     Air  secukupnya
  •     3 bh Asam Kandis
  •     2 ruas jari Lengkuas, dikeprak
  •     2 lbr Daun Salam
  •     4 lbr Daun Jeruk
  •     2 batang Sereh, dikeprak
  •     1 lbr daun kunyit, disobek-sobek
  •      sedikit gula pasir
Bumbu halus :
  •     250 gr cabe giling
  •     10 btr Bawang Merah
  •     4 btr Bawang Putih
  •     2 ruas jari jahe
  •     2 bh Kemiri
  •     Garam secukupnya
Cara :
  • Bersihkan ikan dan buang insangnya ( Kalo saya selalu membuang kepalanya karena disini sumber amis ).  Cuci bersih ikan lalu lumuri dengan garam dan jeruk nipis, lalu siram lagi dengan air bersih. Lakukan 3X agar bau amis hilang.
  • Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan air dan daun-daunan , masak hingga mendidih . Masukkan ikan, tunggu ikan agak berubah warna, kecilkan api lalu masak ikan sampai matang dengan menggunakan api kecil dan air agak menyusut dan mengental.
  • Siap dihidangkan

Selamat menikmati (2hipt)


No comments: