Friday, February 28, 2014

TERONG BELANDA SMOOTHIE - ( pilih : Juice, Smoothie, Milkshake atau Lassi ? )

Depok, Februari 2014

Ibu  : Ini mau dijuice apa smoothie anak-anak ??
A      : Emang beda ya buk ....?
I       : beda keles.....qiqiqi
A      : gaya amat nih ibu sekarang .....

Nah kalo ini bukan gaya2an anak-anak, tapi memang ada sedikit perbedaan antara juice dan smoothie, ini ya : 



JUICE : sesuai dengan asal katanya, juice berarti sari perasan. Jadi juice itu adalah ekstrak cair murni dari buah-buahan atau sayuran. Kalo dulu kita mendapatkannya dengan memerasnya setelah itu ampasnya dibuang.  Tapi sekarang lebih mudah lagi kita bisa mendapatkannya dengan menggunakan blender atau juice extractor. 

Sedangkan SMOOTHIE : berarti kehalusan atau yang dihaluskan. Jadi sayur atau buah -buahan dihaluskan dengan mengunakan blender. Tanpa memisahkan ekstrak cairan dari ampasnya. Smoothie punya ciri khas dengan penambahan youghurt, susu tawar cair, coklat atau susu kental manis sehingga tekstur smoothie lebih pekat dibanding juice.

Trus mana yang lebih baik diantara keduanya bu ?

Keduanya sama2 populer dan sama2 mengandung nutrisi yang baik. Kelebihannya, smoothie mengandung serat karena ampas tidak dibuang. Dan diyakini tidak ada zat penting yang terbuang bersama ampas, seperti halnya pada juice. 

Trus kalo MILKSHAKE  bu ?
Ngga beda jauh antara smoothie dan milkshake. Cara pembuatannyapun nyaris sama mengunakan blender namun bisa juga dengan menggunakan "shaker". Yang sedikit membedakan adalah penggunaan susu dan eskrim selalu ada dalam milkshake.
Nah satu lagi nih ada LASSI ?
Minuman yang berasal dari India dan pakistan ini juga berbahan dasar buah-buahan. Lassi juga menambahkan youghurt pada proses pembuatannya . Sebagai ciri khasnya penambahan rempah-rempah seperti bubuk kayu manis, bubuk lada dan bubuk pala membuat rasanya menjadi beda. Buah-buahan yang digunakan untuk LASSI sengaja dipilih yang bercita rasa manis sehingga dapat menggantikan penggunaan gula/sirup gula.
I : Trus TERONG BELANDA ini mau diapain anak-anak.... ????
A :Smoothie..... Abukkkkkkkk



Bahan :
500 ml susu UHT plain
4 sendok madu
5 buah terong belanda ukuran sedang . kerok daging buahnya
vanilla pasta 1/2 sdt

Cara membuat :
Masukkan semua bahan ke dalam blender, dan di kocok sampai halus dan lembut
tuang ke dalam gelas bubuhkan 3 atau 4 block kecil es batu ( kalau suka )

siap di minum .

Selamat menikmatiiii..... ( 2hipt)

No comments: