Thursday, February 27, 2014

IKAN PATIN ASAM MANIS

Depok, Februari 2014

Ikan berkumis ini ini mempunyai nama keren Pangasius Sutchi. Ukuranya terbilang besar dan panjangnya bisa mencapai 1 meter dan beratnya bisa sampai 20 kg. Ikan air tawar ini tidak bersisik layaknya ikan air tawar pada umumnya. Dagingnya lembut dan tebal. Di negara tetangga ikan ini jadi primadona karena harganya bisa mencapai RM 180.00 per kgnya.

Pindang ikan patin adalah olahan yang sangat terkenal di tanah air khususnya pindang patinnya wong plembang, Tapi kali ini kita coba untuk membuat Ikan patin asam manis.

Rasanya ? , tak kalah heboh ,,,, asem manis segerrrr .... ini hasilnya :



Ini resepnya :

IKAN PATIN ASAM MANIS

Bahan:
1 ekor ikan patin ukuran sedang
1 btg serai, memarkan
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
1 ruas jahe, memarkan
2 buah tomat hijau potong jadi 4
1 buah tomat merah potong jadi 6
1 ruas lengkuas memarkan
5 bawang putih, 3 bawang putih + 1 ruas kunyit ( haluskan )
½ bagian bawang bombay (rajang)
1 sendok makan cabai merah gilling halus
1 buah apel ukuran kecil – di juice
1 batang daun seledri potong kasar
Garam secukupnya
Gula secukupnya


Cara Membuat:

Bersihkan ikan patin. Baluri garam dan air jeruk nipis. Setelah itu cuci lagi di air mengalir lakukan 2 kali. Setelah itu baru diberi garam dan air jeruk nipis. Diamkan sebentar.

Panaskan minyak, masukkan bawang bombay, goreng sampai tercium bau wangi, lalu masukkan bumbu2 dan daun2an tadi tunggu sebentar sampai bumbu terlihat layu lalu tuang air secukupnya. Biarkan air sampai mendidih lalu masukkan ikan patin. Tunggu sampai daging ikan patin berubah warna, lalu masukkan juice apel, tomat . garam dan gula. Kecilkan api kompor, masak hingga daging ikan matang. Lalu taburi daun bawang.

Selamat menikmati (2hipt)


No comments: