Wednesday, October 21, 2015

ROTI MANIS LEMBUT

Depok, Oktober 2015

Pernahkah terpikirkan suatu saat nanti bisa menghidangkan roti buatan sendiri di tengah keluarga? Jawabnya tentu saja, namun melihat proses pembuatannya yang lama dan butuh kesabaran yang tinggi akhirnya rencana hanya tinggal rencana. Membeli roti di toko rasanya lebih praktis.


Tapi jangan menyerah, jika ada waktu senggang ajaklah si kecil berkarya membuat roti sendiri di rumah. Sebenarnya membuat roti tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. 



Roti empuk akan lahir dari oven sendiri, asalkan Anda teliti memperhatikan hal-hal penting yang menunjang keberhasilan dalam proses pembuatan roti. Seperti, kualitas bahan, ketepatan ukuran atau timbangan, teknik pengolahan dan suhu yang tepat saat pengovenan. Artinya kenali oven Anda dengan baik.

Ada tips praktis yang harus diperhatikan juga untuk mendapatkan roti yang lembut.  Pertama, Anda harus yakin kalau adonan roti sudah kalis.  Artinya adonan tidak lengket lagi di baskom tempat kita mengadon ataupun di tangan. Untuk lebih menyakinkan ambilah  sedikit  adonan  lalu pipihkan menjadi lembaran tipis  dan direntang. Jika adonan tidak robek (elastis) itu berarti adonan sudah kalis.

Kedua, sediakan waktu yang cukup untuk fermentasi adonan. Adonan akan mengembang menjadi dua kali lipat dari semula itu artinya fermentasi berjalan dengan sempurna. Jika waktu fermentasi kurang maka roti akan menjadi keras.

Terakhir, perhatikan temperatur oven harus tepat. Kenalilah oven dengan baik. Pastikan ketika adonan roti dimasukkan oven dalam keadaan panas. Jika suhu oven rendah, maka waktu pembakara akan lama dan berdampak roti akan keras.


Nah, sekarang waktunya kita untuk praktek mengunakan resep Roti Manis Lembut, resep Ibu Maryam Kalangi dari Komunitas Chef Depok .


Roti Manis Lembut
Bahan :
1 kg tepung terigu protein tinggi
20 gr ragi instan
7 gr bread improver
7 gr emulsifier roti
200 gula pasir
50 gr susu bubuk
10 gr garam
100 gr kuning telor (kurang lebih 6 butir telur ukuran sedang )
500 gr air es
150 gr mentega
vanilla susu


Cara membuatnya :

1. Aduk semua bahan kering , tepug terigu, ragi instan, bread improver, gula pasir, susu bubuk dengan kecepatan rendah.
2. Tambahkan air es dan telur dengan kecepatan rendah sekitar 1 menit, lalu dengan kecepatan sedang sekitar 4 menit.
3. Masukkan garam dan mentega , setelah mentega tercampur rata, masukkan emulsifier roti. Aduk lagi dengan kecepatan sedang hingga kalis.
4. Istirahatkan adonan selama 30 menit, lalu kempiskan.
5. Timbang adonan menjadi 40 gr lalu bulatkan, lalu isritahatkan selama 15 menit. Adonan siap diisi dan dibentuk.
6. Panggang di oven.
 
Selamat berkreasi

*) honesty rasyid
dapur ikobana

No comments: