Tuesday, October 20, 2015

SILKY PUYO PUDING


Depok, Oktober 2015


Mengikuti "kekinian" seleranya anak anak itu asyik juga. Kali ini membahas puding puyo yang ngehits belakangan ini. Tidak terlambat untuk membahas puding dengan tekstur soft, smooth dan silky yang digemari berbagai usia ini. Manisnya yang pas dilidah dan dengan warna warna soft yang menarik  dan aneka  pilihan rasa beragam membuat anak-anak ingin lagi dan lagi.

Untuk puding puyo yang enak ini, kita harus meronggoh kocek sekitar Rp 12.500 per cupnya di gerai, pusat perbelanjaan. Namun jika ingin mendapatkan harga yang bersaing alias lebih murah, bisa membelinya satu lusin  dan varian rasa yang mengoda dan tak biasa seperti rasa permen karet ( bubble gum), teh hijau (green tea) , ubi ungu (taro), pisang dan hazelnut. Rasa lain yang tetap bertahan dan selalu digemari oleh berbagai usia, rasa coklat, mangga, dan stroberri.


Tak hanya di mall puding puyo bisa didapat, dari dapur mungil bunda pun puding ini juga bisa tercipta. Masih ragu ?,  Yuk kita turun ke dapur,


Silky Puyo Puding
Resep CookPad.com

Bahan-bahan :

15 gram Nutrijel coklat/strawberry
2 sdm maizena
8 kotak kecil susu uht coklat/strawberry
2 kotak susu kedelai 
6 sdm gula pasir (bisa kurang/lebih, sesuaikan selera)
1 bungkus myvla coklat/vanilla
200 ml air panas dispenser +



Cara Membuatnya : 

-Cairkan myvla dengan 200 ml air panas dispenser, sisihkan. Kalau perlu buat vla dari  beberapa jam sebelumnya, lalu masukkan kulkas supaya konsistensinya lebih kental.
-Tuang semua susu dalam panci

-Ambil 2-3 sdm susu, campur dengan agar dan maizena di wadah terpisah, larutkan. Setelah  agar dan maizena larut semua, masukkan ke dalam susu tadi
-Masak dengan api kecil agak sedang, sambil terus di aduk supaya tidak pecah

-Tambahkan gula sedikit demi sedikit sambil dicicip sampai pas manisnya. (beda merk susu   uht biasanya beda tingkat manisnya)
 Setelah mendidih, tuang larutan puding ke wadah yang disiapkan sampai kira2 sepertiga-  setengah wadah

Masukkan puding yang sudah di dalam cup, ke dalam kulkas selama 10-15 menit. Terlihat larutan tidak keras seperti agar pada umumnya, agak bergoyang2 seperti masih cair. Tapi sebenernya sudah set.

Selama menunggu waktu di kulkas, tutup panci berisi sisa puding supaya tidak berkulit di atasnya.
Keluarkan puding dalam cup dari kulkas. Tuang 2sdt vla yang sudah disiapkan ke dalam setiap cup perlahan2. Lakukan sampai vla habis.

Tuang puding dari panci ke dalam cup sampai cup hampir penuh.
Setelah agak dingin, tutup cup puding dan masukkan kulkas.

Puding puyo sangat enak dinikmati dalam keadaan dingin

 Selamat Mencoba....



*)Happy Cooking
Honesty Rasyid - Dapur Ikobana


No comments: