Thursday, March 15, 2007

** BROWNIS KUKUS - AU BAIN MARIE**














Ikobana, 27 Maret 2007

Jalan-jalan ke Kitchen Kraftnya Uni Dewi Anwar..mmh terkagum-kagum ngeliat Barbie pake gaun biru dengan blus kuning....cuantekkkkk. Kepengennnn juga.... :(...tapi apa bisa ???

Nekat mencoba adalah kunci sukses begitu kata seorang teman,...uppss... tertantang juga nih. Kebetulan anak tetangga ada yang mo ulang tahun....kesempatan nih menyalurkan keinginan yang sudah tak terbendung lagi..........gatelll nih tangan..ha..ha.

Maunya sih bikin rok dari fondant seperti contekan...tapi apa daya....setelah digilas...dan diangkat...uihhh..robekkkk...dicoba lagi angkat pelan2...robek lagi dan robek lagi ...capek deh ! Ngga ada pilihan lagi...akhirnya spuit bintang bicara -- padahal udah menghindar sebisa mungkin nih dari spuit yang satu ini-- namun ngga bisa nyerah pasrah deh ceritanya. Dan hasilnya not too bad lah, untuk pemula....Alahhhh menghibur diri...:0)

Putri Aisyah yang lagi Ulang Tahun senengnya minta ampyyun.. sampe2 itu kue ngga boleh dipotong dan harus bolak balik keluar masuk kulkas.....pusying tuh barbi nkali ya !. Sampei mamanya Putri nanya " Mbak Honest itu kuenya kelamaan masih bisa dimakan ngga ya ? Garuk2 kepala nih... karena kuenya ngga pake pengawet...ya..paling lama 3 hari bu ......
Si ibu mangut2, Putri...putri.. ada -ada aja...
O, iya cakenya pake resep Brownis Kukus Au Bain Marie postingan mbak Irma .... thanks ya mbak.

** BROWNIS KUKUS - AU BAIN MARIE **

Source : Femina, Posted by Irma <jade_303@yahoo.com >


BAHAN:

300 gr coklat masak pekat (saya hanya pakai 200 gr)
300 gr mentega (pakai satu stick @ 250gr)
1/8 sdt garam
6 btr telur
250 gr gula pasir (takarannya kukurangi 50 gr)
200 ml susu cair

AYAK :

200 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
75 gr coklat bubuk


LAPISAN ADUK RATA :

250 gr coklat masak pekat, tim hinggga leleh
125 ml krim kental

CARA MEMBUAT :

  1. Panaskan oven hingga suhu 180 C. Letakkan loyang (berisi air) dlm oven di bagian teratas dari rak oven. Sisihkan.
  2. Campur coklat & mentega .Tim hingga meleleh .Angkat bubuhi garam aduk rata. Sisihkan.
  3. Kocok telur bersama gula pasir hingga mengembang. masukkan coklat leleh dan susu sedikit sedikit sambil di aduk rata.
  4. Tambahkan terigu secara bertahap sambil diaduk hingga rata. Tuang adonan ke dalam loyang persegi ukuran 15x30x3 cm yg sdh diolesi mentega dan tepung.
  5. Masukan loyang ke dalam loyang yang lebih besar berisi air, pangggang dengan
    cara AU BAIN MARIE selama 30 mnt hgg matang.angkat & keluarkan dari loyang, dinginkan, olesi bahan lapisan pada satu permukaan kue. Tumpuk dengan kue sambil ditekan agar menempel. Rapikan
  6. Potong2 kue. Sajikan


(HR, 25 Mei 2006)

No comments: