Tuesday, November 25, 2008

Rendang Ayam

Ikobana,

Siapa yang tak kenal “Rendang” ?, hari gini ngga kenal ama rendang apalagi belom pernah mencicipi....rugi beratttttt..kacian deh !!!

Rendang adalah salah satu dari sekian banyak jenis masakan khas dari daerah Sumatera Barat-- “Minang “ -- apabila diadakan survey, sudah di pastikan kalau Rendang menduduki rangking teratas untuk jenis masakan yang paling populer dan disukai oleh hampir semua orang,... betul tidak ??? ( jagi ingat... AA..Gym, AA Jimmy, dan AA lainnya... he..he..he.

Yang paling populer di masyarakat adalah Rendang Daging. Sebenarnya ada beberapa varian rendang yang tak kalah gurihnya: Rendang Paru, Rendang Ayam, Rendang Hati, dan bahkan sekarang yang paling terkini adalah Rendang Telur dan Rendang Suwir Daging. Bagaimana rasanya.... mantappfff, kriuk-kriuk.



Sampai hari ini masih penasaran nih, gimana cara bikin rendang telur ini. Konon kabarnya rendang telur ini khasnya daerah Payakumbuah. Keknya harus pulang kampuang nih berguru membuat “Rendang Telur”.

Sembari menunggu waktu yang tepat untuk berguru, sarapan pagi hari ini sama Rendang Ayam aja ya...Enyak....enyak....

Silakan mencoba ya.. ini resepnya (2hit)

RENDANG AYAM
(Padang populer & lezat)

Bahan :
1 ekor ayam kampung muda (800 gr) potong 4
1 sdm air jeruk nipis & ½ sdt garam halus
2000 ml santan dari 3 butir kelapa
2 lembar daun kunyit dipotong-potong
3 lembar daun jeruk
2 ruas ibu jari langkuas – diparut
2 batang serai-memarkan
2 sdm cabai giling

Bumbu dihaluskan:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
2 sdm ketumbar
1 sdt jinten
2 ruas ibu jari lengkuas
Garam secukupnya

Cara membuatnya :
1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 30 menit, cuci bersih dan tiriskan.
2. Campur sanatan dengan bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai ,lengkuas parut dan cabai giling. Masak sambil diaduk perlahan hingga mendidih.
3. Setelah berminyak, masukkan ayam. Masak sambil sesekali diaduk hingga ayam matang. Kecilkan api, teruskan memasak sambil diaduk perlahan hingga santan mengering dan berwarna cokelat
4. Siap dihidangkan

No comments: