Thursday, January 22, 2009

Belimbing

Ikobana,

“Buah bintang kata IMAM, tapi Om Bush menyebutnya star fruit, ya itu dia, Belimbing Manis/BM-(Averrhoa Carambola L).”
“ Emang ada yang asem juga ??, “ Ya ada lah, namanya Belimbing Asam/Wuluh-BW (Averhoa Bilimbi L) tapi bentuknya tidak seperti bintang.” Sesuai dengan namanya BM sangat lezat, manis dan segar. Buah ini bisa langsung dikonsumsi atau dibikin juice. Wuihhhh...seger pastinya. Sedangkan BW rasanya asam, biasanya digunakan sebagai penyedap dalam masakan. Misalnya masakan kesukaan ibu, Asam Padeh Ikan, uenak...poolll. Buah tropis yang kaya manfaat ini diklaim sebagai tanaman asli dari Indonesia dan Malaysia. Di tempat lain, Mas Wikipedia mengatakan buah ini berasal dari Indonesia, India dan Srilangka.

Di Indonesia daerah yang terkenal dengan produksi buah belimbingnya adalah Demak, Jawa Tengah. Ada 17 jenis belimbing yang beredar diantaranya : Arkin, Dahpon, Demak, Golden Star, dengan keunikan ciri dan rasa yang berbeda sesuai dengan daerah asalnya. Di Amerika buah belimbing yang sangat digemari adalah jenis Florida. Dan pada tahun 1987 telah di diproklamirkan dua jenis belimbing unggul yakni : varietas Kunir dan Kapur. Buah belimbing ini baru bisa dinikmati setelah berumur 3-4 dari waktu penanam. Wah....lama juga ya..

Disamping enak buah belimbing juga bermanfaat sebagai :
*) Penurun tekanan darah : Vitamin C yang terkandung didalam BW dapat menurunkan tekanan darah bila diminum sebanyak 1 sendok makan setiap harinya
*) Anti Kanker : berfungsi sebagai anti oksidan dan mencegah penyebaran sel kanker
*) Memperlancar pencernaan
*) Menurunkan kolesterol : zat pectin yang dikandungnya merupakan bahan pembentuk gel dalam usus sehingga berpengaruh untuk menurunkan kolesterol. Pectin mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus kemudian mendorong pengeluarannya.
*) Membersihkan usus
*)Mengobati diabetes, batuk, radang tenggorokan, dan demam. Namun perlu diperhatikan jika gula darah Anda dalam keadaan sangat tinggi, hindari untuk sementara mengkonsumsinya karena kadar gula buah ini sangat tinggi sekali

Bukan saja buahnya, bunga buah belimbing yang berwarna keungguan juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit malaria. Akarnya bisa mengobati penyakit remati bahkan daun buah ini bisa mengobati penderita maag, hipertensi, bisul dan susah buang air kecil.Tapi perlu diingat bagi yang bermasalah dengan ginjal, hati2 dengan buah ini karenan kandungan asam oxalic, yang yang dikandungnya sangat tinggi konsentrasinya.

Nah lho...dari pohon buah belimbing aja banyak bangett keuntungan yang bisa kita dapat. Yuk sekarang kita mulai gaya hidup sehat. Minum juice selain enak dan segar serat yang terkandung dalam juice ini mampu mengikat zat kasinogen penyebab kanker.... “ say bye..bye...to antibiotik....” NgeJuice..yookkkkkk (berbagai sumber-2hit)

JUICE BELIMBING

2 buah Belimbing ukuran sedang
500 ml air matang
1 sdm madu
2 tetes vanila extract

Cara membuatnya :
Cuci bersih buah Belimbing lalu ambil daging buahnya.
Siapkan blender/juicer, masukkan bahan yang sudah dicuci bersih, tuang air matang, diblender
Masukkan madu dan vanila aduk rata. Siap untuk dihidangkan.
Gampang kan !....

No comments: