Monday, January 5, 2009

PETE -- Samba Lado Pete

Ikobana,

PETE ???....Oh...tidakkss., berbagai alasan yang disebutkan kenapa mereka tidak menyukai buah yang satu ini. Di cap sebagai makanan kampung yang tidak berkelas, karena baunya yang kurang sedap. Malah di Amrik petai dikenal sebagai the most horrible food in the world karena baunya yang menusuk itu. Kepengen ilang.. baunya petai ??? makan jengkol begitu seloroh seorang teman. Ah...becanda !!. Bagi penikmat petai jangan bersedih, dengan mengunyah sedikit bubuk kopi beberapa menit lalu meminum air putih dingin. Baunya akan hilang.

Penyebab bau itu sebenarnya adalah asam-asam amino yang terkandung di dalam biji petai. Asam amino itu didominasi oleh asam amino yang mengandung unsur sulfur (S). Ketika terdegradasi atau terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan berbagai komponen flavor yang sangat bau. Salah satu gas yang terbentuk dari unsur itu adalah gas H2S (hidrogen sulfida) yang terkenal sangat bau.

Pete/Petai atau mlanding mempunyai nama latin Parkia speciosa yang berasal dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak suku petai-petaian (Mimosoidae). Tanaman petai ini tersebar di wilayah Indonesia bagian barat dengan tinggi pohon mencapai 5-25m dan bercabang banyak. Berdasarkan jumlah bijinya [etai dibagi atas dua yakni petai gajah : yang mempunyai polong sepanjang 25-30 cm dengan ukuran biji yang lebih besar, dengan jumlah biji sekitar 15 sementara petai kacang : ukuran polongnya lebih kecil, dengan jumlah biji 10-12 tiap polongnya.

Walaupun saya tidak menjadi penikmat pete sejati, tapi sangat menghargai kehadiran beberapa irisan pete yang ada didalam hidangan lauk sehari-hari karena mampu memperkaya sekaligus memperkuat aroma makanan, sehingga rasanya akan beda disamping mempunyai khasiat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita.

Sebenarnya apa sih khasiat buah petai ini ?

Petai dapat meningkatkan kemampuan otak, begitu menurut riset The New England Journal of Medicine. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Twickenham (Middlesex) terhadap 200 siswa, terbukti bahwa siswa mengalami perubahan peningkatan kemampuan belajar setelah memakan petai waktu sarapan dan makan siang. Riset ini membuktikan bahwa buah petai ini dapat membantu proses belajar dengan cara meningkatkaan kewaspadaan siswa dan menghilangkan depresi dan memberikan sumber energi yang potensial untuk berbagai aktivitas.

Vitamin C yang dikandung oleh Petai membantu proses penyembuhan luka serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan stress. Perlu diketahui tubuh memerlukan vitamin C 75 mg perhari untuk wanita dan 90 mg bagi pria. Kandungan vitamin A pada petai dapat menjaga agar kornea mata selalu sehat.

Secara garis besar khasiat petai sebagai berikut :

- Kendurkan Syaraf & Hilangkan Depresi : kandungan trifotan dalam petai dapat memberikan efek kalem (calming effect) mengendurkan syaraf di otak.Sehingga membuat tubuh menjadi rileks
- Obat Hati dan Ginjal: Radikal bebas akan menjadi tidak berdaya bila berhadapan dengan antioksidan.Dalam buku Medicinal Plants: Quality Herbal Products for Healft Living (1999), karangan Vimala S. dkk., dinyatakan bahwa biji petai memiliki aktivitas pembersih superoksida (salah satu radikal bebas) yang tinggi, yakni di atas 70 persen. Biji petai juga dikenal sebagai obat penyakit lever (hepatatgia), udema, radang ginjal (nefiritis), dia­betes, dan sebagai peluruh cacing (anteimintik). Daunnya-digunakan sebagai bahan obat sakit kuning. Khasiat itu diduga berkaitan dengan kandungan alkaloidnya. Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin C pada biji petai bermanfaat sebagai antioksidan.

-Turunkan Resiko Kematian akibat Stroke : Menurut riset dalam The New England Journal of Medicine, makan petai sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40 persen.

- Penjaga Saluran pencernaan: Kandungan serat dietary fibers yang tinggi membuat petai sangat baik untuk saluran pencernaan. Petai digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan kare­na teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

- Bisa membuat awet muda : kandungan proteinnya yang bisa untuk regenerasi kulit, bahkan kabarnya pete Indonesia sebagian sudah diekspor ke Jepang dan dijadikan salah satu bahan kosmetik di sana.

- Menambah nafsu makan : pastinya faktor “ E “ - Enak...xi..xi.

- PMS ( Premenstrual Syndrome ) :Jika mengalami PMS saat ' tamu ' datang , kamu ga perlu minum pil ini ataupun itu , cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah , yang dapat membantu mood.

- Berhenti Merokok : Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya , bersama dengan kalium dan magnesium , membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin..... ( nah ini dia penting !!! ...buat Ayah nih, besok ibu bikinin pete terus deh......ha...ha....) -- ( berbagai sumber dengan pengeditan seperlunya...red )
-->
Nah sekarang udah tau kan.....konsumsilah petai setiap hari agar bisa menjauh dari dokter dan rasa sakit. Masih takut makan petai atau kurang paham cara mengolahnya.... mari kita coba yang satu ini :
Sambal Lado Pete: --> boleh ditambahkan teri kalau suka

15 buah cabe merah
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 buah tomat merah
minyak goreng secukupnya (lebih enak lagi minyak kelapa ato minyak bekas minyak teri)
1 papan pete, kukus, kupas dan belah dua

Caranya :
Kukus semua bahan sampe empuk, angkat.
Giling halus cabe, tomat dan bawang, kecuali tomat, tambahkan garam secukupnya.
Tempatkan dlm wadah, masukan pete dan tambahkan minyak goreng secukupnya, aduk rata. (2hit)

No comments: