Wednesday, May 29, 2013

DENDENG RAGI vs SERUNDENG JAWA



Depok , Mei 2013

Di daerah minang orang menyebutnya dendeng ragi , kelapa di gongseng ditambah potongan daging sapi tipis seperti dendeng, rasanya gurih dan berwarna kecoklatan . Tapi kalau dijawa, orang menyebutnya serundeng, rasanya lebih manis karena ditambahkan gula jawa. Ada juga yang menambahkan kacang yang sudah digoreng ke dalam serundeng ini., membuat si serundeng semakin menggoda . Tapi yang pasti menu ini lagi TOP2nya di dapur keluarga ikobana.

Kali ini saya tidak menggunakan daging, menganti nya dengan  potongan2 kecil ayam karena anak2 sangat menyukai ayam ... hasilnya ..... jangan ditanya .... yuk coba dipraktekin juga di dapur bunda ..... resep ini  nemu di internet ,,,,, lupa entah resep siapa ....thanks ya atas resep na .

ikobana.blogspot.com

sedikit tambahan dan pengantian di resep ini ditulis dengan warna merah

Serundeng jawa
Bahannya nih:
1 butir kelapa setengah tua
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk, sobek-sobek
2 cm jahe, memarkan --- haluskan
2 cm lengkuas, memarkan---haluskan
3 sdm minyak goreng --- mentega
500 gr daging sapi khas dalam, iris tipis (±1cm) --ganti ayam dipotong kotak 
2 sdm air asam jawa
2 cabai merah besar, buang bijinya, iris tipis -- tidak pake cabe merah
Bawang goreng untuk garnis - 250 ml air 
Bumbu halus:
9 bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar yang sudah disangrai
1 sdt jintan yang sudah disangrai
2 sdm gula jawa / gula aren
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
Caranya nih:
Step-1: kupas dan cuci bersih kelapanya, tiriskan sampai kering baru parut kasar.
Step-2: sangrai kelapa parut dengan api kecil-sedang sampai kelapa kering dan berwarna kuning kecokelatan. Jangan pakai api besar karena akan cepat gosong. Setelah kering angkat. Sisihkan.
Step-3: Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukkan daging sapi, daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas dan cabai merah. Masak hingga daging berubah warna.
Step-4: Tuang air dan air asam jawa, masak sampai daging matang dan air mulai mengering (asat).
Step-5: setelah asat, masukkan kelapa yang sudah disangrai, aduk hingga semua bumbu rata, cicipi untuk rasa manis gurihnya, boleh ditambahkan garam/gula sesuai selera.
Step-6: angkat serundeng, garnish dengan bawang goreng. Kalau sudah dingin betul bisa disimpan di toples kedap udara selama 4-5 hari (dengan syarat daging harus kering benar). 

catatan

Jika menggunakan ayam, tidak perlu menunggu daging ayam  matang karena daging ayam relatif gampang empuk dibanding daging sapi. Penggunaan air juga tidak diperlukan , daging ayam bisa langsung dimasukkan saja. (Tumis bumbu halus, masukkan kelapa+ air asam jawa, aduk sampai tercampur rata, lalu masukkan daging ayam. Masak sampai kelapa mengering dengan menggunakan api kecil ). 

Happy baking ......

No comments: