Monday, May 20, 2013

RICOTTA STRAWBERRY PANCAKE


Depok, Mei 2013

Pancake instant adalah senjata pamungkas dipagi hari. tapi pagi ini pengen nyoba resep yang beda ....resep dari detik.food ini ngga kalah sedapnya 


 Puti suka ...pancake jugaaaaaaa 

Konon kabarnya, makanan ringan ini dkenal sejak zaman romawi kuno, rasanya ada yang manis dan gurih tergantung selera. Biasanya saus pancake ada yang rasa strowberry, bluberry, rasberry, bagi yang suka sensasi asem-asem manis. Ada juga yang suka topping madu, butter atau satu scop ice cream. 

Di negara Prancis, pancake ini lebih tipis dan crispy, dikenal dengan anama CREPES. Ada juga yang lebih tebal dan kembang seperti roti namanya GALETTES.  sementara orang Belanda yang tinggal di amerika  membuat kue BUCKWHEAT (SORGUM) yang mirip pancake. Nah sejak tahun 1870 , mulai dikenal luas di negara pakde OBAMA ini. 

Apapun lah namanya, ngga membuat kita surut untuk mencoba ...yuk mari kita bertempur di dapur....

ini resepnya, silakan dicoba .... ngga nyesel pastinya :

100 gr terigu
150 keju ricotta
125 ml susu cair/UHT
1 sdm mentega
2 kuning telur
1 sdt BP
garam secukupnya

2 putih telor kocok kaku

Saus strawberry :
150 gr strawberry segar
100 gr selai strawberry
1 sdm air jeruk lemon


Cara membuat Sausnya :
strawberry segar dicuci dan dibelah dua. sisihkan. Panaskan selai strawberry, tambahkan air jeruk lemon, panaskan  sebentar lalu masukkan strawberry segar. tunggu sampai selai meleleh ...matikan api kompor.

Cara membuat Pancake :
Campur terigu, telur dan susu cair aduk sampai rata dan adonan halus. Tambahkan keju ricotta aduk sampai tercampur rata , gunakan whisk. Tambahkan BP dan garam . Terakhir  masukkan putih telur yang sudah dikocok kaku kedalam adonan. Aduk rata

Siapkan loyang teflon, kuasi rata dengan mentega dan panaskan. Kemudian masukkan 1 sendok sayuran adonan, panggang beberapa menit , hingga kuning keemasan lalu dibalik . tunggu sebentar lalu diangkat , begitu seterusnya sampai adonan habis .

Selamat mencoba ,,,,, (2hipt)

No comments: