Sunday, March 2, 2014

DENDENG BALADO

Depok, Maret 2014

Pernah ngga bunda mengalami, sudah merebus daging berjam-jam tapi masih alot ? saat dicicipi sang daging ngajak berantem pulak. Yakin anda pernah mengalaminya, begitu juga dengan saya. Tapi maaf, tak akan pernah menyerah karena lauk berbahan daging satu ini sangat favorite di rumah. Tanpa diingatkanpun anak-anak  akan makan dan tanpa disuruh nambahpun mereka akan tambah sendiri .....gimana ngga senang dan bahagia. 

Saya butuh waktu dan  kesabaran yang tinggi hingga sampai bisa mengolah daging ini dengan baik. Berulang kali dicoba, gagal-gagal dan gagal lagi. Dari alot sampai hancur plus  mengorengnya kegosongan sudah masuk dalam kamus perdendengan ini.  Jangan menyerah ...jangan menyerah ,,,, HARUS BISA ....

Dendeng balado adalah menu ururtan teratas yang diminati dirumah. Masakan khas sumatera barat sejawat dengan rendang ini memang sangat menggoda. Irisan daging yang tipis yang empuk dan gurih dtambah baladonya yang segar merah membuat nafsu makan meninggi .Kalau lagi diet ? ... lupakanlah kalau anda tak mau rugi dan menyesal seumur-umur ....qiqiqiiq lebay nian yak.
Terus bagaimana caranya mendapatkan  daging Dendeng yang baik ?
1. Daging yang cocok untuk bahan dendeng adalah daging bahagian paha
2. Pilihlah daging yang berwarna merah tua segar alias tidak kusam 
3. Aroma daging masih segar
4. Potongan /irisan daging jangan tebal agar bumbu cepat meresap dengan baik.
5. Ada beberapa proses pengempukan daging yang bisa kita kerjakan  sesuai dengan kebutuhan kita, diantaranya  : bisa direbus, merendam dengan air garam, marinade, merendam dengan air teh, merendam dengan cuka dan juice jeruk ,bungkus dengan daun pepaya, layukan dalam kulkas, lumuri dengan parutan nenas, merendam dengan cola, atau gunakan panci ajaib " presto " anda  atau cara paling akhir yang dipilh adalah dengan menaburkan  meat tenderizer.  ( Proses pengempukan akan kita bahas pada sessi berikutnya ya ,,,,,,)

Yang pasti untuk resep Dendeng favorite ini, saya memilih menggunakan panci presto dengan alasan waktunya lebih cepat dan hasil yang empuk.

DENDENG BALADO 

Bahan :
750 gr daging has dalam potong tipis searah serat
1000 ml air kelapa
 Minyak goreng, ( gunakan Minyak kelapa lebih enak)

Bumbu Halus
4 siung bawang putih
2 sdt ketumbar halus
2 sdt asam jawa dilarutkan dengan sedikit air
Garam
Gula

Bumbu Kasar
250 gr cabe merah giling kasar
1 buah bawang Bombay iris halus
3 siung bawang merah
1 sdm air jeruk lemon

Cara Membuatnya
1.       Rebus daging dengan air kelapa + bumbu halus sampai empuk
2.      Setelah itu daging di tiriskan . Kalau mau pipih tipis, bisa dipukul-pukul sedikit.
3.      Panaskan minyak, lalu goreng daging  sampai garing . Angkat.
4.      Panaskan minyak, goreng bawang bombay sampai harum, masukkan cabe giling kasar, aduk rata, kecilkan api kompor,  tunggu sampai bau langu cabe hilang, lalu tambahkan air jeruk lemon. Masak sampai cabe matang.
5.      Tata daging dendeng di piring saji lalu disiram dengan cabe merah .

SSelamat makan siang sobat ....(2hipt)






No comments: