Thursday, November 6, 2014

BUAH M A T O A

Depok, November 2014
Belum pernah melihatnya apalagi makan buah ini . Pertama kali liat si  Matoa ini ya ..diruangan rapat ini. Buah seperti bola kecil berkulit  keras, berwarna kecoklatan. Setelah di buka dengan menekan kulit pelindungnya dengan keras, akan menebar aroma hampir seperti aroma durian  dan sedikit tercium aroma rambutan dan lengkeng juga . Daging buah matoa ini lembut seperti rambutan dan manis.Buah matoa yang sudah matang  berwarna hijau kekuningan atau coklat keemasan

Ada yang bilang buah matoa ini dari Maluku tapi ada juga yang mengklaim  dari Papua. Namun buah ini hampir diseluruh wilayah Indonesia bisa  ditemui. Di pulau sumatra dan kalimantan  matoa dikenal dengan nama  pakam, kasai atau kungkil. Di tanah sunda mereka menyebutnya Leungsir.  sedang orang jawa menyebutnya dengan kayu. Sementara penduduk sulawesi  menyebutnya dengan nama latut, nautu, kase atau landing. 


Nama latin Matoa adalah Pometia pinnata. Dikenal 2 jenis buah Matoa, pertama Matoa kelapa - berdaging buah kenyal seperti rambutan aceh. Sedangkan Matoa papeda daging buahnya sedikit lembek dang lengket.Untuk ukuran Matoa kelapa lebih besar dibanding matoa papeda.


Terus apa manfaat dari buah Matoa ini ?

Buah matoa ini mengandung vitamin C yang bagus sehingga berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang kapan saja bisa menyerang sistem kekebalan tubuh dan merusak sel-sel tubuh. Disamping itu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin E yang dikandung oleh buah ini mempunyai peran untuk menjaga kesehatan kulit dan meregenerasi sel-sel kulit. Disamping itu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta meminimalkan kita agar tak terserang penyakit jantung dan kanker.

udah tau kan khasiatnya ....yuk berburu MATOA


ditulis oleh:
Honesty Rasyid
Berbagai sumber 

No comments: