Tuesday, January 27, 2015

Merah Delima - m'eradelima - outhentic peranakan cuisine

Depok, Januari 2015

Merah Delima - m'eradelima
Outhentic peranakan cuisine
jl. Adityawarman no: 47
Jakarta Selatan 
telp : 021-5112-7225885


Malam ini rencana LUNCH  dengan pujaan hati tercinta dimana.....??

Tempat kece yang perlu anda coba adalah restoran yang menjuluki restoran ini dengan penyajian ouhentic peranakan cuisine.  Sekilas membaca ini .....banyak pertanyaan di benak .... biar ngga penasaran mari kita coba saja, agar terjawab segala tanya.

Rumah tua ala jaman penjajahan ini di sulap menjadi sebuah resto yang ciamik. Pertama masuk ke area anda sudah disambut dengan ramah oleh para pelayan yang siap dengan kostum yang rapi dan serasi dipandang mata.
Masuk ke area yang lebih dalam lagi, terlihat jejeran barang antik khas tiongkok dengan beberapa kebaya encim yang dibingkai rapi terpajang didinding. Suasana disini sangat nyaman. Di area lain juga disedia ruangan terbuka untuk penikmat rokok.


Trus, apa tah yang dimaksud fine dining tersebut ? ...kita simak contekan dari blog tetangga : finedining-indonesia.blogspot.com

## 
secara harfiah adalah makan dengan 'teknik dan tata cara' yang baik dan benar, baik itu di restoran atau dalam perjamuan pesta. 

Pengertian baik dan benar ini bisa diartikan kurang lebih sebagai berikut :
- Undangan khusus atau dengan reservasi / pemesanan
- Setting tempat yang khusus
- Peralatan makan yang khusus
- Makanan pun di sajikan dengan penampilan yang istimewa
- Tata cara penyajian / servis yang istimewa dari restoran atau si "pengundang 
perjamuan" ( dalam hal ini diserahkan kepada catering servis )
- Teknik atau cara makan yang harus di ikuti pula.

- Penampilan & amp; pakaian yang baik bagi yang "di undang " bila dalam perjamuan pesta dan juga bila kita makan di restoran  ##


DAFTAR MENU 

Okelah ..., maka ngga heran jika harga yang tertera di daftar makanan yang ditawarkan mulai dari menu pembuka, menu utama , menu penutup dan minuman, boleh dibilang diatas rata-rata . Diperkirakan untuk satu kepala sekitar 200 - 300 rupiah.

Layaknya aturan main yang telah ditentukan tadi, dan kamipun tak ingin kehabisan tempat, reservasi dari pagipun sudah dilakukan. Kami memilih ruangan yg tidak diperbolehkan merokok. Memang nyaman.....dibanding di ruangan luar untuk perokok ( itu kata saya yang tidak suka rokok qiqiqiiq ). Jika anda ingin memesan di area balkon juga bisa atau diarea cafe yang tak kalah asiknya. Siang ini ...ramai sekali pengunjung resto nerah delima ...ada rombongan keluarga yang saya perhatikan hanya untuk makan siang, ada sedang reunian dan disudut lain sepertinya bberapa orang sedang berdiskusi .... agaknya kepentingan bisnis. di pojok manis itu ada sepasang kekasih sepertinya ......( eh ..ngomong2 mau makan atau mau orientasi lingkungan kerja nih ....wkwkwkwkw.

Pegang daftar menu .... ( ini sungguh merepotkan, kalo menurut saya) ...kegedeannnn ...qiqiqi. Pilih menu pembuka lumpia petak sembilan, minuman chuncky avocado, juice sirsak. Chuncky avocado sangat berkesan di lidah saya ...barangkali karena saya pengemar alpukat dan coklat . Legitnya alpukat mentega yg dikerok dengan sentuhan parutan dark coklat dan beberapa sendok susu kental manis + es ...berpadu satu.....harmonisasi rasa yang sangat luar biasa .....

CHUNKY AVOCADO - LUMPIA PETAK SEMBILAN

Ada beberapa menu pembuka yang menarik namanya diantaranya "pangsit kawin lari", ngga tau kenapa dikasih nama ini , yang pasti bikinya pasti bukan lagi sedang lari-lari ....hihi. 



Menu utama kita pilih ikan steam (aduh lupa namanya), sapi lada hitam, udang goreng madu, dan tahu bakar tangky wut. Daging ikan gurame steam yang lembut , bumbu sampai meresap ke dalam daging ikan. Enak sekali. Garing dan gurihnya udangpun ...mmm benar2 makyusss. Sapi lada hitamnya pun juaraaa .....Khusus untuk tahu bakar tangywut .....saya berkomentar ..biasa saja. Tahu bakar yang dimakan dengan mencocol ke kuah berwarna hitam, terasa aroma terasi dan saus kedelai yang manis . Satu porsi tahu ini seharga 57.500 rupiah.

Suasana nyaman, bersih dan diiringi alunan instrumentalia klasik membuat pengunjung betah berlama-lama untuk menghabiskan waktu di sini. Menurut aturan yang kita baca diatas bolehlah restoran ini diberi label " fine dining" . Resto ini benar-benar menawarkan, suasana maupun makanan dengan penyajian dan rasa yang berkelas.

SAPI LADA HITAM

Ada beberapa menu yang ingin saya coba juga ....tapi mungkin dilain waktu . saya tertarik namanya seperti : Pangsit Kawin Lari, Es tua-tua keladi, Es nyiur melambai dan sate peranakan.


OSENG BINI GUE

Hah untuk sayuran ada "oseng bini gue " -- apa coba ??? ..... tumis baby kailan dengan bawang putih dan oysin....wooo ....langsung berimajinasi......menu ini bisa diangkut ke meja dapur ikobana ,,,,, qiqiqi satu porsinya 55.500, ......



Mmmm ....menu penutup sudah tak sanggup singgah di perut ini . fully...fully... next kita coba lagi. Rasanya sungguh tidak sempurna jika tidak mencoba hidangan penutup .....sambil melirik-lirik... for next session....


TAHU BAKAR TANGKY WUT

Bagaimana?? saya yakin Anda penasaran  dan tidak sabaran untuk mencicipi makanan peranakan ini dan dengan suasana yang nyaman  dan berkelas tentunya . Suasana romantis pastinya kalo pergi berdua dengan yang dicinta ,,,,, yuhuuuuuu...duduknya di balkon ya ...


Yuk..yang penasaran silakan mampir.....

ditulis oleh
Honesty rasyid

No comments: