Friday, December 26, 2008

SETUP RAMBUTAN

Ikobana,
Buah ini asli berasal dari Indonesia denga nama latinnya Nephelium sp. Tergolong kedalam famili Sapidacaeae. Pangeran Charles menyebut buah daerah tropis ini dengan nama Hairy Fruit.

Pohon dengan tinggi 15-25 m ini mempunyai banyak cabang dengan helaian daun bulat lonjong. Rambutan biasanya berbuah pada musim hujan sekitar bulan November sampai Februari. Pada saat panen satu pohon rambutan bisa menghasilkan 10-20 kg rambutan.

Hingga saat ini diketahui ada 22 jenis rambutan baim galur murni maupun okulasi. Yang membedakan tiap jenis hanya dari ketebalan daging buah, kandungan air, bentuk, warna kulit dan panjang rambutnya. Dari berbagai jenis rambutan hanya beberapa varietas yang banyak digemari.
-->
  1. Rambutan Rapiah
Mutu buah tinggi, kulit berwarna hijau-kuning-merah tidak merata dengan berambut agak jarang, daging buah manis, kenyal dan agak kering ngelotok, bijinya kecil dan daya tahan dapat mencapai 6 hari setelah dipetik.
  1. Rambutan Aceh Lebak Bulus
Kulit berwarna hijau-kuning-merah, rasanya segar manis-asam banyak air dan ngelotok daya simpan 4 hari setelah dipetik.
  1. Rambutan Cimacan
Kulit berwarna merah kekuningan sampai merah tua, rambut kasar dan agak jarang, rasa manis, sedikit berair.
  1. Rambutan Binjai
Ini adalah jenis rambutan terbaik di Indonesia dengan buah yang cukup besar, kulit berwarna merah darah/merah tua. Rambut buah agak kasar dan jarang, rasanya manis asam, daging buahnya ngelotok dan bijinya kecil.
  1. Rambutan Sinyonya
Jenis rambutan ini banyak disukai oleh orang Tionghoa. warna kulit buah merah tua sampai merah anggur, dengan rambut halus dan rapat,rasa buah manis asam, banyak berair, lembek dan tidak ngelotok.

-->
-->
-->
-Kulit buah rambutan : bisa mengatasi disentri dan demam. Cuci kulit buah rambutan sebanyak 10 buah lalu potong2 kecil. Tambahkan tiga gelas air minu lalu rebus sampai tersisa setengahnya. Saring dan dinginkan . Minum 2 kali sehari.

Kulit kayu digunakan untuk sariawan. Cuci bersih kulit kayu rambutan kira2 tiga ruas jari lalu rebus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Lalu guunakan berkumur selagi hangat.

Daun rambutan: untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut.Giling daun rambutan sampai halus lalu tambahkan sedikit air. Air perasannya digunakan untuk menghitamkan rambut yang beruban

Akar rambutan : untuk mengatasi diabetes melitus. Gongseng sekitar 5 biji rambutan lalu giling sampai halus. Seduh dengan satu cangkir air panas. Minum 1-2 kali sehari.

Tapi Kalo gini hari enaknya minum SETUP RAMBUTAN ya......slurpppp.....segerrrrrr

SETUP RAMBUTAN

Bahan :
30 buah rambutan
250 gr nangka matang
200 gr gula ( kalo mau manis tambahin gulanya)
500-600 ml air
Vanili pasta
4 buah cengkeh
Kayu manis

Cara Membuatnya:

- Rebus gula dan air sampai mendidih. Diamkan sebentar sampai uap panasnya berkurang. Lalu masukkan rambutan, nangka, kayumanis, vanilla, dan cengkeh. Aduk rata.
- Masukkan ke dalam kulkas hingga dingin.
- Siap untuk dihidangkan... slurrrp....segerrr (2hit)




1 comment:

Blog admin said...

Hi..boleh dicoba juga ni setup Rambutannya..mumpung lagi Musim..heee.

Bunda, kalau punya Resep "Lapek Bugih" atau "Lapek Sagan" atau kue-kue Lapek dari Sumatera Barat..bagi-bagi dung disini. Biar tak coba juga dirumah..
Kalau boleh, tambahin dong Link dapur-minang.blogspot.com di halaman Bunda...makasih ya, pasti di balas hal yang sama....Hmmmm