Wednesday, June 27, 2012

Mau Lempah Kuning Bangka ?

Menikmati keindahan pantai Bangka sembari melahap hidangan laut yang segar dan mak yussss, siapa mampu menolaknya?  Dan kehadiran Anda di pulau berpasir putih ini terasa belum lengkap jika belum mencicipi hidangan laut yang terkenal di pulau Bangka ini.


Salah satu hidangan yang sangat populer yang ditawarkan pulau indah ini adalah Lempah Kuning. Masakan yang berbahan utama ikan kakap merah atau ikan tenggiri segar ini dicampur dengan bumbu sederhana dan berkuah warna kuning ini sangat menyegarkan. Warna kekuningan berasal dari kunyit sebagai salah satu bumbu rempahnya. 


Menyantap Lempah Kuning ini akan menjadi sempurna jika dinikmati dengan sambal terasi khas Bangka yang aduhai ditambah lalapan daun singkong muda. Sungguh luar biasa sedapnya.


Dimana Anda bisa menikamti hidangan special ini ? Salah satu tempat favorit adalah KM Aroma Laut, restoran terunik yang terletak di pinggir pantai Pasir Padi, yang jaraknya hanya 7 km dari pusat kota Bangka ke arah timur. 


Tapi kalau ingin membuatnya sendiri di rumah, ini resepnya:

Bahan:Ikan kakap merah atau ikan tenggiri
Nanas / mangga muda, diiris kecil/ potong dadu ( sesuai selera Anda)
Minyak goreng
Asam Jawa
Serai
Garam
Penyedap secukupnya ( diganti gula pasir juga boleh)


Bumbu:
Bawang putih
Bawang Merah
Cabe Merah
Kunyit (dibakar  agar aromanya lebih tajam)
Laos
Terasi ( digoreng /dibakar sebentar)

Cara membuatnya :
Bersihkan ikan lalu potong menurut selera beri sedikit garam. Sisihkan
Cuci bersih bahan bumbu lalu digiling sampai halus.  Tumis bumbu halus sampai mengeluarkan aroma yang harum lalu tambahkan air secukupnya dan masak sampai air mendidih. Masukkan ikan, irisan nanas, air asam jawa, garam dan penyedap. Tunggu sebentar sampai bumbu meresap lalu angkat. Siap untuk dihidangkan. Selamat Mencoba.




No comments: