Monday, January 21, 2013

LASAGNA.......LASAGNA

Depok, Januari 2013

Request Lasagna dari Chef Imam .....wah tantangan nih. Setelah dicoba ...emang resep mom  elly ... cocok di lidah .... minggu ini udah 2 kali request. thanks ya mom resep na ....

Untuk lasagna kita lebih suka di kukus , terasa lebih lembuttt ..... tapi ini kembali ke selera...... happy cooking



LASAGNA ALA PANDA
by. Elly Zein (Mom Elly)

Bahan:

250 gr Lasagna instan (olah sesuai petunjuk dalam kemasan)

Saus Daging (Bolognese Sauce):
500 gr daging giling/cincang
1 bh wortel ukuran besar, cincang kasar (aku potong kotak kecil)
1 bh bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar (aku potong kotak kecil)
1 siung bawang putih, keprek, cincang halus
5 bh tomat buah ukuran besar, kupas kulit, buang biji, cincang kasar (Aku potong kotak kecil)
170 gr pasta tomat
5 sdm saus tomat (aku gak pake)
1 sdt oregano bubuk
½ sdt basil bubuk (Aku gak pake)
½ sdt merica bubuk
1 sdt kaldu ayam/daging instan
1 sdt garam (sesuai selera)
2 sdm gula pasir
3 sdm minyak untuk menumis
300 ml air

Saus Keju (Bechamel Sauce):
1000 ml susu cair
250 gr keju cheddar, parut halus (Aku cuma pake 180 gr)
3 sdm mentega
3 sdm tepung terigu
½ sdt merica bubuk
⅛ sdt pala bubuk
½ sdt garam

Taburan:
250 gr mozarela, parut kasar

Cara membuat:
·                     Saus Daging: Tumis bawang putih dan bombay hingga harum (plus wortel). Masukkan daging giling/cincang. Aduk hingga daging berubah warna. Kemudian masukkan tomat cincang, pasta tomat dan saus tomat, aduk rata. Bubuhi dengan merica bubuk, garam, gula pasir, oregano bubuk dan basil bubuk. Tuang air. Masak dengan api kecil selama ± 20 menit. Angkat. Sisihkan.
·                     Saus Keju: Panaskan mentega hingga mencair, lalu masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata. Tuang susu cair perlahan-lahan sambil diaduk-aduk. Jaga jangan sampai bergerindil. Bubuhi dengan merica bubuk, pala bubuk dan garam. Terakhir masukkan keju parut. Aduk hingga rata. Masak hingga mengental dengan api kecil. Angkat. Sisihkan.
·                     Penyusunan: Letakkan saus daging lalu taruh lasagna diatasnya, siram kembali dengan saus daging, kemudian timpa dengan saus keju. Taruh lasagna kembali, kemudian siram dengan saus daging timpa lagi dengan saus keju. Lakukan kembali sampai habis. Terakhir adalah saus keju. Kemudian taburi keju mozarela di atasnya. (kalo aku, tiap lapisan nya aku tambahkan parutan mozzarela setelah saus putihnya)Masak di oven dengan suhu 180°C sehingga matang ± 30 menit (sesuai petunjuk dalam kemasan lasagna instan). Sajikan 10 menit setelah lasagna keluar dari Oven.



No comments: