Tuesday, July 8, 2014

KHAI OBB BAY TAY -- AYAM GORENG PANDAN

Depok, Juli 2014

Mencicipi ayam goreng berbalut padan nan gurih di resto Over Rice ini membuat saya penasaran. Dengan mengandalkan kekuatan penciuman dan dan ilmu kira-kira, resep yang diramu untuk ayam goreng wangi pandan ini sedikit bisa ditebak ….. selanjutnya mari kita tanya om google.
Ayam berbungkus pandan alias Khai Obb Bay Tay ini berasal dari negara tetangga Thailand. Di negara gajah putih ini ayam berbalut daun pandan ini diolah dengan tiga berbeda : digoreng, dipanggang dan dioven. Jika ditanya lebih enak yang mana ? saya akan bingung untuk menjawabnya karena semua cara yang dilakukan menghasilkan ayam pandan yang enak dan gurih. Sekarang tergantung pada keinginan dan sesuaikan dengan pola makan sehat yang dianut. Apabila menginginkan cara memasak yang lebih sehat dan mengurangi penggunaan minyak, proses pemanggan dan dioven adalah pilihan terbaik . 

Menurut lidahku, mengolah ayam pandan dengan cara mengoreng lebih nikmat, karena aroma harum pandan lebih keluar dan daging ayamnya lebih gurih. Biasanya, yang digunakan untun resep ayam pandan ini adalah bagian sayap. Namun karena satu dan lain hal, saya memilih potongan dada ayam tanpa tulang.   
Mmmm .. sudah tak sabar lagi . Mari kita eksekusi sekarang resep dari bacaresepdulu .com dibawah ini :


AYAM GORENG PANDAN
resep : www.bacaresepdulu.com

Bahan:
·         6 potong sayap ayam
·         12 lembar daun pandan lebar, untuk membungkus

Bumbu perendam:
·         Campurkan rata,
·         1½ sdm akar ketumbar cincang
·         4 lembar daun jeruk, iris halus
·         2 batang serai, iris halus
·         2 siung bawang putih, haluskan
·         1 sdt merica hitam bubuk
·         1 sdm gula palem
·         ¼ sdt garam
·         2 sdm kecap asin
·         1 sdm wijen
50 ml santan kental



Dipping sauce:
·         Campur jadi satu dan aduk rata,
·         75 ml air matang
·         2 sdm gula palem
·         1 sdm air jeruk nipis
·         1 sdm kecap ikan
·         3 cm jahe muda, cincang halus
·         3 buah cabai rawit merah, iris tipis
·         1 sdm wijen sangrai 


Cara membuat

1.   Buang bagian ujung sayap ayam, lalu potong dua menurut ruasnya. Tusuk-tusuk sayam  ayam dengan garpu. Lumuri potongan ayam dengan bumbu perendam, diamkan selama 60  menit.

2.  Ambil selembar daun pandan, silangkan kearah belakang (jangan terlalu rapat) hingga  membentuk rongga. Masukkan bagian daun sebelah kanan ke dalam rongga, balikkan.

3.      Masukkan sepotong sayap ke dalam rongga sebelah kanan, lipat daun sebelah kanan ke kiri,  lalu selipkan di bawah lipatan, tarik hingga rapat. Kerjakan hingga semua bahan habis.

4.   Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan atau panic deep fry, masukkan ayam bungkus secara bertahap, goreng selama kurang lebih 5 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan. Hidangkan bersama sausnya.

Catatan :
Jika menginginkan bumbu ayam lebih meresap. Rendamlah ayam dalam bumbu perendam lebih lama (kurang lebih 12 jam ), dan taruh di freezer. 

Ditulis oleh : Honesty Rasyid



No comments: