Sunday, July 6, 2014

KUKIS "LIDAH KUCING "

Depok, Juli 2014

Kenapa disebut kue kering ? ini barangkali jika diliat dari sisi kadar air yang dikandungnya. Dan proses pembuatan kue kering inipun  biasanya dipanggang atau di goreng. Orang Inggris menyebutnya cookie.
Saat musim lebaran tiba, berbagai jenis kukis bermunculan memeriahkan suasana Iedul Fitri. Mulai dari kukis jadul sampai modifikasi resep yang memunculkan varian  baru yang tak kalah menarik dan lezatos.
Kukis yang dari zaman ke zaman yang hampir selalu kita jumpai di toko kue adalah  LIDAH KUCING ORIGINAL. Sekarang banyak modifikasi sehingga bentuknya pun tambah cantik, ada lidah kucing keju, Lidah kucing rainbow, mocca, chocolate dan banyak lagi varian lain.
Kue kering yang satu ini favotite keluarga juga , rasanya manis dan lembut ,,,,kretes .kretes bunyinya kalo digigit …mmm ,,,like it ..like it. 

Yuk mari kita coba resep handal yang satu ini
 Lidah Kucing Keju
Resep Fatmah Bahalwan

Bahan:
250 gr        Mentega
75 cc           Putih telur
140 gr        Gula halus
150 gr        Keju cheddar parut (skip saja bagian ini jika ingin membuat yang jenis Original)
225 gr        Tepung terigu
60 gr          Maizena
50 gr          Keju parut untuk taburan
Cara Membuat:
1.       Kocok mentega dan gula hingga mengembang benar. Masukkan putih telur, teruskan       mengocok hingga rata.
2.      Masukkan tepung terigu dan maizena, kocok perlahan selama 1 menit hingga rata.            Masukkan keju parut, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam piping bag (plastik                segitiga), gunting ujungnya.
3.      Poles loyang dengan mentega. Semprotkan adonan ke dalam loyang, taburi bagian            atasnya dengan keju parut.
4.      Panggang dengan panas 150 derajat celcius  selama ± 20 menit.

Catatan:
Lidah kucing keju ini tidak akan terlalu melebar seperti lidah kucing biasa karena adanya keju. Karena itu, semprotkan adonan agak besar/lebar.

Ditulis oleh : Honesty Rasyid

Sumber :
id.wikipedia.org
NCC.com


No comments: