Tuesday, July 1, 2014

PECAK IKAN MAS


Depok, Juli 2014

Pertama kali makan pecak ikan mas ini di sebuah rumah makan betawi yang sangat sederhana. Rupanya selogan lokasi kaki lima RASA bintang lima ini memang pantas di sandang oleh si pemilik rumah makan betawi ini.

Pecak ikan mas. Ikan digoreng lalu bumbu pecak disiramkan diatas ikan goreng tersebut. Agar ikan goreng tetap renyah ketika disantap, sebaiknya bumbu pecak di siramkan sebelum dihidangkan dan langsung disantap. Jika masih menunggu waktu makan …dikhawatirkan ikan jadi lembek dan tidak krenyes lagi saat disantap.

Ngobrol-ngobrol singkat dengan si pemilik dengan sedikit modal SKSD...akhirnya garis besar bumbu dan bahanpun meluncur manis dari beliau walaupun takaran bumbu masih belum bisa diprediksi karena mereka masak dengan takaran based on feeling, Tapi anehnya pecak ikan mas olahan  ibu ini rasanya teteup enak dan pas bumbunya saat saya makan pada rentang waktu yang berbeda. Ma kasih ya bu udah berbagi.


Beda sekali dengan saya yang rasa masakannya bisa berubah arah kalo catatan resep hilang ….wkwkkwkkw parah ini. Jadi ketahuan bangettt yak, mana yang professional mana yang amatiran ….qiiiqi

Yuk mari kita kira-kira dengan ilmu yang ada.

PECAK IKAN MAS 
resep dapur ikobana

Bahan:
1 kg ikan mas ( isi 4 ekor ikan )
3 sdm air asam jawa
2 sdt garam
½  sdt  bawang putih bubuk
1 jeruk lemon
2 buah cabe merah besar potong kasar
650 cc air kelapa

Bumbu :
1 butir bawang bombai cincang kasar ( tambahkan, krn ingin rasa yang gurih dan maknyusss) …. Secara saya pengemar bawang bombai

Bumbu halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabe merah giling
2 ruas jari jahe, bakar setengah matang
2 rus jari lengkuas , tumbuk kasar
4 butir kemiri
½ sdt merica bubuk
½ sdt gula pasir
Garam secukupnya
Terasi secukupnya
Gula merah secukupnya



Cara Membuatnya :

Bersihkan ikan mas sampai bersih. Baluri ikan mas dengan garam dan perasan jeruk lemon, aduk rata. Lalu cuci ikan kembali diair mengalir agar bau amisnya hilang.  Setelah itu baluri dengan air asam jawa, bawang putih dan garam. Diamkan kurang lebih 20 menit.

Panaskan minyak, goreng ikan sampai agak kering. Angkat . Sisihkan.

Tumis bawang bombai + humbu halus hingga tercium bau harum , masukkan air kelapa, masak hingga kuah sampai mendidih. Sisihkan

Tata ikan lalu siram bumbu pecak diatas ikan mas girSiramkan di atas ikan mas goreng, Siap disantap

Note: jika anda tidak segera memakannya jangan dituang kuah pecak diatas ikan goreng . karena ikan akan jadi lembek saat anda akan menyantapnya. Sehingga rasa renyah yang anda inginkan akan hilang.

Hasilnya ; dan sayapun langsung jatuh cinta .....bagaimana dengan mu teman ?

 Ditulis oleh : Honesty Rasyid




No comments: