Monday, October 21, 2013

PUDING UBI UNGU


Depok, Oktober 2013

Mungkin Anda pernah merasakan kecemasan seperti yang saya rasakan ketika pertama kali mengolah ubi ungu ini.  Pertama kali memotong ubi, tangan langsung terkena noda warna ungu yang pekat. Agak cemas dan timbul keraguan untuk mengolahnya. Bukan apa-apa, pertama karena belum soulmate dengan bahannya  dan yang kedua takut akan racun yang dikandungnya.
Menguatkan niat dan memenuhi rasa penasaran, dengan berbekal beberapa artikel, eksekusi si ubi ungu cantik ini dilaksanakan. Belum berani melakukan memodifikasi, untuk tahap awal, olahan ubi kukus adalah cara yang paling mudah. Tidak membutuh waktu banyak dan tergolong aman


Setelah dikukus beberapa menit, rupanya siketela rambat berwarna ungu yang bernama latin  (Ipomoea batatas L.), bercita rasa manis dan legit. Sama seperti saudaranya si ubi merah yang mangandung kadar karbohidrat yang tinggi. Tak ada salahnya jika kita mencintainya disamping rasa yang enak dan manis juga kaya manfaat.
Dari tumbuhan ubi selain umbinya bisa dijadikan sumber makanan pokok,.Daun ubi yang masih muda bisa dijadikan sayur yang nikmat. ( terbayang gulai daun singkong ikan asap, lalap daun singkong ditemani sambel terasi dan ikan asin …..maknyusss). Waduh ,,,, melenceng dari topik nih.

Perlu diketahui dibandingkan dengan bahan makanan pokok lain, ubi jalar biasa memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A tertinggi, yaitu mencapai 14187 IU per 100 gram porsi, atau mencapai 89% kebutuhan harian


Selain mengandung vitamin E ( baca: enak sekali …qiqiqi ),  terbukti dalam beberapa riset, disimpulkan bahwa ubi jalar khususnya ubi jalar ungu mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh :
-       Karena mengandung Antisianin  yang tinggi, ubi ini berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat menyerap polusi udara serta menghambat pengumpalan darah sehingga aliran darah menjadi lancar.
-       kandungan betakaroten, vit E dan C bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskuler.
-       serat dan pektin dalam ubi ungu sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon
-       antosianin ubi ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.
-        kandungan aktif zat selenium dan iodin dua puluh lebih tinggi dari pada ubi lainnya, sehingga ubi jalar ungu dapat menjadi anti kanker.
-       ubi ungu memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi dari pada beberapa varietas "blueberry"
-      selain itu dapat dijadikan sebagai sumber kabohidrat bagi tubuh dan sebagai pewarna makanan yang alami.

Terus, rasanya tak cukup alasan bagi kita untuk menolaknya sebagai suguhan yang pantas untuk dicoba. Selain enak tapi juga bermanfaat untuk kesehatan kita.

Yuk, pada kesempatan kedua kali ini,  kita mengolahnya menjadi puding yang legit . Insya Allah, kolaborasi ubi ungu dan mascarpone cheese ini tidak bisa dilupakan begitu saja. Percayalah…rasanya benar-benar mantap . J  Anda pasti tambah setuju dengan statement saya ini, setelah mencoba resep dibawah ini:



Puding Busa Ubi Ungu
dapur ikobana

Bahan lapis 1
500 ml susu UHT putih
1 bungkus  Agar2 bening
200 gram  Gula pasir
125 gr mascarpone cheese
2 butir  Putih Telur  kocok kaku
Vanilla pasta secukupnya
¼ sdt garam

Bahan lapis ke 2
500 ml Susu UHT putih
150 gram  Gula pasir
150 grm ubi ungu kukus dan haluskan
1 sdm  Maizena
Vanilla pasta secukupnya

Cara Membuatnya:

Lapis 1
-       Kocok putih telur sampai kaku, sisihkan
-       Rebus susu, gula dan garam sampai mendidih, dengan api kecil saja. Masukkan marcarpone 
     cheese tambahkan vanilla pasta aduk rata.
-       Tuang adonan agar-agar kedalam kocokan putih telur aduk rata lalu tuang kedalam cetakan.

Lapis 2
-       Kukus ubi ungu lalu haluskan. Buang serat2 ubi jika ada
-       Rebus agar agar , susu, gula, garam hingga mendidih. Ambil beberapa sendok adonan 
     larutkan maizena lalu masukkan kedalam adonan agar. Tambahkan juga ubi ungu yan sudah  dihaluskan, Aduk rata.
-       Tuang adonan ubi ungu ke cetakan. Saat menuang lapis ke dua  tunggu lapisan atas bahan 1 
     mengulit terlebih dahulu, agar kedua lapisan tidak terpisah saat dipotong.
-       Dinginkan di lemari pendingin beberapa saat. Puding siap dihidangkan.

Selamat berkreasi......:)

Sumber :  




No comments: