Wednesday, June 18, 2014

KAASTANGEL


Depok, Juni 2014

Aroma keju sudah menjalar kemana-mana, mulai dari dapur sampai ke seluruh penjuru rumah ……wanggiiiiii dan nagihhhh semerbak wanginya.

Setiap lebaran seperti biasa aneka kue kering selalu tersaji di atas meja. Ada kaastangel kesenangan Haykal, nastar favorite ayah, lidah kucing kesukaan ibu, dan putri salju pesanan babam Imam. Kue kering jenis lain seperti kue kacang, chocolate  kukis atau corn flakes, boleh ada boleh ngga…

Kukis jaman voor de oorlog  alias Tempo Doeloe yang sekejap mata ludesnya itu adalah kaastengel. Jika dibanding waktu pembuatan dan saat mengkonsumsinya, membuat sy bahagia dan sekaligus capek tak berujung …qiqiqiqiq. Kenapa ? satu loyang keluar dari oven saat pemanggangan, hanya menunggu beberapa menit suhu ruang ….dan sudah dapat dipastikan loyang akan bersih…..qiqiqiq

Seperti kue kering lainnya kastengel adalah sejenis kue kering yang berbahan dasar dari tepung terigu dan mentega . Bahan tambahan lainnya adalah keju tua, susu bubuk dan tepung maizena. Bentuknya persegi dengan panjang sekitar 5 centimeter. Di negara asalnya kukis ini ukurannya 30 cm. Namun tak tertutup kemungkinan untuk membuat variasi bentuk lain. Biasanya saya menggunakan keju edam dan keju parmesan. 



Nama kaastengel itu sendiri  berasal dari bahasa belanda. Terdiri dari kata kaas yang berarti keju dan stengels berarti batangan. Jadi kalau digabung berarti : batangan keju. Kukis yang populer ditengarai di bawa oleh noni-noni belanda pada jaman dulu. Barangkali mereka membuatnya untuk acara keagamaan dan pesta lainnya.

Lebaran kali ini bunda kepengen juga kan membuatnya sendiri ? mari kita coba resep dari Diana Soetjipto ini :

KAASTANGEL
Resep Diana Soetjipto

Bahan:
400 gr terigu
300 gr (150gr margarin + 150gr butter)
200 gr keju parut (100gr kraft + 100gr edam) 
2 kuning telor
2 kuning telor untuk olesan

Cara membuatnya:
1. Aduk rata dengan sendok kayu/spatula kuning telor dengan margarin + butter.
2. Masukan keju. aduk rata kembali
3. Masukan tepung. campur hingga rata
4. Cetak, beri olesan kuning telor dan panggang

Tips.
1. Tidak perlu terlalu lama mengaduk adonan supaya tidak meleber
2. Jemur atau angin2kan keju yang sudah diparut selama 1-2 hari agar hasilnya crunchy


Ditulis oleh : Honesty Rasyid

Sumber :
wikipeidia.com
diana soetjipto


No comments: