Friday, June 20, 2014

KUNYIT ASEM

Depok, Juni 2014

Sederet minuman mulai dari teh hitam, green tea, smothie, soft drink,  energy drink, juice, isotonic drink dan berbagai jenis minuman tradisional seperti bir pletok, wedang jahe, bajigur dan banyak yang lainnya, teteup saja tidak bisa mengalahkan minuman yang satu ini saat sang perut sedang ber-ulah... yakni” Kunyit Asem “.

Ramuan kunyit, asam dan gula merah ini sangat ampuh bagi saya sebagai penawar dan pencegah rasa sakit maag tatkala mendera. Kita tak banyak tahu kalau kunyit yang biasa kita pakai sebagai bahan bumbu masak didapur ini mempunyai banyak manfaat diantaranya memberikan perlindungan terhadap serangan jantung dan stroke, anti oksidan, mengurangi pembentukan pembekuan darah, pengobatan hepatitis, menurunkan kolesterol darah dan banyak lainnya .

Mengutip bahasan dari seorang dokter umum yang menekuni pengobatan herbal (fito farmaka) dr. Ujang Hermawan – dokter yang praktik  RS Haji Pondok Gede ini, “ Kendati merupakan pengobatan herbal, ada orang-orang yang disarankan tidak meminum ramuan  herbal tersebut. Mereka adalah yang menderita alergi atau hipersensitif dengan ramuan itu. Misalnya, setelah minum muncul reaksi gatal di kulit atau reaksi lainnya 


Jadi tetap saja minum sesuai petunjuk dan kebutuhan tubuh kita . Jika ragu, tanyakanlah kepada  ahlinya. Dan yang perlu diingat kenalilah ritme tubuh anda dengan baik. Kalo saya, jika bermasalah dengan lambung minuman kunyit (tanpa asem ) ini sangat membantu. Diminumnya 1 x sehari,  30 menit sebelum  sarapan  pagi.
Nah tanpa berpanjang-panjang….cara membuatnya ?? mari kita simak:
Bahan :

150 gr asam jawa
150 gr kunyit
75 gr gula merah
Garam secukupnya
800 ml air

Cara membuatnya :

1.       Cucii bersih kunyit lalu kupas kulitnya. Parut jahe atau tumbuk . sehingga memudahkan sari kunyit keluar saat kita merebusnya
2.      Siapkan air untuk merebus parutan kunyit tadi. Rebuslah kunyit sampai mendidih. Setelah itu masukkan asam jawa, garam dan gula jawa. Aduk rata.
3.      Rebus kembali sampai mendidih.
4.      Angkat dan saring air rebusan kunyit tadi.
5.      Siap dinikmati dama kedaan hangat atau dingin


Catatan :

Jika anda tak mau repot bisa dibuat minuman kunyit asam ini dalam jumlah banyak dan disimpan dalam botol yang terturtup rapi di kulkas

 Kunyit asam ini bisa tahan dan masih segar selama 4 hari

Ketika merebus air kunyit, gunakan panci yang tidak mudah luruh. (untuk menjaga kemungkinan minuman yang kita buat terkontaminasi )

Komposisi asam jawa dan kunyit bisa dirubah sesuai selera 

No comments: