Friday, June 6, 2014

KULINER KOTA BOGOR

Depok, 2014

Sering mendengar kalo Bogor itu dijuluki kota hujan ...sampai sekarang tak berubah curah hujan masih tinggi disana . Julukan untuk kota ini sebaiknya ditambah saja dengan kota paket hujan ...karena setelah hujan di bogor warga sekitar akan gelisah karena sering mendapat banjir kiriman dari kota ini. 

Menurut cerita zaman kolonial dulu, Bogor dikenal dengan sebutan  Buitenzorg (boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram". Tapi kalo dipikir-pikir iya juga sih mereka aman2 aja ...kitanya yang semaput dapat kiriman banjir ...wkwkwkwk

Mumetttt mikirin banjir ...mending mencari kuliner asyik di bogor saja ya. Banyak tempat menarik  yang direkomendasi untuk dikunjungi mulai dari  : toge goreng, Soto/sop, Laksa bogor, Doclang, Cungkring, Mie Baso/Sate, Ayam/ Bebek, Nasi goreng, RM sunda,  aneka es dan oleh-oleh bogor, sebut saja : asinan, apple pie, macaroni panggang, susu cimory , dan lapis/bolu gulung talas ...dan banyakkkkk lagi

Mari kita gelar satu persatu :

A.  SOP/SOTO

1. SOP BUNTUT SAPI MANG ENDANG - Ncu Ma' Emun
Jl. Sudirman no: 60 Air Mancur - Bogor

Sop buntut atau sop daging Mang Endang ini memang tak mudah dilupakan, disantap saat masih hangat ditaburi bawang goreng ...wauuu endang gulindang rasanya. Dagingnya yang empuk serta kuahnya yang gurih membuat anda teringat selalu .

Konon kabarnya bisnis ini dirintis oleh Ibu Emun tapi tak diketahui kapan bisnis ini dimulainya yang pasti sejak ada pabrik Good year di bogor, emak emun sudah berjualan sop buntut disini. Sekarang bisnis ini dilanjutkan oleh salah satu cucu beliau : Endang Dirmansyah.

Uniknya sop buntut disini empuk tetap tidak hancur dagingnya , tetap menempel pada tulangnya . Rupanya ketika merebus buntuk mereka mengikatnya dengan ikatan bambu sehingga dagingnya tak hancur.


Untuk semangkuk sop buntut + nasi putih  anda cukup meronggoh  uang Rp. 38 ribu . Sedangkan untuk semangkok sop daging hanya Rp. 35 ribu . 

Anda dijamin puas menikmatinya ...... 




Pengunjungnya sangat ramai sekali, dan saya lihat semua pengunjung sepertinya udah pelanggan disana. Dan jika datang agak kesorean sepertinya anda bisa gigit jari.

yuk ...silakan disinggahi ....

(BERSAMBUNG )

Ditulis oleh Honesty Rasyid




No comments: