Monday, December 15, 2014

BAJIGUR KOLANG KALING

Depok, Desember 2014
Pertama kali mencoba minuman ini waktu liburan ke Bandung. Rupanya bajigur ini minuman tradisional daerah Jawa Barat. Suasana dingin yang menusuk dimalam hari, sehingga minuman yang disajikan hangat ini sangat –sangat berarti untuk menghangatkan tubuh disamping menjaga stamina.Biasa…..kalau udara dingin ….. bangkis2, acim ..acimmm akan menyiksa sekali.

Rasa manis, hangat agak pedes-pedes dan hangat  gitu…diserumput pelan membuat tarikan nafaspun lega. Tak bisa dipungkiri…yang ada dibenak saya adalah kolak yang ada rasa pedes2nya …… wkwkkwkwk.
Minuman bajigur terbuat dari perpaduan santan, gula aren, jahe, garam dan vanilla yang digodok lalu disaring , Biasanya dalam penyajiannya ditambahkan kolang kaling. Sesuai perkembangan selera dan melirik pangsa pasar, sekarang bajigur ditambahi berbagai macam additional yag sesuai selera penikmatnya seperti penambahan kopi dan coklat. Atau penambahan potongan buah kurma. Rasanya seperti apa ??? Nanti kita coba ya .

Karena alasan waktu dan capek ( kalo boleh disebut malas juga qiqiqiqi ) sekarang ada bajigur  instan berupa bubuk jadi Anda tinggal menyeduhnya dengan air hangat. Praktis bukan ? ..dimananpun Anda berada dan ingin mencicipi bajigur tinggal seduh dengan air hangat. Cidapnnya…jadi tak harus menunggu tukang bajigur pikulan yang lewat didepan rumah atau nongkrong ke warung bajigur. Biasanya teman minum bajigur ini adalah pisang rebus, ubi rebus, dan kacang rebus ….. waduhhh ….. nikmat sekali .

Tapi saya sangat yakin BAJIGUR ala rumahan yang digodok dengan rasa cinta…akan lebih mantap rasanya . Yuk mari kita terjun ke dapur :
BAJIGUR KOLANG KALING
Bahan:
½ liter santan
125 gr gula aren
2 ruas jahe – digeprak
1 sdm kopi instan – encerkan dengan sedikit air
1 ruas kayu manis
Vanilla pasta
Kolang –kaling secukupnya – potong kecil
Kurma secukupmya – potong kecil



Cara Membuatnya :
-Campur semua bahan lalu masak sampai mendidih kecuali vanilla . Tunggu sebentar lalu masukkan 
 vanilla pasta
- Saring adonan santan tadi. Siap untuk digunakan
- Masukkan beberapa potong kolang – kaling lalu  tambahkan kurma potong lalu siram dengan santan 
   yang sudah dimasak tadi.
- Sajikan dalam keadaan hangat . sangat nikmat sekali

Nah , selamat mencoba …. Rasakan sensasi BAJIGUR kreasi rumahan yang sungguh mantap ini.


Oleh : Honesty Rasyid

No comments: