Tuesday, December 23, 2014

WISKUL : WARSO FARM - KEBUN DURIAN WARSO

Depok, Desember 2014


Warso Farm
Desa Cihideung - kec cipelang- Bogor
telp : 0251 211344 - 211343 - 081310630041

Sebenernya udah ngeri makan duren ini . Tapi bagaimana ya ...setiap kali melihat buah yang  satu ini walaupun  bentuknya seram dan berduri tajam namun rasanya sangat2 mengoda iman ,,,,, heheh ..

Mari kita melonggok sebentar ke Kebun Durian Warso yang terkenal itu . Penasaran juga denger cerita dan melihat tayangan di media . Kebun ini terletak di desa Cihideung, kecamatan Cipelang - Bogor. Untuk sampai ke daerah ini tak terlalu sulit karena semua orang hampir mengenali dan tau area kebun duren yang sangat luas ini yang di rintis oleh seorang pensiunan TNI AD bapak Soewarso Pawaka.





Kunjungan kali ini, kami tak ebgitu mujur karena duren tidak sedang berbuah lebat tapi ada beberapa untuk mengobati rasa kangen  dan penasaran ini . Sekarang bukan saja duren yang ditanam disini . ada juga Buah naga yang sedang berbuah ....tapi belum siap untuk dipanen. Pengunjung diijinkan untuk memasuki wilayah perkebunan duren yang amat sangat luas ini , tanpa dipungut bayaran sepeserpun asal anda kuat saja mengelilingi perkebunan ini.  Ada satu hal lagi yang tidak boleh dilakukan dikebun ini . Pengunjung tak boleh memetik buah apapun keculai dimusim panen durian yang biasanya berlangsung di bulan Desember s/d Mei , dengan persyaratn tertentu juga pastinya,

Cerita Bapak yang menunggu rumah singgah tempat kami makan duren, siang ini, dikebun yang luasnya sekitar 8,5 ha ini ditumbuhi oleh lebih kurang sekitar 900 pohon duren. Yang menjadi primadona adala duren jenis Lay, Monthong, Petruk , Si mas, sunan dan tembaga. Selain itu ditanam pohon buah naga, jambu monyet, nangka  dan ada juga pemancingan. Dan sini kita juga bebas untuk belanja buah. 



Kalo mau berkunjung kesana bisa setiap hari ,  dari jam  07.00 - 17.00 . Tapi untuk masuk kedalam kebun hanya pada hari Sabtu , Minggu dan hari libur saja. Kunjungan hari ini saya kesana ada sedikit pemaksaan untuk bisa masuk karena hanya untuk foto-foto doang ...... selamat sudah ,,, sampai dikebun warso dan foto -foto pastinya.

oleh
honesty rasyid

No comments: