Thursday, December 18, 2014

Wiskul Bandung : Es Krim Goreng


Depok, Desember 2014

Menerjang kabut ruas jalan ol - Jakarta - Bandung, hanya untuk makan sepiring bubur ayam di waktu sarapan itu itu sungguh sesuatu sekali . Seperti ngga ada makanan lain dan bubur ayam yang enak saja di Jakarta sampai - bela-belain ke Bandung.

Bubur Ayam H. Mang Oyo Tea
Jl. Sulanjana 30
jl. Gelanyawang ( depan Villa Merah I T B )
jl. Surya Sumantri - Maranatha
jl. Suropati 59 


Tapi begitulah kenyataannya para pengemar bubur ayam ini rela bangun pagi untuk sarapan dengan Bubur Ayam Mang Oyo Tea di jalan Sulanjana 30 . Apa dikata ....macet keluar pasteur mengalahkan segalanya . Sampai dilokasi bubur habis ...yang ada temen2nya bubur ayam . Ya, sudahlah, belajar untuk menyukai yang ada aja udah keburu laperrrrr.

Sebenernya apa sih keunikan bubur ini ?? kalo menurut saya sih lebih kepada nostalgia, sitambah lagi rasa bubur ini memang agak sedikit unik dibanding bubur ayam lainnya ...( nanti kita bercerita ya bubur ayam yang lain) . Bubur Ayam Haji Mang Oyo Tea ini sangat terkenal dengan kekentalan buburnya . Dan mungkin kalian tak akan percaya, karena ketika mangkok bubur ayam dibalik.... bubur tak akan tumpah. Lho kok bisa ???. Ceritanya bubur ini khusus dibuat dari beras yang langsung didatngkan dari kampung Mang Oyo . Kualitas berasnya diyakini bagus dan terpercaya . Jika dibuat dari beras dari daerah lain hasilnya akan encer.

Memasaknya sungguh sederhana, beras yang sudah dicuci bersih dimasak dengan mencampurkan air kaldu dan bumbu-bumbu lalu dicampur menjadi satu dan dimasak sampai matang, dengan mengaduk-aduk adonan beras tersebut sembari berzikir. Saya yakin Mang Oyo...mang Oyo mengaduknya dengan penuh cinta sehingga rasa buburpun semakin okeh. Biasanya bubur ayam disajikan dengan cakwe, ati ampela dan telor . Bermacam toping bubur bisa kita request seperti ATEL ( Ayam Telor ), APEL ( ati ampela) dan beberapa toping lainnya.  

Bubur Ayam Pak Zainal 
jalan Ir. Haji Juanda no 244 ( jl Raya Tubagus ismail ),
Bandung, Jawa Barat 40135
0813-2002-2236

Ada dua tempat makan bubur ayam yang tak kalah enaknya di bandung. Bubur Ayam Pak Zaenal . Hampir mirip dengan bubur yang di jual ditempat Mang Oyo, bubur disini juga kental teksturnya dan gurih. Rasa gurih bubur ini kata karyawan yang membantu disana karena santan yang digunakan saat memasaknya. Pak zainal  sudah berjualan sejak tahun 1980.

Penyajian bubur ayam di kedai pak zainal sangat komplit : satu mangkok bubur ayam dengan topping irisan cakwe, ayam, ati amplea, dan taburan kacang kedelai. Sebagai teman makan bubur disediakan jugasate telor puyuh dan yang tidak boleh ketinggalan kerupuk. Dan meurut saya bubur ini pantas dicoba



Bubur Ayam H. Amid 
Jl . Padjajaran 105
pertigaan jalan arjuna (depan SMKN 12 Penerbangan)

Ada lagi bubur Ayam H. Amid , beda dengan 2 tempat makan diatas . Bubur ayam H. Amid tidak kental tapi juga tidak encer. Tak jauh beda dengan 2 nama sebelumnya, bubur ayam H. Amid dihidangkan dengan toping potongan ayam , ati ampela, suwiran ayam, potongan cakwe, taburan bawang goreng dan seledri potong . Kerupuk tak boleh lupa. Disinilah sensasinya makan bubur ...ada kriuk -kriuknya. 


ICE CREAM BANDOENG VAN JAVA
Home Made (Green House)
Jl.Batik Jogja No.53
West Java (Bandung), 40123
(022)-92918004

Tak cukup dengan bubur ayam atau menu padat lainnya bisa ditambah kok dengan mencicipi sajian dari Es Cream Van Java yang bisa dipesan disini juga. Kabarnya es krim ini memiliki kelebihan dari es krim lainnya yang biasa kita makan  dan beberdar di pasaran . Disamping variasi rasa yang banyak ...hampir 12 rasa dan harga bersaing dan bahan baku es krim ini tahan sampai 1 tahun . 
Yang paling menarik untuk dicicipi disini fried ice cream, maccaroo ice cream, banana split, brownie ice cream. Ini yang moedern ya ..... colek di sana ada bandrek dan bajigur.

Rasa penasaran pun terobati, rupanya es krim goreng ini kurang bersahabat dengan lidah saya. Es ceram nya enak ...tapi roti yang membalutinya ini yang membuat kurang sreg dilidah. 

Melirik kearah pintu masuk ada gerobak kembang tahu - rasa jahe atau rasa kedele, Coba ngga ya ? ......akhirnya coba juga ..... waaak wakkkk wawwwww. Rasanya .....sangat sederhana .


oleh :
honesty rasyid

No comments: