Tuesday, June 9, 2015

NASI GORENG RENDANG

Depok, Juni 2015

Menyiapkan menu sarapan itu gampang gampang susah. Bagi anak yang doyan makan, kita senangnya minta ampun, ngga pake pilih-pilih, yang tersedia di meja makan ...... dilahap dengan sempurna.

Lain halnya dengan anak yang tidak doyan makan, kita kadang sampai mati gaya, agar mereka mau sarapan dengan gampang. Berbagai upaya akan dilakukan agar menu sarapan variatif.

Beberapa waktu yang lalu membuat rendang dan sengaja membuat bumbunya lebih  banyak agar bumbu bisa disimpan untuk membuat nasi goreng rendang yang enak untuk sarapan pagi . 


Benar saja, daging rendang sudah abis...tinggalah bumbu sendiri. Biasanya saya masukkan telor rebus kedalam bumbu tadi supaya telaor lebih gurih. Tapi kali ini disimpan saja untuk persiapan bumbu nasi goreng rendang.


Dan, terbukti makanan siap santap seperti ini yang digemari oleh anak-anak. Apakah itu nasi goreng nasi uduk atau nasi kuning, karena waktu mengkonsumsinya tidak lama.

Jika makanan berat seperti nasi putih dengan berbagai lauk cocoknya memang untuk makan siang dan malam. Anak-anak bisa sedikit agak santai menikmati menu ikan yg butuh kehati-hatian ekstra kala mengkonsumsinya. 

Pengen juga membuatnya ? gampang saja .... 


Nasi Goreng Rendang ala Dapur Ikobana

Bahan :
2 piring Nasi putih
1 Bawang Bombay ukuran sedang
2 siung bawang putih rajang halus
2 sdm Minyak sayur
3 sdm  bumbu rendang yg sudah matang ( boleh ditambah sesuai selera)

Pelengkap :
Dadar/telor mata sapi
Ketimun potong kecil
Tomat
Daun sladaara Membuatn
Daging rendang suwir

Cara membuatnya :
panaskan minyak di wajan goreng bawang sampai wangi. Masukkan bumbu rendang tunggu sebentar lalu masukkan nasi putih. Aduk sampai bumbu tercampur rata. Masukkan daging suwir.

Tunggu beberapa saat, jika  bumbu tercampur rata matikan api kompor.

Nasi goreng siap dihidangkan dengan baha pelengkap tadi . Selamat mencobaaaa.


Ditulis oleh
Honesty Rasyid






No comments: