Tuesday, June 30, 2015

Susu Kedelai Homemade

Depok, Juni 2015

Sering mendengar atau pun membaca kisah anak-anak alergi,  anak mengalami kasus special seperti autis, pencernaan kurang baik dll dsb, sehingga penderita ini tidak bisa mengkonsumsi susu sapi sebebas anak-anak lainnya. Namun jangan khawatir, susu kedelai bisa menyeimbangkan kebutuhan protein dalam tubuh anak yang bermasalah  dengan susu sapi ini. 

Alkisah, mamnfaat susu kedelai ini sudah diketahui sejak 1900 tahun yang lalu dimana seorang raja Cina yang berasal dari dinasti Han yang bernama Liu An,  menggunakan susu kedelai ini sebagai obat untuk ibundanya. Pada saat itu sang ibunda dlam kondisi lemah karena tidak bisa makan secara normal, maka dibuatlah cairan berwarna putih dari kacang kedelai ini . Singkat cerita sang ibunda sembuh, maka menyebar lah manfaat susu ini sampai pelosok negeri,


Zat berguna apa sajakah yang dikandung oleh kacang kedelai ini ?
-karbohidrat
-serat (fiber)
-vitamin E dan K
-Asam lemak essesnsial
-Lisin : sejenis asam amino 
-Protein lengkap mengandung 9 asam amino essensial

-Vitamin dan Mineral yang mencakup : kalsium, zat besi, riboflavin, dan vitamin B12
Sungguh lengkap kandungan gizi yang terdapat di dalam kacang kedelai ini. Untuk kita ketahui setiap cangfkir susu kedelai tanpa gula mengandung 7 gram protein. 

Nah, pasti penasaran bukan apa saja khasiat/manfaat yang terkandung dalam susu kedelai inimari kita simak :

1. Memperbaiki profile lemak dalam darah
Mengkonsumsi susu kedelai secara teratur bisa mengurangi kadar LDL ( lemak jahat) dan menaikkan HDL ( lemak baik ) dalam darah secara memadai.

2. Memperluat integritas pembuluh darah
Lemak nabati omega 3 dan omega yg dikandung susu kedelai bisa melindungi pebuluh darah dari kerentanan luka dan pendarahan, Disamping itu membantu kelancaran aliran darah keseluruh tubuh.

3. Mampu menurunkan berat badan
Sepertinya poin ke 3 ini adalah dambaan para wanita pada umumnya. Karena mengandung kandungan gula yang rendah dibanding susu sapi, dan kandungan lemak tak jenuh sehingga bisa mencegah penyerapan lemak di usus secara langsung.

4. Mencegah kanker prostat
Kandungan phytoestrogen, sebuah hormon unik yang dapat menghalau produksi hormon testosteron berlebih pada pria. 

5. Mencegah sindorm post-menopause.
Pada masa menopause, produksi hormon estrogen pada wanita menurun drastis yang menjadi penyebab banyak bermunculannya gangguan kesehatan di masa tua. Susu kedelai memiliki manfaat sebagai pengganti hormon estrogen yang hilang pada wanita usia menopause, jika dikonsumsi secara teratur.

6. Mencegah osteoporosis.
Kandungan phytoestrogen dalam kedelai dapat membantu memperbesar penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya kalsium pada tulang.


Disamping manfaat yang sudah jelas, namun dalam mengkonsumsi susu kedelai ini haruslah sesuai takaran dan hati- hati karena susu kedelai ini mengandung antinutrients ( racun alami ) yang membahayakan terhadap kesehatan karena : 


  • Kedelai mengandung goitrogens yang menyebabkan fungsi tiroid dapat tertekan.
  • Kedelai juga mengandung fitat yang mencegah penyerapan mineral.
  • Kedelai juga memiliki kandungan phytoestrogen yang kadang-kadang dapat memblokir hormon estrogen dan memiliki efek buruk pada jaringan tubuh manusia.
Jika anda penderita Kanker payudara, Kerusakan Otak dan kelainan pada bayi, berhati-hati dan telitilah dalam mengkonsumsinya. Mintalah petunjuk pada ahlinya sehingga kita mengkonsumsinya sesuai dengan apa yang diharapkan.


Nah sudah paham bukan , sekarang mari kita coba untuk membuat susu kedelai sendiri di rumah ......

Susu Kedelai
Resep Dr. Karli - Radio Rasil


1. 100 gr kedelai direndam 2 jam lalu tiriskan
2. Rebus 1 lt air hingga mendidih di panci yang punya tutup rapat, lalu matikan 
3. Masukkan kedelai kedalan air mendidih yang apinya sudah dimatikan, tutup rapat selama 1/2 jam
4. Blender semua bersama air rendaman, boleh ditambah jahe atau daun pandan.
5. Saring, boleh dicampur gula atau madu. Atau boleh ditambah vanila atau coklat bubuk jika suka.
6. Siap di minum dalam keadaan dingin

Selamat mencoba

*)Honesty Rasyid
berbagai sumber

No comments: