Tuesday, March 11, 2014

CORNED LABU SIAM

Depok, Maret 2014

Hampir semua orang mengenal labu siam. Bisa ditemui dalam sayur lodeh, sayur asem, kuah lontong sayur, tumis labu siam, atau direbus begitu saja untuk dilalap juga enak. Seger lah pokoknya. Labu siam atau orang jawa menyebutnya Jipang atau Manisa. Tapi nama yang umum dikenal adalah labu siam, karena pada jaman penjajahan belanda dulu tumbuhan ini didatangkan dari thailand/siam. Selain buahnya, daun pucuk muda pohon labu siam ini bisa di buat gulai.

Selain enak, buah labu ini skaya akan manfaat yang bisa dibaca selengkapnya DISINI - MANFAAT LABU SIAM BAGI KESEHATAN TUBUH
Bagaimana cara mengolah labu siam yang baik , mari kita diskusikan bersama-sama:
1. Labu siam mengandung getah. untuk menghilangkan getahnya kita dapat melakukan dengan cara memotong bagian pangkal labu siam, lalu digosok-gosokkan bekas potongan tersebut pada buah labu hingga keluar getah berwarna putih setelah itu baru dicuci bersih.
2. Bisa juga memotong kecil labu siam lalu direndam dengan air garam beberapa saat setelah itu dibilas bersih. Labu siap digunakan.
3.Labu siam yang masih muda tidak perlu dikupas kulitnya . Setelah direbus bisa langsung dikonsumsi. Jika labu siam sudah agak tua dan keras, kupas tipis saja
4. Labu siam jangan dimasak terlalu lama karena akan menjadi lembek sekali disamping mengurangi nilai gizi yang dikandungnya.
5. Setelah labu dipotong-potong sebaiknya direndam dengan air, agar tidak berwarna kekuningan.
·               
Tak berlama-lama, mari kita masak:
BAHAN :
150 gr daging corned ( karena ngga ada stock daging cincang segar )
1 buah labu siam - potong korek api
1/2 sdm margarine
Bumbu :
1/2 bh bawang bombay - cincang halus
1 siung bawang putih iris halus
2 siung bawang merah iris halus
1/2 sdt pala
1/2 sdt merica halus
garam secukupnya
gula secukupnya
Cara Membuatnya :
Panaskan margarine lalu tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah sampai harum. Msukkan daging corned aduk rata, setelah itu tambahkan labu siam. Tunggu sebentar sampai sedikit layu tambahkan sedikit air matang. Masukkan pala, merica, dan garam aduk rata . Masak sampai matang.
Siap dihidangkan.




No comments: