Sunday, March 2, 2014

PUKIS

Depok, Maret 2014

Tergoda postingan mbak Rina Rinso dan Dewi Joris, sampai terbayang-bayang menul-menulnya itu pukis. Sebenarnya kue khas Indonesia yang terbuat dari adonan telur, gula pasir , terigu, santan dan ragi ini bisa dibeli dengan mudah di pasar-pasar traditional sampai ke moll pun ada yang jual Namun, tantangan untuk membuatnya ini lho yang bikin kita cenut-cenut.

Kalo bikin dirumah kita bisa pilih mau rasa yang disuka. Kemaren bikin yang original, coklat, rasa pandan, keju dan rasa durian ..... mmmm rasanya jangan ditanya mak nyus. Tapi, belum ahli nih ,,,,, karena pinggirannya masih agak gelap warnanya. Kalo yang dijual itu kan warnanya kecoklatan


Ini resep pukis yang di cobain kemaren ya  ( sembari garuk-garuk kepala...ini resepnya mbak rina rinso , NCC atau siapa yak ...lupaaaa ) .....asli tuwirnya kumatttt . Siapapunlah ...terima kasih banyak atas resepna ...

Bahan : 
·  5 btr telur
·  350 gr gula pasir
·  1 sdt ragi instan 
·  100 ml air hangat
·  250 gr tepung protein tinggi
·  250 gr tepung protein sedang
·  100 gr margarin 
·  50 gr butter
·  50 gr susu bubuk
·  1/4 kaleng susu kental manis
·   500 ml santan dari 1 btr kelapa rebus dengan daun pandan dan 1 sdt garam, dinginkan

 Cara membuat :
1. Campur ragi instan, 1 sdm tepung dari bagian tepung dalam resep dan air hangat,         diamkan selama 15 menit, sisihkan.
2. Lelehkan margarin dan butter, sisihkan.
3. Kocok telor dan gula hingga mengental, kemudian turunkan speed mikser dan               masukkan larutan ragi aduk rata, tambahkan santan dan susu kental manis.
4.  Kemudian masukkan tepung dan susu bubuk aduk rata.
5.  Terakhir tambahkan campuran margarin cair, aduk rata.
6.  Tutup adonan lalu diamkan hingga 2 jam.
7.  Panaskan cetakan, cetak adonan hingga 3/4 tinggi cetakan kemudian tutup dan            tunggu hingga matang
Note :
·  Jika ingin lebih empuk, fermentasikan adonan selama 3 jam.
·  Selalu aduk adonan sebelum di cetak
· Oles cetakan dengan margarin sekali saja.
. Jika ingin kombinasi dengan coklat tinggal ambil 1/3 adonan kemudian beri coklat   bubuk      yang sudah di cairkan dengan sedikit air panas, atau tambahkan keju     iris diatas adonan.
· Agar permukaan pukis yang sudah matang tidak keras, poles dengan butter      segera          setelah pukis diangkat dari cetakan.



No comments: